Johan Pratama Siahainenia, S.M, M.M

IBM-2016

Short Profile

Pak Johan adalah alumni mahasiswa Universtas Ciputra Surabaya angkatan 2016 dan memiliki banyak pengalaman berbisnis di bidang Food & beverages sebagai pemilik dari ButtBurgerBar. Saat berkedudukan di bangku kuliah, beliau juga memiliki pengalaman di bidang Barbershop. Selain memiliki bisnis, Pak Johan juga menjadi salah satu Dosen di IBM UC di mata kuliah Entrepreneurship.

Pengalaman UC

Pengalaman kuliah dari Johan adalah, pada saat semester 1 Johan dan anggota kelompok entrepreneurnya mengunjungi suatu komunitas. Dari mengunjungi suatu komunitas dan bekerjasama dengam komunitas tersebut, Johan dipercaya menjadi ketua pelaksana dari kegiatan tersebut bersama anggota kelompok Johan. Pada saat di E2 atau sekarang di kenal sebagai EVC (Entrepreneurial Venture Creation). Di EVC mahasiswa diwajibkan untuk membuat ide bisnis atau Business Plan. Hal tersebut membuka mindset Johan, bahwa menjalani bisnis bukan hanya tentang jual-beli. Menjadi seoarang entrepreneur harus mengetahui bagaimana barang itu diolah dan sampai ketangan customer. Di semester 3 mahasiswa harus bisa mengeksekusi bisnisnya. Johan bersama teman-temannya belum bisa mengeksekusi bisnisnya dikarenakan belum mampu secara manajerial. Akhirnya pada semester 4, Johan dan teman-temannya menemukan masalah dimana jarangnya ada klinik atau tempat merawat diri bagi pria dari segi service maupun produk. Dari permasalahan itu, Johan dan teman-temannya membuka usaha barbershop di Sidoarjo.

 

 

 

 

Sebelum membuka barbershop dengan modal yang cukup tinggi sekitar kurang lebih 50 juta. Johan dan teman-temannya, membuka potong rambut keliling disamping itu juga mencari seorang hairstylist. Bisnis yang dijalankan bernama “Man and Care Babershop” dan bisnisnya masih jalan hingga saat ini di tahun 2022. Kembali dengan pengalaman Johan saat berkuliah, di semester 5 bisnis Johan dan teman-teman masuk ke dalam guild THC. Di guild THC, Johan dan teman-teman mendapatkan mentor yang sangat berpengaruh untuk bisnis barbershop mereka. Salah satu mentor mereka, menyarankan agar Johan dan teman-temannya berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Seminar Internasional yang membahas tentang bisnis barbershop. Akhirnya Johan dan salah satu temannya berangkat ke Jakarta untuk mengikuti seminar. Hasil dari mereka ikut seminar yaitu, mereka mendapatkan banyak sekali ilmu potong rambut dan relasi yang berguna untuk bisnisnya.

Singkat cerita, saat dia skripsipun, topik yang dia ambil adalah topik tentang bisnisnya yaitu Man and Care Barbershop. Johan berhasil lulus dengan baik. Johan memutuskan untuk melanjutkan S2 di UC dan juga melanjutkan bisnis Man and Care Barbershop.

SETELAH S2, MAU NGAPAIN?

Johan bersama 2 temannya yang ada di S2 membuka usaha yang bernama “Burger Under The Tree” yang berlokasi di Jalan Opak No 60.

PESAN DARI KAK JOHAN UNTUK THE LION’S

Dari Johan, untuk kalian yang sudah mempunyai kesempatan kuliah di Universitas Ciputra, gunakanlah kesempatgan ini dengan baik. Kalian harus tau value apa yang kalian dapatkan dari kalian berkuliah di Universitas Ciputra. Carilah materi, relasi, dan mentor sebanyak mungkin untuk membantu kalian. Harus pinter-pinter mencari value dari diri kalian maupun sekitar.

 
Manfaatkan masa-masa kuliah kalian di UC dengan baik. Carilah ilmu, relasi, dan mentor sebanyak mungkin karena suatu hari nanti, hal tersebut akan membantu kalian.
Johan Pratama Siahainenia, S.M.

Contact Us

Get in touch

Location

CitraLand CBD Boulevard, Made, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60219

Contact Us

Phone : (+62) 31-7451699

Our Hours

MON-FRI  08:00 – 16:30 

SAT-SUN  CLOSED