IBM Parents Gathering

IBM Parents Gathering

Para Orang Tua Mahasiswa IBM Tahun Angkatan 2011 di UC Auditorium

Para Orang Tua Mahasiswa IBM Tahun Angkatan 2011 di UC Auditorium

Hari Jumat, tanggal 16 September 2011 bertempat di Auditorium lantai 7 Gedung UC, Program Studi International Business Management (IBM) kembali mengadakan kegiatan rutin tahunannya “IBM Parents Gathering”. Acara tsb dikemas dengan mengundang semua orang tua / wali mahasiswa baru angkatan 2011-2011. “IBM Parents Gathering”, selain di hadiri oleh mahasiswa baru, orang tua / wali juga di hadiri oleh Ibu Inge Gunawan (Ketua Jurusan IBM) beserta seluruh Dosen mata kuliah di International Business Management (IBM) Universitas Ciputra (UC).
Tujuan acara Gathering tsb adalah menjelaskan “agar setiap komponen di dalamnya dapat saling mendukung dan bekerja sama untuk mewujudkan mindset dan semangat Entrepreneur sehingga nantinya setiap mahasiswa memiliki usaha sendiri.” Demikian cuplikan kata sambutan yang disampaikan oleh Ibu Inge Gunawan. Malam itu disampaikan pula penjelasan tentang beberapa proyek mahasiswa IBM yang telah berhasil seperti:
1. Yonkou Multitrading, perusahaan ekspor spesialis rumput laut.
2. Fruit Armada perusahaan sirup buah stoberi.
3. Udifer Bags yang menang pada perlombaan di Trade Fair Malaysia.

Selain memenangkan perlombaan tersebut, stand UC saat itu menjadi salah satu stand yang dikunjungi oleh Ibu Negara RI, Ibu Ani Yudhoyono. Selanjutnya, Ibu Inge Gunawan menyampaikan bahwa IBM UC lebih menekankan experiential based learning dimana materi tersebut didapat dari mata kuliah project di setiap semesternya. Pelaksanaan mata kuliah project tsb di mentori oleh para Dosen secara berkesinambungan hingga akhirnya mahasiswa dapat mencapai bahkan melebihi prestasi yang sudah dicapai oleh angkatan sebelumnya.
Para Mahasiswa IBM Tahun Ajaran 2011

Sebagian Mahasiswa IBM Tahun Ajaran 2011 yang hadir

Selain adanya mata kuliah project IBM UC, jurusan juga sudah mengadakan studi ekskursi ke Solbridge University, Korea Selatan dan juga ke University of New South Wales, Australia. Rencananya tahun ini akan ditambah satu lagi negara tujuan yaitu Taiwan. Kelebihan mengikuti studi ekskursi ini adalah biaya untuk pendidikannya sama SPP normal berkuliah di UC, sehingga orang tua hanya menyiapkan biaya administrasi dan biaya hidup selama tinggal di luar negeri. Orang tua yang hadir juga menjadi lebih tertarik lagi setelah ada sharing pengalaman studi ekskursi dari Christy (IBM 2007, Solbridge) dan juga Shella (IBM 2010, UNSW). Antusiasme dari orang tua dapat dilihat saat mereka melakukan sesi tanya jawab dengan Bapak Ibu Dosen yang berbagi cerita tentang keseharian mahasiswa mereka setelah kuliah di UC dan mereka sangat senang dengan perkembangan yang ada.
Setelah sesi tanya jawab ada penjelasan dari mata kuliah project 1 yang membuat banyak pihak bertanya-tanya dengan target omsetnya yang mencapai milliaran rupiah. Di akhir sesi ada beberapa mahasiswa membagikan cerita suka duka mereka selama menjadi Entrepreneur, antara lain:
*Timothy (IBM 2010) dari Exotik yang berjualan aneka produk batik.
*Jonathan (IBM 2009) dari Maureen shop yang berjualan kain sprei.
*William Angkasa (IBM 2008) dari Harmony yang berjualan aneka barang impor dari Cina.
*Koo Tirta (IBM 2008) dari Creativo yang berjualan aneka souvenir unik.
Tak lupa, Ibu Damelina selaku Ketua IBM Project Incubator mengajak orang tua yang ingin berbagi atau membantu kemajuan pendidikan entrepreneurship di UC dapat turut berpartisipasi bersama UC. “Untuk mengubah satu orang diperlukan satu kota yang mendukungnya” itulah pesan Hillary Clinton pada Regional Entrepreneur Summit Agustus 2011 di Bali.
Diharapkan acara yang diorganisir oleh IBM Student Union ini dapat merubah mindset mahasiswa baru untuk siap menjadi dan menjalankan roles sebagai Entrepreneur muda dibawah naungan Universitas Ciputra.