Siapa Saja Yang Berpartisipasi Dalam Pembangunan Surabaya Agar Cocok Untuk Menjadi Destinasi Wisata

Pada Hari Kamis 5 November 2019, Fakultas IHTB Universitas Ciputra menyelenggarakan acara Tourism Hospitality International Conference. Acara ini diadakan 5 tahun sekali dan diikuti oleh beberapa negara untuk membicarakan mengenai dunia pariwisata. Kali ini Universitas Ciputra mendapat kehormatan untuk menjadi penyelenggara acara dari Tourism Hospitality International Conference. Dalam acara ini Universitas Ciputra juga menyelenggarakan seminar yang disampaikan oleh Agoes Tinus Lis Indrianto. Dari seminar tersebut Agoes menyampaikan hasil penelitian yang dilakukannya yang dilakukannya untuk mengamati perkembangan kota Surabaya. Berikut adalah hasil penelitian oleh Agoes

Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan oleh Agoes, Surabaya telah mendapat beberapa penghargaan yaitu

  • Future City Award in Asia Pacific – European Business Assembly 2014
  • National Award on CSR Program 2015
  • National Award of City Sanitation 2016
  • National Award of Adipura Kencana 2017
  • UNESCO Learning City Award 2017
  • Sustainable Green City and Human Settlement Global Category, Green City 2017
  • Lee Kuan Yew Award, Special Mention as one of four best city in the world, Singapore 2018
  • Indonesian Best City in Tourism Development (Yokatta Wonnderful Indonesia Award) Jakarta 2018

Dari penelitian yang dilakukan, Agoes juga mengungkapkan sedikit sejarah Indonesia, yaitu adalah Tempat transit ke Kerajaan Majapahit, Di Surabaya banyak terjadi pertempuran pada zaman kolonial. Salah satu pertempuran yang terkenal adalah pertempuran 10 November, Sekarang Surabaya adalah pusat perdagangan dan pusat proses produksi dan Sejak tahun 2005 Surabaya menjadi kota perdagangan yang berbasis pada servis. Sejak tahun 2005 Surabaya membuat suatu city branding yang bernama Sparkling Surabaya. Sparkling Surabaya merupakan city branding yang sustainable. Terbukti dengan branding tersebut bertahan hingga sekarang. Sparkling Surabaya merupakan visi dan misi untuk membuat Surabaya menjadi kota yang gemerlap dan indah bagi para wisatawan ke depannya. Dari penelitian tersebut Agoes juga memaparkan siapa yang berperan penting dalam pembangunan Surabaya dan apa yang penjadi peran mereka. Berikut adalah orang-orang yang memiliki peran penting dalam pembangunan Surabaya

  • Pemerintah bertugas untuk membuat regulasi baru dan memperbarui fasilitas umum dan meningkatkan pembaruan daerah-daerah kuno yang dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat ising untuk datang ke Surabaya
  • Bisnis Privat bertugas untuk meningkatkan kualitas produk dan membuat program-program baru yang inovatif
  • Penduduk Lokal bertugas untuk membuat atraksi-atraksi baru yang dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat asing dan berpartisipasi di event yang ada herta menyambut masyarakat asing yang berkunjung ke Surabaya
  • Pengunjung yang berperan dalam memberikan tanggapan kepada city branding Surabaya dan beraktivitas dalam event yang ada di Surabaya

Selain membahas mengenai siapa saja yang memiliki peran penting dalam pembangunan Surabaya, Agoes juga memberikan faktor apa saja yang dapat meningkatkan kesuksesan pembangunan Surabaya agar menjadi destinasi wisata yang bagus untuk masyarakat

  • Arahan dan Kepemimpinan dari pemerintah
  • Partisipasi dari pemilik bisnis privat
  • Partisipasi dari orang-orang local
  • Kesadaran akan minat pengunjung yang datang ke Surabaya

Selain dari faktor tersebut, Agoes juga memberikan beberapa cara yang efektif untuk diterapkan agar pembangunan tersebut bisa menjadi efektif, cara tersebut adalah

  • Komitmen dari tiap pihak
  • Komunikasi yang baik antar pihak secara formal maupun informal
  • Promosi bersama mengenai kota Surabaya
  • Pengawasan dan evaluasi yang teratur mengenai penerapan brand di Surabaya