Singapura Surga Belanja

Merlion Statues, Singapore (www.straitstimes.com)

Singapura merupakan negara pulau yang terletak di Lepang ujung selatan Semenanjung Malaya. Walaupun tidak memiliki pemandangan alam yang khas, Singapura merupakan salah satu negara yang memiliki angka kunjungan wisatawan yang cukup tinggi di Asia. Sebagian besar objek wisata yang ditawarkan oleh Singapura adalah berupa wisata buatan manusia seperti taman hiburan, mall dan pusat perbelanjaan.

Wisata belanja sudah menjadi wisata andalan Singapura sejak lama, seluruh pelosok Singapura dipenuhi oleh mall dan pusat perbelanjaan. Karena daya tarik utama pariwisatanya adalah wisata belanja, Singapura juga mengadakan event tahunan yaitu Singapore Great Sale yang diadakan pada antara bulan Mei hingga Agustus. Saat event berlangsung hampir seluruh toko di seluruh Singapura yang bekerjasama menawarkan diskon hingga 70%.

Berikut ini adalah beberapa tempat belanja terkenal yang bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk mengunjunginya :

1. Bugis Street Market
Bugis Street Market merupakan sebuah pasar terbesar dan termurah di Singapura. Pasar ini berisi lebih dari 800 kios yang menjual berbagai macam produk mulai dari souvenir, baju, aksesoris, elektronik, kebutuhan rumah tangga, kosmetik, makanan dan minuman.

2. Bugis Junction
Bugis Juction merupakan mall yang memiliki konsep indoor dan outdoor. Department store dibagian indoor dan shopping street di bagian outdoor yang memiliki arsitekture bergaya kolonial yang unik.

3. Chinatown Street Market
Chinatown Street Market merupakan sebuah kawasan yang terbagi dalam beberapa area yang dipenuhi oleh dereta kios yang menjual berbagai macam pernak-pernik dan souvenir khas Singapura dan China.

4. Mustafa Centre
Mustafa Centre merupakan pusat perbelanjaan terlengkap di Singapura dan buka 24 jam. Toko ini menjual barang kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan minuman lokal Singapura maupun makanan impor dari negara lain.

5. Changi City Point
Mall yang tergolong baru dan terletak agak jauh dari pusat kota ini menjual high street brand dengan potongan harga yang cukup besar.

6. Clarke Quay Central
Mall ini merupakan tempat yang memiliki pemandangan indah karena memiliki akses langsung ke Singapore River.

7. Vivocity
Vivocity merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Singapura. Menariknya, mall ini juga memiliki akses langsung ke monorail untuk menuju Sentosa Island.

8. Lucky Plaza Orchard Road
Lucky Plaza merupakan mall yang biasanya diserbu oleh wisatawan untuk membeli oleh – oleh. Harga souvenir di toko ini bahkan lebih murah dari toko-toko souvenir di Chinatown.

9. Far East Plaza
Far East Plaza terletak di sekitar orchard road. Berisi toko-toko kecil yang menjual aneka kebutuhan seperti pakaian, sepatu, tas dan aksesoris murah.

10. Marina Bay
The Shoppes at Marina Bay Sands merupakan mall menengah ke atas yang memiliki arsitektur venetian yang sangat unit dan mewah. Mall ini memiliki semacam teras terbuka yang menawarkan pemandangan Singapore River dan patung Merlion.

Reference :
Seri Travel Writing – Shopping Guide Asia

Disusun oleh :
Mahasiswa Travel Writing Kelas A – Hotel and Tourism Business, Universitas Ciputra