Potensi

Pada hari Kamis 5 Desember, mahasiswa jurusan Hotel and Tourism Business Universitas Ciputra mendapatkan kesempatan untuk melihat dan mendengarkan M.Nurdin Razak yang merupakan ahli dalam bidang ecotourism. Berikut adalah ringkasan secara singkat mengenai apa yang disampaikan oleh Bapak Nurdin.

               Bapak Nurdin mengatakan bahwa sangat sayang apabila hewan yang liar dan berada di lingkungan alaminya diburu dan diperjual belikan. Hewan tersebut seharusnya dirawat dan dilestarikan sehingga dapat menjadi menjadi salah satu daya tarik yang sangat besar bagi orang yang berkunjung. Salah satu contoh dalam hal tersebut adalah di Manusella Park. Manusella Park adalah salah satu tempat di mana Burung Kakak Tua berkumpul dan juga merupakan habitat asli dari Kakak Tua. Karena burung tersebut tidak ada di daerah lainnya, banyak yang tertarik untuk membeli dan memiliki hewan tersebut. Ada banyak Kakak Tua yang dijadikan jual beli illegal  kepada masyarakat asing yang tertarik untuk memilikinya. Hal ini sangat memprihatinkan karena ada ribuan dari Kakak Tua yang tertangkap hanya sedikit yang selamat, banyak dari Kakak Tua tersebut mati mengenaskan saat proses pengiriman berlangsung. Mereka ditangkap diam-diam saat sedang tidur di malam hari. Kemudian Kakak Tua tersebut akan di masukkan didalam kardus, kemudian mereka akan dikirimkan ke pembeli.

 

Setelah diberikan pelatihan dan informasi mengenai potensi dari kawasan tersebut, maka orang yang tadinya menjadi pemburu ilegal tersebut berubah menjadi pengembang dan penjaga dari kawasan Manusela. Ada beberapa cara yang diterapkan oleh Nurdin agar Manusela menjadi maju, pertama adalah dengan melakukan fotografi dan mempromosikan hasil foto tersebut ke wisatawan asing untuk menarik minat mereka untuk datang ke Manusela. Masyarakat yang tadinya menjadi pemburu justru sekarang menjadi guide dan memberitahu kepada turis mengenai Kakak Tua, misal memberikan informasi mengenai dimana Kakak Tua bersarang dan lainnya. Sekarang Manusela sudah maju dan pemburu illegal Kakak Tua pun juga berkurang secara drastis dengan penerapan hal-hal yang diajarkan oleh Nurdin. Menurut Nurdin, ecotourism merupakan salah satu bagian dari tourism yang berkembang sangat pesat dan memiliki peluang yang sangat besar di masa depan. Salah satu komponen yang mendukung kemajuan ecotourism adalah keluarga. Hal tersebut dikarenakan umumnya keluarga yang berlibur akan mencara suasana yang tenang dan damai. Ecotourism memiliki faktor tersebut, dan mereka juga mendapatkan suatu ilmu apabila mereka melakukan wisata alam. Hal yang diperlukan agar suatu ecotourism dapat laku dan mendapatkan profit yang sangat tinggi adalah diperlukannya cara penyampaian  informasi dari destinasi ecotourism tersebut. Hal unik dari destinasi tersebut akan mengundang banyak orang yang penasaran dan meningkatkan daya tarik dari lokasi tersebut. Desa yang jauh dan terpencil pun bisa menjadi daya tarik yang tinggi apabila Desa tersebut mampu mempromosikan dirinya dengan baik dan menyampaikan informasi-informasi yang ada di desa tersebut dengan sangat baik.

Agar lebih sustainable, Nurdin memberikan solusi untuk melibatkan generasi muda dalam partisipasinya. Partisipasi tersebut dapat berupa mengajak anak-anak untuk membantu dalam membawakan tour,  menjadi guide dan memberikan pengetahuan kepada mereka mengajarkan potensi ecotourism tersebut. Salah satu dari aktivitas dari ecotourism yang sangat menarik adalah Night Safari. Mengapa Night Safari menjadi salah satu aktivitas yang menarik? Hal itu dikarenakan beberapa hewan lebih beraktivitas di malam hari, dan terkadang hewan-hewan tersebut tidak terlihat pada saat siang hari tetapi pada malam hari mereka keluar dari persembunyian mereka. Hal ini merupakan daya tarik yang besar bagi para turis yang ingin tahu akan keadaan hutan pada malam hari. Suasana juga merupakan hal yang wajib diperhatikan dalam penjualan ecotourism. Turis akan merasa lebih senang apabila mereka diberikan pelayanan yang sesuai dengan daerah aslinya. Contoh yang diberikan oleh Nurdin adalah dengan memberikan sebuah kelereng dan mengajarkan kepada mereka cara bermainnya. Dari permainan tersebut saja sudah dapat menarik perhatian bagi para turis karena mereka tidak pernah memainkan hal tersebut sehingga mereka sangat menyukai permainan tersebut.

 

Dari sebab itu, dengan banyaknya desa-desa, flora dan fauna yang unik di Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi ecotourism yang sangat besar di seluruh dunia. Maka kita sebagai masyarakat Indonesia meningkatkan awareness mengenai potensi-potensi yang ada di Indonesia yang tidak kalah dengan negara-negara lain.

Penulis: Albertus Alexander Wonodiahrdjo

Student of Hotel and Tourism Business Universitas Ciputra