Felicia Maria Eveline dan Berryl Theodora Karambut

IBM-2017

Short Profile

Berryl dan Felicia dari IBM-RC. Mereka berdua bekerja di Isuzu Jawa Timur. Menurut Beryl kuliah itu membantu, apalagi berkuliah di Universitas Ciputra. Saat interview pasti dilirik karena Universitas Ciputra, Universitas yang sangat dilirik di Surabaya. Hal ini bukan perkataan yang dibuat-buat, namun sesuai fakta dan menurut atasan Beryl. Pemberian dan pembawaan materi yang bagus oleh dosen menjadikan materi tersebut bekal untuk mendaftar ke Perusahaan bergengsi seperti Astra, kata Beryl.

Dari Felicia sendiri juga setuju dengan pendapat Beryl. Menurut Felicia, kuliah di Universitas Ciputra tidak mengarjarkan ilmu akademi saja, namun mahasiswa juga diajarkan ilmu non akademik dan dilibatkan dalam kegiatan kampus.

Pengalaman UC

Felicia, mempunyai pengalaman mengikuti Kegiatan Eternity yang merupakan titik balik untuk memacu semangat ikut kegiatan lainnya yang ada di Universitas Ciputra. Kemudian di tahun berikutnya Felicia mendaftarkan diri dan menjadi Anggota Student Union IBM. Menurut Felicia mengikuti organisasi di Universitas Ciputra, menjadi ilmu yang dipakai sampai di dunia kerja. Mengikuti organisasi membuat mindset seseorang pun akan berubah menjadi lebih baik.

 

Pengalaman Magang

Beryl dan Felcia melakukan internship pada saat awal-awal pandemi. Pada saat itu sangat susah mencari tempat magang yang bisa menerima anak magang untuk datang ke tempat. Namun dosen Universitas Ciputra tidak lepas tangan, justru membantu mahasiswa dalam pencarian tempat magang. Beryl dan Felicia mendapatkan tempat magang di perusahaan Ubin Kayu yang dituntut bekerja tidak sesuai dengan zona nyaman mereka. Namun Beryl percaya, pada saat mengalami hal kesulitan yang di luar zona nyaman kita. Kita akan menjadi orang yang mempunyai skill  next level dari sebelumnya. 

Beryl mempunyai pengalaman dari internship yaitu, semenjak internship Beryl harus bisa mengerjakan sesuatu yang mandiri walaupun hanya dikasih clue saja oleh atasan. Beryl juga dituntut aware akan kemajuan teknologi, contohnya Beryl harus bisa membuat website dan mengerti apa itu Digital Marketing. Atasan perusahaan Beryl pun mengatakan bahwa Pada Era saat ini, jika kita tidak paham dan tidak tahu tentang Digital Marketing membuat perusahaan tidak bisa menguasai target pasar perusahaan.

Felicia juga sependapat dengan beryl karena mereka melakukan internship di tempat yang sama. Menurut pengalamannya, karena adanya Covid dan pertama kali magang secara online membuat Felicia kaget dan harus cepat beradaptasi. Pekerjaan yang menurut Feli complex dan tidak bisa dikerjakan, namun dengan kita tahu titik terangnya dan dibahas bersama. Maka pekerjaan yang diberikan ternyata bisa dilakukan dan tidak se-complex yang felicia pikirkan. Contohnya saat membuat website yang harus mengerti IT dan Coding. Menurut felicia karena pada dasarnya kuliah jurusan manajemen, felicia tidak pernah belajar dan memahami cara pembuatan website. 

 

Namun, dengan adanya pekerjaan tersebut membuat pikiran mereka terbuka dengan luas. Bahwa sesuatu yang tidak mungkin bisa kita kerjakan jika dibahas dan dipelajari setiap detailnya,  pasti akan terselesaikan. Dari internship, atasan mereka membuat opportunity untuk Felici dan Beryl untuk melakukan hal yang baru. Atasan mereka selalu support dan tidak pelit untuk berbagi ilmu.

Pengalaman yang penting dan tidak kalah serunya, Felcia dan Beryl dipercaya untuk membuat anak perusahaan yang baru. Atasan mereka hanya memberikan produk yang sudah jadi, namun dari segi nama perusahaan, logo, dan branding, Felicia dan Berrl bekerja sama dengan anak magang lainnya. Dari pekerjaan tersebut, Felicia dan Beryl tahu step awal dalam pembuatan perusahaan. 

 

Jadi menurut Beryl dan Felicia, melakukan internship tidak hanya dapat pengalaman saja. Mereka juga mendapatkan opportunity, mindset yang luas, serta melatih mental supaya siap di dalam dunia kerja. Menurut Beryl dan Felicia, karena mereka masih muda justru kita harus mudah dibentuk dan berani mencoba sesuatu yang baru.

 

Dari internship, jadikan tempat magang sebagai tempat belajar dan melakukan hal yang terbaik. Walaupun nanti terjadi kesalahan yang dilakukan, namun jangan takut, justru jadikan pembelajaran yang membuat kedepannya jauh lebih baik. 

Dunia Pekerjaan

Saat menunggu masa wisuda, ada beberapa minggu kosong untuk mencari pekerjaan. Universitas Ciputra juga mendukung dalam mencari pekerjaan dengan cara selalu mengirimkan Job Vacancy untuk mahasiswa maupun alumni. Beryl dan Felicia mendapatkan informasi dari salah satu orang tua temannya yang bekerja di Isuzu. Pada saat itu mereka berdua langsung menyiapkan keperluan untuk mendaftarkan diri ke Isuzu.

 

Kegiatan Beryl dan Felicia Saat ini

Job Desk Beryl, berada dalam Departemen Fleet, Departemen yang baru saja dibentuk Oktober 2021. Departemen ini khusus mengerjakan untuk ke PT besar dan sudah minimalisir garapan atas nama perorangan. Lebih mengurus ke pembelian dalam jumlah banyak. Setiap harinya Beryl melakukan Management Database, record history pembelian customer untuk ditawarkan pembelian truck.

Untuk para The Lion’s harus terus semangat. Ketahuilah tujuan hidup kalian untuk tau apa dasar dari kalian berjuang. “ Jangan takut dikasih pekerjaan” “ Nahkoda yang hebar, tidak mengendarai kapalnya di lautan yang tenang”
Berryl dan Felicia​

Contact Us

Get in touch

Location

CitraLand CBD Boulevard, Made, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60219

Contact Us

Phone : (+62) 31-7451699

Our Hours

MON-FRI  08:00 – 16:30 

SAT-SUN  CLOSED