Utami

Biodata

Nama Lengkap & Gelar :Dr. Christina Whidya Utami, M.M., CLC., CPM (Asia).
Nama Panggilan :Utami
Bidang Keahlian :Marketing, Retail Management, Strategic Management, Corporate Entrepreneurship
Bidang Penelitian :Marketing, Retail Management, Entrepreneurship
Hobi :Musik, Traveling, Menulis

Latar Belakang Pendidikan Akademik

Tahun LulusInstitusiGelar
2006Doktor Bidang Ilmu Ekonomi, Universitas Airlangga SurabayaDr
1994Magister Manajemen, Universitas Airlangga SurabayaMM
1991Sarjana Ekonomi, Universitas Airlangga SurabayaSE

Sertifikasi/Pendidikan Profesi

TahunKeteranganGelar
2006Sertifikasi Bidang Retail Management; The Customer Service and Profesionalism CourseIGA Institue
2006Sertifikasi Bidang Retail Management; The Promotion and Merchandising CourseIGA Institute
2006Sertifikasi Bidang Retail Management; The Chasier CourseIGA Institute
2006Sertifikasi Bidang Retail Management; The The Grocery Stocker CourseIGA Institute
2007Sertifikasi Bidang Retail Management; The Introduction to Food and Health CourseIGA Institute

Pengalaman Pekerjaan

 

PeriodePerusahaanJabatan
Juni 2015-sekarangUniversitas CiputraHead of International Business Management Departement
Juni 2014-sekarangPT Java Line Services; Start up Bisnis ekspedisi dan rental Heavy HardwareOwner
Oktober 2013- 2015Universitas CiputraVice Head of Magister Management
Juni 2013-OktoberUniversitas CiputraStaf Ahli Direktur Akademik
2008-2013Universitas Katolik Widya Mandala SurabayaDekan Fakultas Bisnis
2010-sekarangBadan Akreditasi Nasional IndonesiaAsesor
2007- Januari 2009Universitas Katolik Widya Mandala SurabayaKetua Lembaga Pengembangan dan Hubungan Kerjasama
2001-2003Universitas Katolik Widya Mandala SurabayaPembantu Dekan Bidang Akademik
1997-2001Universitas Katolik Widya Mandala SurabayaKetua Jurusan Manajemen
1995-1997Universitas Katolik Widya Mandala SurabayaSekretaris Jurusan Manajemen

Mata Kuliah yang Pernah Diampu

NoNama Mata Kuliah
1MM1007 Building Entrepreneurial Organization
2MM1020 Global Strategic and Game Changing
3IBM1020 Consumer Behaviour
4IBM1025 Research Metodology
5UNC1004 Entrepreneurship 4
6UNC1005 Entrepreneurship 5

 

Daftar Publikasi Penelitian

TahunPenelitian dan Publikasi
2001Susilawati C. Erna & Chr. Whidya Utami. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Beta Saham di Bursa Efek Jakarta: Perbandingan Periode Sebelum dan Selama Krisis, Jurnal Widya Manajemen dan Akuntansi, Vol. 1, No.3, Desember 2001.
2002Utami, Christina Whidya. Peningkatan Nilai Perusahaan Melalui Perbaikan Produktivitas dan Kualitas pada Sektor Jasa – Sebuah Analisis Konseptual, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 4, No.1 , Maret 2002.
2004Utami, Christina Whidya. Analisis Efektifitas Layanan Safari Promosi Unika Widya Mandala Surabaya dengan Consumer Decision Models, Whidya Utami & C.Erna , Jurnal Widya Manajemen dan Akuntansi , Vol. 8. No.4 , Desember 2004.
2004Utami, Christina Whidya & S. Pantja Djati. Analisis Efektifitas Iklan Televisi Dengan Consumer Decision Model (Studi Kasus Minuman Suplemen M150) di Surabaya, Jurnal HUMANIORA, Vol 8. No 1, Juli Pasca Sarjana Univ.17 Agustus 1945 Surabaya, 2004.
2004Utami, Christina Whidya. Perbedaan Karakteristik Jasa Dibandingkan Produk-Implikasinya Terhadap Strategi Komunikasi Jasa, Jurnal “FOKUS EKONOMI”, Vol. 3, No.1, April 2004.
2004Utami, Christina Whidya. Analisis Efektivitas Iklan Berdasarkan BEM’s Gender Identity, Jurnal EKUITAS , Vol.8, No.4, Desember 2004.
2004Utami, Christina Whidya & Trisno Musanto. Model Orientasi Relasi Antara Konsumen dengan Penyedia Jasa Maskapai Penerbangan Domestik, Jurnal Widya Manajemen dan Akuntasi, Vol 4 No.2, Agustus 2004.
2004Utami, Christina Whidya. Telaah dan Identifikasi Dimensi Kualitas Layanan pada Bisnis Ritel: Sebuah Tinjauan Konseptual, Jurnal “FOKUS EKONOMI”, Vol. 4, No.1, Maret, 2005
2004Utami, Christina Whidya & S. Pantja Djati. Efektivitas TV sebagai Konsumen Decision Model dan Persepsi Terhadap Produk. Humanika (Jurnal Ekonomi dan Sosial), Vol. 8, No 1, Universitas 17 Agustus 1945-Surabaya, Juli.
2006Tulipa Diyah & Chr. Whidya Utami. Technology Acceptance dan Consumer Decision Model sebagai Dasar Pembangun Model Niat Adopsi Teknologi Internet di Kalangan Pengguna Internet, mendapat dana DIKTI-Penelitian Dosen Muda Jurnal Widya Manajemen dan Akuntansi Volume 6 Nomor 1, April 2006
2006Utami, Christina Whidya. Upaya Relasional dan Outcome Relational dalam Membangun Retensi Pelanggan pada Peritel (Studi pada Ritel Orientasi Makanan Skala Besar). Jurnal Widya Manajemen dan Akuntansi Volume 6 Nomor 3, Desember 2006
2006Utami, Christina Whidya. Relationship Effort dan Kualitas Layanan sebagai Strategi Penguat Relationship Outcomes (Sebuah Tinjauan Konseptual dalam Bisnis Ritel Modern di Indonesia), Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol 1, No 1, April:22-24
2007Utami, Christina Whidya. Analisis Orientasi Pasar Kompetitif Dan Adaptabilitas Strategik Pada Dinamika Lingkungan Terhadap Kinerja Pemasaran dan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Perusahaan Ritel Modern. Proceeding 2nd National Conference Faculty of Economics ISSN
2007Ardhanary, Margaretha, Chr. Whidya Utami & Diyah Tulipa. Analisis Personal dan Struktural PUMIK (Perempuan Pengusaha Mikro) di Surabaya Dalam Upaya Pengembangan Keberhasilan Usaha Bidang Ritel (Pemenang Program Research Grant PHK A3 Jurusan Manajemen FEUKWMS). Prosiding Lokakarya Pengembangan Kewirausahaan Perempuan Dalam Usaha Mikro dan Kecil LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) ISBN 978-979-26-2465-6
2007Utami, Christina Whidya. Pembelajaran Cooperative Learning Model STAD (Student Team Achievement Division) Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi dan Bisnis (Pemenang Program Teaching Grant PHK A3 Jurusan Manajemen FEUKWMS)
2009Utami, Christina Whidya. The Implementation Of Malcolm Baldrige Concept In Modern retail Business In Indonesia: A Study Of Its Strengths and Weakness. Proceeding 3th National Conference Faculty of Economics. No. ISSN 1978-6522
2010Christina Whidya Utami & Astrid Herawaty, Product, Purchase, Consumption and Advertising Involvement in Fashion Industry in Surabaya (Perspective Review on Age and Gender). Proceeding 1th International Conference Indonesia Scientific Management Association Nusa Dua Bali, Halaman 461-472 23-24 April 2010. ISBN 979-545-050-6
2010Utami, Christina Whidya. Arah Transformasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya: Tinjauan dari Perspektif Transformasi Karakter Individu dan Karakter Organisasi dalam buku: Menapak Jejak Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya: Membangun Keunggulan dan Kepedulian. Surabaya : UKWMS. ISBN 978-602-97762-01
2010Utami, Christina Whidya. Faktor Penentu Proses Transformasi: Unsur Penting Melanjutkan Transformasi Fakultas Bisnis UKWMS dalam Buku The 1 st 45 years: Economics Transformation: Refleksi Untuk Memenuhi Ekspektasi Stakeholders Melalui Pendidikan Bisnis. Surabaya: Fakultas Bisnis UKWMS. ISBN 978-602-98127-0-1
2010Putu Sudhastra & Christina Whidya Utami. Pengaruh Dimensi Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Mencapai Kepuasan dalam Menggunakan Jasa Penerbangan Indonesia Airasia Airlines untuk Rute Surabaya – Jakarta. Proceeding 4th National Conference Faculty of Business halaman 510-546. ISSN 1978-6522
2010Utami, Christina Whidya. Analisis Corporate Social Responsibility (CSR) Ritel Modern Skala Besar Terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran, Keuangan dan Daya Tahan UKM, Jurnal Kajian Manajemen dan Bisnis Volume 1 Nomor 2, Februari 2010 halaman 95-106. ISSN 2085-9511
2011Utami, Christina Whidya. Pengaruh Kualitas Layanan dan Upaya Relasional Terhadap Outcome Relasional Pelanggan Ritel Skala Besar, Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis (diterbitkan oleh Ikatan Doktor Ekonomi Indonesia) Vol.2.No.1, April 2011 halaman 62-77. ISSN 2087-1090
2011Utami, Christina Whidya. The Strengthening Relationship Outcome Strategy in Retail Indonesia, (Proses Jurnal Kajian Manajemen dan Bisnis)
2011Utami, Christina Whidya. Analysis of Attitude, Subjective Norm, Positive-Negative Anticipate Emotion Toward Desire and Intention Modern Retail Consumer, Jurnal Manajemen Volume XV/02/Juni/2011 halaman 175-187 ISSN 1410-3583 Terakreditasi B berdasarkan Keputusan Dirjen Dikti No: 83/DIKTI/Kep/2009
2011Utami, Christina Whidya. An Analysis Of Emotion, Habit and The Rational Choice: A Study On Consumer Behavior, International Research Journal Of Business Studies (IRJBS), Volume 4 Nomor 2 Agustus-November 2011 ISSN 2089-6271 pp 89-169 available online at www.management-update.org Accredited by Indonesia Ministry of Education SK DIKTI No. 83/DIKTI/Kep/2009
2012Utami, Christina Whidya. Peningkatan Kemampuan Analisis dengan Simulasi Subyek dan Obyek pada Mata Kuliah Seminar Manajemen Ritel (Penelitian Kaji Tindak) dana Hibah Pasaca UKWMS
2012Utami, Christina Whidya. Pilihan Format Toko Ritel Grocery Berdasarkan Faktor Demografi Konsumen (Tinjauan Atribut Toko Pada Format Ritel Modern di Surabaya)
2012Utami. Chritina Whidya & Agustinus Ryadi. Pemberdayaan Etika Usaha Pelaku Ritel Tradisional Melalui Pengembangan Supply Chain dan Merchandising Management Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Ritel Tradisional Di Kabupaten Gresik (Dana desentralisasi penelitian DIKTI)
2012Utami. Christina Whidya & Agustinus Ryadi. An Analysis Business Ethics And Performance Management Toward Sustainability Retail Tradisional In Indonesia, Proceeding 2nd Annual Summit on Business And Entrepreneurial Studies (2nd ASBES 2012) 15-16 Oktober 2012 Khucing Sarawak Malaysia.
2012Utami. Christina Whidya Utami. Tuhan dan Uang Dalam Ilmu Manajemen dalam buku Tuhan dan Uang Pertautan Ganjil Dalam Hidup Manusia. Penerbit Sifatama ISBN 978-602-18597-2-8
2013Utami. Christina Whidya & Agustinus Ryadi. An Analysis Business Ethics And Performance Management Toward Sustainability Retail Tradisional In Indonesia, 2 nd Annual Summit on Business And Entrepreneurial Studies. International Journal JBE Journal of Business and Economics Volume 4, No/issue 1, pp 243-253 Jan 2013 (ISSN 2155-7950)
http://www.academia.edu/3069935/AN_ANALYSIS_BUSINESS_ETHICS_AND_PERFORMANCE_MANAGEMENT_TOWARDS_SUSTAINABILITY_RETAIL_TRADITIONAL_IN_INDONESIA
2013Utami. Christina Whidya & Angelia Dwi Lestiyani. Effect of Self Congruity Toward Loyalty With Satisfaction as Intervening Variable In Magnum Consumer In Indonesia. China-USA Business Review, Chinese Business Review USA. Vol 12, No 4, 2013 pp 437-447 International Standard Serial Numbers: ISSN1537-1514, ISSN 1537-1506
http://www.cqvip.com/QK/88595X/201304/45893684.html
2013Astra Candra Terenggana, Henky Supit & Christina Whidya Utami, Effect of Value, Consumer Trust and Attitudes Towards Intention Buy Environmentally Friendly Air Conditioner Product in South Sumatra Indonesia, Academic Reasearch International May, Vol. 04 No.03, May 2013 Pages 323-335 ISSN L 2223-9553
http://www.savap.org.pk/journals/ARInt./Vol.4%283%29/2013%284.3-36%29.pdf
2013Utami, Christina Whidya, 2013. Riset Kepuasan Pelanggan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, Rayon Embong Wunggu Surabaya
(laporan Hard copy dan berdifat Confidencial)
2013Jasmin May P. Baniaga & Christina Whidya Utami, 2013. Win Back Offer and Service Benefit towards Switchback Intention in Indonesia Retail Business. Tangkoyob (Multidisciplinary Research Journal of the Univerisy of The Cordilleras, Governor Pack Road, Baguio City Philippines. Vol 7 No.1 October 2013. ISSN 1908-9325
http://icamerp.org/programs-and-activities/
2014Utami, Christina Whidya, Agustinus Ryadi, Hendro Susanto & Yulius Koesworo, 2014. The Relevance, Efficiency and Effectiveness of Business Ethics Empowerment Through Supply Chain Development and Merchandising Management in Improving Family Welfare in Traditional Retails in Gresik Disctrict Indonesia. Academic Research International, Vol 05 No 02 March Pages 254-268 ISSN L 2223-9553
http://www.savap.org.pk/journals/ARInt./Vol.5%282%29/2014%285.2-29%29.pdf
2014Utami, Christina Whidya, Hendrasmoro & Danardana Murwani, 2014. Model Application Mentoring PEGG (5C) To Improve The Entrepreneur Learning Quality E4 Ciputra University, Proceeding ICOEN International Conference on Entrepreneurship (ISSN 2356-3206) Books 1 st, pages 45-58 www.icoen.org
2014Sutanto, Ivan & Christina Whidya Utami, 2014. Entrepreneurship Education Affecting Entrepreneurial Attitudes and Intentions (Case Study Student of IBM Ciputra University), Proceeding ICOEN International Conference on Entrepreneurship (ISSN 2356-3206) Books 2 nd, pages 215-221 www.icoen.org
2014Tanto, Yohan Andi & Christina Whidya Utami, 2014. The effect of Promotion, Product’s Quality, Pricing and After Sales Service Within Customer Decisions to Purchase Honda Vario Scooter at Rahayu Corporation Gresik, Proceeding ICOEN International Conference on Entrepreneurship (ISSN 2356-3206) Books 2 nd, pages 191-203 www.icoen.org
2014Jeffrey, Bong & Christina Whidya Utami, 2014. The Influence of Intrinsic Motivation and Extrinsic Motivation Towards Player Performance in Knights Management, Proceeding ICOEN International Conference on Entrepreneurship (ISSN 2356-3206) Books 1 st, pages 98-107 www.icoen.org
2014Kevyn Hadianto Setijo, Denny Bernardus & Christina Whidya Utami, Design Strategy For Property Developer Addresing The Policy of Bank Indonesia no 15/40/Dkmp On 24 September 2013 (Case Study: Citraland Surabaya), Proceesing ICOEN International Conference on Entrepreneurship (ISSN 2356-3206) Books 1 st, pages 169-184 www.icoen.org
2014Andreas Widyanto Tanalo & Christina Whidya Utami, Influence of Marketing Mix (4P) on Malang City Board Game Café Consumer Buying Decision, Proceesing ICOEN International Conference on Entrepreneurship (ISSN 2356-3206) Books 2 nd. pages 68-76 www.icoen.org
12-14 November 2014Utami, Christina Whidya & Denny Bernardus, 2014. Pengembangan Pola Kemitraan Ritel Skala Kecil Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran dan Daya Tahan Usaha (Studi Pada Ritel Perdagangan Di Jawa Timur), Proceeding Call For Paper Forum Manajemen Indonesia ke 6 Medan Sumatera Utara (ISSN no 2407-0548) page 131
22-24 Nov 2014Utami, Christina Whidya, 2014. Keys To Successful Implementation Of Corporate Entrepreneur (An Overview Of The Conceptual Model Corporate Development Entrepreneur) Proceeding MAG (Marketing in Asia Group) Scholar Forum Jogjakarta 22-24 Nov (ISBN 978-0-478-29758-9)

Pembicara Seminar dan Pelatihan

Pembicara Seminar dan Pelatihan
2001Pemakalah: Mendorong Iklim Kualitas Prima Jasa Pariwisata di Surabaya Dalam Upaya Pemberdayaan Potensi Daerah Dalam Era Otonomi Daerah, dipresentasikan dalam Seminar Nasional Kopertis Wilayah VII Jawa Timur, 2001
2002Nara Sumber dalam dialog Dunia Manajer dengan topik: Meningkatkan Kualitas Lulusan Pendidikan S1 dengan Program Internasional, Radio Suara Surabaya, 2002
2003Nara Sumber dalam dialog Dunia Manajer dengan topik: Manajemen Ritel Modern dan Implikasinya, Radio Suara Surabaya, 2003.
2004Nara Sumber “Training Customer Service For Hospital” di Rumah sakit Umum Daerah Kabupaten Sidoarjo 11-13 Oktober 2004 dengan topik Peran Front Stage, Sistem Antrian dan Reservasi
2006Nara Sumber dalam dialog dengan topik: Pengelolaan Manajemen Ritel Modern dan Implikasinya, Radio Sonora Surabaya, 12 Mei 2006.
2006Nara Sumber dalam Pelatihan SEM di Program Pascasarjana Magister Adminstrasi Rumah Sakit Universitas Hasanudin Makassar, 10-13 Juni 2006
2007Nara sumber dalam Pelatihan SEM Program Pascasarjana Magister Adminstrasi Rumah Sakit Universitas Hasanudin Makassar, 25-26 Mei 2007
2007Nara sumber dalam dialog Radio Sonora “ Strategi Perguruan Tinggi Dalam Menarik Minat Calon Mahasiswa Baru’ 6 Juli 2007
2007Nara Sumber Pelatihan Program Pendampingan Duta Koperasi Jawa Timur, Globall Inn Hotel, 21-23 November 2007 Judul makalah : Perencanaan Bisnis Ritel
2007Nara Sumber Kegiatan Pendampingan Prospek Mandiri Jawa Timur, Hotel Bandara Surabaya 22 s/d 24 November 2007 Judul Makalah Implementasi Strategi Ritel Mix.
2007, 1 DesemberNara Sumber Kegiatan LPPM dan Perpustakaan Unika Widya Mandala “ Prosedur Penulisan Buku: Menulis Buku sebagai salah satu Aktualisasi diri, Unika Widya Mandala Surabaya
2006-2007Pemakalah: Analisis Orientasi Pasar Kompetitif Dan Adaptabilitas Strategik Pada Dinamika Lingkungan Terhadap Kinerja Pemasaran dan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Perusahaan Ritel Modern. Dipresentasikan dalam Call For Paper; Fisrt National Conference ” Towards A New Indonesia Business Architecture” Surabaya, 4 September
2007Pemakalah: Analisis Hambatan Struktural dan Personal (Perempuan Pengusaha Mikro) Bidang Ritel Di Surabaya Dalam Upaya Pengembangan Keberhasilan Usaha. Dipresentasikan pada International Workshop” Pengembangan Kewirausahaan Perempuan Dalam Usaha Mikro dan Kecil, Bali 29-30 November 2007
2008Nara sumber dalam “Bedah Karya- Bedah Buku untuk buku yang diterbitkan dengan Judul Pengelolaan Barang Dagangan dalam Bisnis Ritel “ dalam WIMA EXPO 22 September 2008
2008Nara sumber dalam “Workshop penulisan Buku Ajar” LPPM UKWMS 29 November 2008
2009Nara Sumber dalam “Workshop pengajuan usulan pengabdian Masyarakat Dikti “ LPPM UKWMS 14 Februari 2009
2009Nara Sumber Pelatihan Penulisan Buku Ajar, Universitas Dr Soetomo, 25 Juli 2009
2009, 30 JuliNara Sumber Pelatihan Karyawan Koperasi Sampurna : Customer Care dan Planogram, Sampurna Unit I Rungkut.
2010,28 JanuariNara sumber Workshop Proposal Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat LPPM Universitas Ma Chung Malang Jawa Timur
2010, 12 MeiNara sumber Seminar Harmonisasi Bisnis Ritel Indonesia, Fakultas Bisnis Universitas Duta Wacana Jogjakarta
2010. 1 SepNara sumber Pendidikan Bisnis Profesional dan Beretika, Seminar Nasional Lustrum IX Fakultas Ekonomi dan Transformasi Fakultas Bisnis Unika Widya Mandala Surabaya
2010, 10-11 DesemberNara Sumber Pelatihan SEM (Structural Equation Modeling) Program Pascasarjana Unika Widya Mandala Surabaya
2011, 30 April – 1 MeiNara Sumber Pelatihan SEM (Structural Equation Modeling) Sebagai Alat Analisis Statistik. Fakultas Bisnis UKWMS
9 Oktober 2011Peserta Seminar Enhancing Faculty Effectiveness and Qualifications Seminar, Singapore – AACSB International
13 Oktober 2011Nara Sumber Pelatihan: Uang dan Tuhan dalam Ilmu Manajemen, Fakultas Filsafat UKWMS
11-12 Oktober 2011Nara Sumber Pelatihan: Merchandising and Display Pharmacy Store. Rumah Sakit Universitas Hasanudin Makassar
3 Maret 2012Nara Sumber Seminar: Dari Ide Menjadi Buku Ajar. Sosialisasi Penulisan Buku Ajar di Universitas Katolik Widya Karya Malang
28 Mei 2012Mengikuti Workshop Sosialisasi Kinerja Dosen Kopertis Wilayah VII Jawa Timur Tahun 2012
15-16 Oktober 2012Pemakalah : Utami. Christina Whidya & Agustinus Ryadi. An Analysis Business Ethics And Performance Management Toward Sustainability Retail Tradisional In Indonesia, 2nd Annual Summit on Business And Entrepreneurial Studies (2nd ASBES 2012) 15-16 Oktober 2012 Khucing Sarawak Malaysia
5 Juni 2013Nara Sumber: Pelatihan Kebangkitan entrepreneurship Surabaya Barat
26 Februari 2014Nara sumber: Kuliah Singkat Entreprenurship Kelas Pemula 2014
11 Juni 2013Nara Sumber: Pelatihan Kebangkitan entrepreneurship Surabaya Barat
19 Agustus- 9 Desember 2013Nara Sumber: Pembelajaran Ritel Manajemen untuk Tenaga Kerja Indonesia di Hongkong secara On Line
26 Feb 2014Nara Sumber: Kuliah Singkat entrepreneurship Kelas Pemula 2014
26 Nov 2013Nara Sumber: Is Your Bank Ready For Customer. CIMB BANK Niaga Tunjungan Surabaya
21 Nov 2013Nara Sumber: Ten Rules of An Entrepreneurs Hard Rock FM Surabaya
5 Mei 2014Nara Sumber: “Entrepreneurship” Kementrian perindustrian kerajinan kayu dan olahan kayu di UPT kayu Bojonegoro
25 Juni 2013Nara Sumber: Pelatihan Kebangkitan Entrepreneurship Surabaya Barat
10 Juli 2013Nara Sumber: pelatihan Guru SMAK Petra tentang BMC dan Marketing Sekolah
15 Juni 2014Nara Sumber: pelatihan Umat GKJW tentang Entrepreneurship
14 Oktober 2014Nara Sumber: “Entrepreneurship” Kementrian perindustrian kerajinan kayu dan olahan kayu di UPT kayu BONDOWOSO Jawa Timur
23 Oktober 2014Nara Sumber: “Peluang Bisnis Dicari atau Diciptakan” BAPEMAS Badan Pengembangan Masyarakat Daerah Tingkat 2 Kotamadya Surabaya Jalan Jimerto Surabaya
8 November 2014Nara Sumber: “Entrepreneruship and Effectuation Theory” Kuliah Umum PS Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa Bali
29 Agustus 2015Nara Sumber; Pelatihan “Leadership Coaching” pada boar of Director Meeting PT LSBL Lintas Samudra Borneo Line, Bogor Jawa Barat
3 September 2015Nara Sumber: Seminar Soft Skill “ Intrapreneur VS Entrepreneur” Fakultas Ekonomu Universitas Negeri Malang

Tulisan Populer

Tulisan Populer
2007Ritel Modern Kambing Hitam Matinya Ritel Tradisional, Tabloid Ritel edisi 01 Juli 2007
2007Ritel Tradisional VS Modern Spesifikasi dan Potensinya, Tabloid Ritel Edisi 04 Oktober 2007
2007Mengembangkan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan, Tabloid Ritel Edisi 05 November 2007
2007Pentingnya Analisis Kuadran Dalam Menetapkan Merek Produk Fast Moving, Tabloid Ritel Edisi 06 Desember 2007
2007Ritel Indonesia “ Over supply” Majalah Entrepreneur Edisi pertama, Desember 2007

Pelatihan dan Sertifikasi

 

Pelatihan dan Sertifikasi
2006Program Pelatihan Manajemen Ritel – Manajemen Trainee PT Matahari Putra Prima, 12-17 September 2006
2006Sertifikasi bidang Manajemen ritel “The Customer Service and Profesionalism Course, IGA Institute, awarded October 14, 2006
2006Sertfikasi bidang Manajemen Ritel “ The Promotions and Merchandising Course,”IGA Institute, awarded October 20, 2006
2006Sertifikasi Bidang Manajemen Ritel “ The Cashier Course” IGA Institute International awarded October 31, 2006
2006Sertifikasi Bidang Manajemen Ritel “ The Grocery Stocker Course” IGA Institute International awarded November 1, 2006
2007Sertfikasi Bidang Manajemen Ritel “ The Introduction to Food and Health Course” IGA institute International awarded January 9, 2007
2010Pelatihan penyusunan Bahan ajar dengan Camtasia, 7-9 Oktober Program pascasarjana Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
2011Pelatihan penyusunan Bahan Ajar dengan MOODEL Program Pascasarjana Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Maret 2012Peserta: Pelatihan Penulisan Proposal dan Manajemen Riset. LPPM Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 20-21 Maret 2012
Juli 2013Pelatihan Statistical Data Analysis For Research, ICONESIA in house Training Universitas Ciputra Surabaya, 26-27 Juli 2013
Desember 2013Pelatihan Applied Approach, P3A1 ITS Surabaya in house training Universitas Ciputra Surabaya, 10-14 Desember 2013
April 2015Sertifikasi Coaching Leadership, Cherish Jakarta, SCL
Agustus 2015Pelatihan “ PLS Partial Lease Square” in house Training Universitas Ciputra Surabaya, 6-7 Agustus 2015
Agustus 2015Pelatihan “ Hybrid Learning” In House Training Universitas Ciputra Surabaya, 14 Agustus 2015

Pengabdian Masyarakat

Pengabdian Masyarakat
2006Pelatihan Pengelolaan Ritel Tradisional Menuju Ritel Modern; Pemenang Widya Mandala ABDIMAS Grant
2007Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (KWU-DIKTI) 2007 “Kewirausahaan dan Perencanaan Usaha Berbasis Usaha Mikro dan Kecil”
2011Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Pengelolaan Barang Dagangan (Merchandising) Bagi Ritel Tradisional di Surabaya
2012Nara Sumber; Pelatihan Teknik Pemasaran bagi UMKM oleh Departemen Koperasi UMKM Hotel Tanjung Surabaya, Tanggal 5 November 2012
2012Nara Sumber: Pelatihan Teknik Pemasaran bagi UMKM binaan Jamsostek, 29 November 2012 Villa Vanda Tretes
Juni 2013Nara Sumber: Pelatihan Kebangkitan Entrepreneurship Surabaya Barat, 3-14 Juni 2013
Juli 2013Nara Sumber: pelatihan Kebangkitan Entrepreneurship Surabaya Barat, 24 Juni-5 Juli 2013
Juli 2013Nara Sumber: BMC for Education Organization dalam rapat kerja guru dan karyawan SMP Kristen Petra Surabaya, 10 Juli 2013
November 2013Nara sumber: Is Your Bank Ready for Customer 3.0? CIMB Niaga Surabaya, 26 November 2013
November 2013Nara sumber: Ten Rules of an Entrepreneur. Radio Hard Rock FM Surabaya, 21 November 2013
5 Juni 2013Nara Sumber: Pelatihan Kebangkitan entrepreneurship Surabaya Barat
26 Februari 2014Nara sumber: Kuliah Singkat Entreprenurship Kelas Pemula 2014
11 Juni 2013Nara Sumber: Pelatihan Kebangkitan entrepreneurship Surabaya Barat
19 Agustus- 9 Desember 2013Nara Sumber: Pembelajaran Ritel Manajemen untuk Tenaga Kerja Indonesia di Hongkong secara On Line
26 Feb 2014Nara Sumber: Kuliah Singkat entrepreneurship Kelas Pemula 2014
26 Nov 2013Nara Sumber: Is Your Bank Ready For Customer. CIMB BANK Niaga Tunjungan Surabaya
21 Nov 2013Nara Sumber: Ten Rules of An Entrepreneurs Hard Rock FM Surabaya
5 Mei 2014Nara Sumber: Entrepreneurship Kementrian perindustrian kerajinan kayu dan olahan kayu di UPT kayu Bojonegoro
25 Juni 2013Nara Sumber: Pelatihan Kebangkitan Entrepreneurship Surabaya Barat
10 Juli 2013Nara Sumber: pelatihan Guru SMAK Petra tentang BMC dan Marketing Sekolah
15 Juni 2014Nara Sumber: pelatihan Umat GKJW tentang Entrepreneurship
8 November 2014Nara Sumber: Pelatihan KEwirausahaan untuk Himpunan Mahaasiswa Manajemen Judul: Susahkah menjadi pengusaha Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa Bali
14 Oktober 2014Nara Sumber: pelatihan pemanfaatan limbah kayu UPT kayu Kabupaten Bondowoso kerjasama dengan Departemen Perindustrian
23 Oktober 2014Nara Sumber: Kuliah singkat Entrepreneurship antara BAPEMAS dengan LLP UC dan YLPM (Yayasan Lembaga Pengabdian Masyarakat)Surabaya Barat
6 Nov 2014Nara Sumber: Kuliah singkat Entrepreneurship antara BAPEMAS dengan LLP UC dan YLPM (Yayasan Lembaga Pengabdian Masyarakat)Surabaya Barat
28 Februari 2014Nara Sumber: workshop Bagaimana Menjadi Intrapreneur Handal Dalam Mengembangkan Corporate Entrepreneurship di PT Lintas Nusantara Gas (PT LNG)
2015Nara Sumber:Pelatihan pemanfaatan Limbah Kayu UPT Kayu Kabupaten Jember kerjasama dengan Departemen Perindustrian

Buku

Buku
2006Utami, Christina Whidya. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Pada Ritel Modern, Penerbit Salemba Empat. Jakarta. No. ISBN 979-691-370-4
2008Pemenang Hibah Penulisan Buku Teks Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Utami, Christina Whidya. Strategi Manajemen Pemasaran Ritel, Penerbit INDEKS Jakarta. No. ISBN 979-683-957-1
2008Utami, Christina Whidya. Pengelolaan Barang Dagangan dalam Bisnis Ritel , Penerbit Bayu Media No. ISBN 978-979-3323-93-0
2010Utami, Christina Whidya. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia, Edisi ke 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta. No. ISBN 978-9799061-127-6
2011Utami, Christina Whidya. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 1 Penerbit Bayu Media No. ISBN 978-602-9136-00-5
2015Utami, Christina Whidya. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia, Edisi ke 3. Penerbit Salemba Empat. Jakarta. No. ISBN 978-9799061-127-6

Organisasi

Organisasi
2003-sekarangAnggota Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) DPD Jawa Timur
2009-2012Pengurus Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) DPD Jawa Timur bidang Organisasi
2007-sekarangAnggota Ikatan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI)
2014-sekarangAnggota FMI Forum Manajemen Indonesia