Siapkah Pariwisata di Indonesia Menghadapi “New Normal”?

Hai teman-teman semua! Apa kabar nih? Pastinya selama PSBB ini kalian sangat rindu dengan traveling bukan? Nah, kali ini, kita akan membahas tentang pro dan kontra kesiapan “New Normal” di Indonesia khususnya di bidang pariwisata. Dan pertanyaan terbesar kita sebagai bagian dari industri pariwisata, apakah sudah benar-benar siap dengan “New Normal” ini? Mari
kita bahas lebih lanjut.

Baru-baru ini pemerintah Indonesia mengeluarkan peraturan “New Normal”. Dimana peraturan ini menandakan bahwa PSBB telah usai atau tidak lagi diberlakukan. Namun pemerintah memperingatkan untuk tidak tergesa-gesa dalam melakukan aktivitas sektor pariwisata, mempersiapkan, dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Peraturan “New Normal” akan dilakukan secara bertahap. Lalu bagaimana pro dan kontra masyarakat mengenai hal ini? Bagaimana jika ada yang tidak menaati protokol kesehatan?

Jenuh sekali bukan 4 bulan kita semua berada di rumah karena Covid-19 tak kunjung selesai. Perekonomian pariwisata menurun drastis. Maka dari itu pemerintah mengeluarkan peraturan new normal untuk membangkitkan perekonomian pariwisata dan memilihkan kehidupan normal seperti biasanya. Seluruh tempat wisata, akomodasi, transportasi, dan lain-lain yang banyak untuk tempat orang berkumpul memperketat protokol kesehatan untuk menjadi kenyamanan bagi pengunjung. Dengan menyediakan hand sanitizer, mencuci tangan setelah beraktivitas, tetap
menjaga jarak aman, dan menggunakan masker. Kita ambil contoh protokol kesehatan dan kebersihan hotel yang ada di seluruh Indonesia, kesiapannya benar-benar diperhatikan tamu akan melakukan self check-in tanpa bertemu dengan resepsionis, seluruh karyawan menggunakan APD lengkap seperti masker, sarung tangan, dan face shield, memperhatikan seluruh kebersihan fasilitas hotel, membatasi kedatangan tamu dan masih banyak lagi. Alex Sigeda Vice President Strategic Advisory & Asset Management JLL Hotels & Hospitality Asia Pacific, mengatakan banyak hotel yang mengupayakan untuk memperbesar ruangan sehingga aturan social distancing tetap dilakukan.

Tidak sedikit dari kita kurang setuju dengan adanya peraturan new normal ini. Karena bagi mereka itu hanya akan menambah pasien Covid-19 walaupun sudah ditetapkan protokol kesehatan yang ketat.

Indonesia hampir siap untuk melakukan new normal ini, namun jangan lupa untuk tetap melakukan protokol kesehatan yang sudah di tetapkan. Oh ya teman-teman, jangan lupa juga untuk melakukan rapid test dan membawa surat keterangan sehat apabila kalian bepergian sebagai bukti bahwa bebas dari virus Covid-19. Stay safe and stay health teman-teman!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *