Alvin Livano, S.E.

IBM-2010

Short Profile

Alvin Livano adalah alumni mahasiswa IBM-RC angkatan 2009. Yang ia kerjakan sekarang adalah menjadi penerus usaha Family Businessnya yaitu bahan bangungan retail dan Dosen Part-Time di UC.

Pengalaman UC

Dulu di tahun 2009, UC tidak seperti sekarang karena dulu lantainya hanya sampai lantai 6 dan gedungnya hanya 1. Di UC dulu kita diajarkan bagaimana cara menjadi seseorang yang tangguh karena begitu masuk itu setiap kelas rabu itu tidak seperti sekarang yang bisa naik ke atas kelas. Kalau dulu itu lift hanya ada 4 sedangkan mahasiswa itu ada 400-500 orang. Jadi kita harus datang tepat waktu pukul 7.30 jadi diajarkan untuk benar2 menjadi orang yang tangguh. Untuk masalah organsisasi, awal-awalnya saya ikut Student Union IBM.

Kompetisi di UC

Yang dulu paling seru itu kalau ikut kompetisi soalnya UC itu benar-benar support mahasiswa untuk ikut kompetisi. Semester 2 itu saya mengajukan proposal untuk ikut lomba ke malaysia dan UC benar-benar mensupport dan beruntungnya saat itu menang. Darisana bisa ikut lomba-lomba lain. Ko Alvin menganjurkan semua orang untuk ikut lomba karena 1 hadiahnya besar, 2 pengalamannya banyak, dan 3 koneksinya juga banyak. Bahkan saat itu juga ke makasar untuk lomba dan semuanya dibiayai oleh UC.

Kesibukan setelah lulus

Sebelum menjadi dosen di UC, Alvin berpikir untuk menjadi business consutant karena suka consulting orang. Seiring berjalannya waktu, sempat masuk UC sebagai dosen fasilitator dan membuat event bersama yang sukses. Darisana muncul keinginan untuk lanjut. Tetapi ada suatu hal yang buruk terjadi yaitu orangtua Alvin sakit. Sebelum masuk ke ruang operasi, orangtuanya berkata “kalau nanti ini operasinya berhasil, papa ingin kamu bantu papa soalnya nanti papa pasti tidak bisa maksimal lagi”. Lalu Alvin juga mengiyakan yang kemudian Alvin resign dari UC dan memutuskan untuk membantu bisnis keluarganya di bidang bahan bangunan tersebut. Darisana meskipun passionnya consulting, tetapi masuk di retail, dalam hatinya terasa bergejolak. Tentunya paling enak itu kalau bekerja yang sesuai dengan passion. Tapi di satu sisi lain, ada opportunity yang harus dijalankan.

Akhirnya Alvin berpikir bagaimana cara untuk tetap merasa fun di dalam pekerjaannya, dan tidak melempar tanggung jawabnya. Akhrinya dicoba untuk daftar di UC menjadi Dosen Part-Time yang kemudian diterima. Jadi kewajibannya dijalankan, dan passionnya pun juga dijalankan. Turning pointnya itu saat dulu masuk di retail itu benar-benar tidak terima sampai strugle berbulan-bulan. Tetapi ada satu poin di UC yaitu selalu diajarkan untuk tangguh mulai dari project dan dulu di angkatan saya itu ada militer yang akhirnya belajar untuk tough yaitu apapaun keadaan kamu, kamu harus berjuang disana, tetapi juga melihat peluang yang ada di sana.

Pesan untuk the Lions

Namanya singa, makanan itu tidak disiapkan di depan muka kalian. Tetapi kita harus melihat dimana ada mangsa, jauh atau dekat, kita yang harus mendekat ke mangsanya. Kita tidak bisa berharap untuk mangsa yang mendekat ke kita kemudian kita makan. Sama seperti kita kerja, jauh atau dekat, kalau ada opportunity itu harus kita ambil meskipun kalau mangsanya jauh itu kita harus lari jauh mengejar yang cukup lama. Tetapi itu harus dilakukan agar kita bisa survive.

Jangan terlalu lembek, yang penting kalian harus semangat meskipun bekerja yang tidak sesuai passion kalian, di suatu titik kalian akan bisa mengerjakan tanggung jawab kamu, dan passion kamu.
Alvin Livano

Contact Us

Get in touch

Location

CitraLand CBD Boulevard, Made, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60219

Contact Us

Phone : (+62) 31-7451699

Our Hours

MON-FRI  08:00 – 16:30 

SAT-SUN  CLOSED