Siapa nih, yang pengen kuliah Perhotelan? Peminatan jurusan kuliah harus dipikirkan secara matang. Salah satunya seputar hotel yang relevan dengan industri pariwisata di Indonesia. Jurusan ini sering dikaitkan dengan pekerjaan penuh keseruan, seperti diberikan kesempatan menikmati kemewahan di hotel.

Jika mendengar jenjang karir ini, pasti terlintas dipikiran teman-teman bahwa tempatnya mewah, bersih, serta terlihat sangat rapih memakai pakaian serba jas dan seragam yang modis. Terkadang bidang ini diremehkan dan kurang prospektif dibanding bidang lainnya.

Secara umum bidang ini di Indonesia tersebar dimana-mana mulai dari jenjang pendidikan SMK, Diploma, hingga Sarjana. Berkuliah di bidang ini, kamu tidak harus berasal dari SMK , karena jurusan ini terbuka untuk siapapun.

Namun apakah kamu sudah tau, kuliah perhotelan itu seperti apa? Apakah lulusannya harus selalu bekerja di hotel, seperti kita semua bayangkan? Untuk itu, kamu bisa dengan baik membaca penjelasan berikut.

Apa Itu Jurusan Perhotelan?

Jurusan perhotelan adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari dan mengembangkan bidang ilmu tentang pengelolaan perhotelan dan manajemen bisnis. Ilmu seputar khususnya dalam perencanaan, pengawasan pengelolaan jasa, memproduksi serta food & beverage.

Jurusan ini bertanggung jawab atas kepuasan para pelanggan, melindungi budaya lokal, memberikan manfaat bagi masyarakat dan bagi para karyawan. Seiring dengan banyaknya wisatawan, kamu akan dibekali kemampuan bahasa asing untuk menunjang pekerjaan.

Bidang ini seringkali menawarkan program studi vokasi dengan gelar Sarjana Terapan (D4) atau Ahli Madya Pariwisata (D3) meski ada juga bebepa kampus menawarkan program studi D1.

Trus, apa saja hal bakal dipejari di Jurusan Perhotelan?

Bidang tersebut berfokus pada manajemen bisnis, pengelolaan hotel, serta menunjang tempat wisata sebagai salah satu sektor mendatangkan profit relatif cukup besar. Materi yang dipelajari tergantung peraturan dari masing-masing program studi kampus tertentu.

Selama menjalani perkuliahan di bidang ini sudah pasti kamu akan mempelajari banyak hal terkait dunia hotel. Mulai dari operasional, produksi makanan dan minuman, pengelolaan kantor, resepsionis, manajemen tata garaha, keuangan dan pemasaran.

Terdapat beberapa mata kuliah pendukung seperti service management, resource management, marketing management, restaurants management, facility management, strategi management, dan masih banyak yang lainnya.

Alasan Untuk Memilih Jurusan Perhotelan

Jika kamu masih ragu untuk memilih jurusan perhotelan. Jangan khawatir karena dunia hotel berkaitan erat dengan tempat wisata atau bidang parawisata. Sehingga peluang kerjanya menjadi besar. Apalagi tempat wisata sedang berkembang pesat.

Selain itu, bidang seputar memiliki variasai bidang pekerjaan yang bisa kamu pilih. Seperti bisa bekerja pegawai kantor, juru masak, resepsionis, dan yang lainnya sesuai minat kamu. Selain itu juga kamu bisa mendirikan usaha kuliner, penginapan dan lainnya.

Prospek Kerja Bidang Perhotelan

Prospek kerja seputar hotel sangat menjanjikan, karena peluang kerjanya yang terbuka lebar dan gajinya pun tidak kalah kompetitif.

Beberapa prospek kerja yang bisa kamu ambil yaitu pegawai hotel, event organizer, wedding organizer, chef, wirausahawan, dan masih banyak lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu