Apakah Anda pernah pernah berpikir bahwa branding marketing adalah faktor signifikan untuk mempengaruhi pelanggan sebelum membeli sesuatu? Branding merupakan suatu upaya untuk membentuk keterikatan dan citra secara emosional untuk pelanggan dan produk yang akan dibeli. Hal ini berguna untuk membedakan produk tersebut dengan pesaing. Kenapa branding ini begitu penting dalam marketing dan bisnis?

Hubungan Antara Branding, Marketing, dan Bisnis

1. Branding Menyampaikan Pesan dengan Jelas dan Bagus

Komunikasi adalah hal penting yang mempunyai peranan penting untuk menyampaikan pesan akan produk yang Anda jual kepada pelanggan. Proses branding adalah suatu metode komunikasi yang terarah, baik dan terstruktur untuk pemasaran produk Anda. Suatu merk yang baik bisa menyampaikan beberapa keunggulan dan manfaat bagi para calon pelanggan tanpa membuat iklan yang mahal. Membangun suatu merk haruslah dipikirkan secara matang agar memiliki branding yang kuat bagi pelanggan.

2. Membangun Kredibilitas Yang Baik

Pelanggan membeli suatu produk biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal. Ketika memutuskan membeli sesuatu, biasanya pelanggan akan mempertimbangkan beberapa hal secara matang. Produk yang dibeli diharapkan mampu memberikan solusi dan ekspetasi yang baik daripadai produk dari pesaing. Branding marketing yang baik akan menunjukkan kredibilitas produk Anda. Dengan berinovasi dengan baik maka Anda bisa menunjukkan kualitas dari produk tersebut.

3. Adanya Hubungan Emosional

Branding yang baik ternyata dapat menciptakan hubungan emosional yang baik antara merk produk dan pelanggan. Biasanya pelanggan memutuskan membeli sesuatu cenderung dipengaruhi oleh emosi dibandingkan logika. Misalnya saja saat pelanggan ingin membeli mie instan kemasan cup, ada berbagai merk mie instan dalam cup yang dijual di pasaran. Tetapi, pelanggan memiliki kecenderungan untuk membeli Pop Mie sebagai pilihan mie instan dalam cup. Padahal masih banyak merk mie instan yang mungkin rasanya lebih enak dan murah dibandingkan dengan Pop Mie. Itulah kekuatan suatu merk produk. Pop Mie sangat sukses membangung branding untuk pelanggannya. Merk dagang tersebut mampu membangun hubungan emosional erat untuk menarik minat pelanggan untuk membeli produk tersebut.

4. Menarik Hati Pelanggan

Saat pelanggan sudah menerima pesan dari produk tertentu dengan baik dan hubungan emosional sudah ada, maka merk tersebut bisa menarik minat pelanggan. Bahkan bisa memotivasi dengan sendirinya untuk memutuskan memakai produk ataupun jasa tersebut atau tidak. Ini menjadi tujuan yang dicapai bila Anda sudah mempunyai hubungan kuat antara brand dengan pelanggan. Tentu saja ini berdampak sangat bagus bagi bisnis dan penjualan produk Anda.

5. Memiliki Hubungan Baik dengan Pelanggan

Tak hanya keempat hubungan diatas saja yang bisa Anda dapatkan. Anda juga bisa memiliki hubungan yang baik antara pelanggan dan perusahaan. Sebagai penyedia produk tertentu, Anda akan memiliki pelanggan setia yang akan membeli produk Anda. Tentu saja ini berguna untuk menargetkan pelanggan tersebut sebagai pelanggan setia Anda. Terlebih lagi bila pelanggan merasakan manfaat yang luar biasa, pastinya mereka akan selalu berlangganan dengan Anda. Untuk bisa membangun pelanggan setia, maka Anda harus bisa membangun proses branding secara bagus, maksimal, dan terstruktur.

Akan selalu ada hubungan branding marketing dan bisnis yang sedang dijalankan. Membangun branding yang kuat akan membuat bisnis Anda semakin sukses karena penjualan semakin meningkat. Itulah mengapa membuat branding yang bagus untuk suatu produk amatlah penting untuk dilakukan. Baik branding dan bisnis akan selalu menopang satu sama lain untuk meraih kesuksesan penjualan bersama.

Menu