Sejarah Thomas Cook

Apakah Anda pernah mendengar Thomas Cook? Mungkin Anda setidaknya pernah mendengar ataupun membaca tentang Thomas Cook. Siapakah Thomas Cook tersebut? Thomas Cook biasanya lebih dikenal dengan julukan Father of Modern Tourism. Hal ini dikarenakan oleh Thomas Cook merupakan orang pertama yang membuat group tour, Dia juga membuat group tour menjadi populer dan memiliki permintaan yang tinggi pada zamannya. Tentunya nama Thomas Cook tidak banyak diketahui di Indonesia. Dengan adanya Thomas Cook penggunaan tiket mulai banyak. Thomas Cook juga mengenalkan kupon yang berisi paket kereta api, hotel dan tiket makan. Mau tahu lebih lanjut? Yuk baca sejarahnya

Thomas Cook lahir pada 22 November 1808. Thomas Cook bukan merupakan orang yang kaya, Dia hanya bersekolah hingga usia 10 tahun sebelum harus bekerja untuk menafkahi keluarganya. Dia melakukan beberapa pekerjaan seperti menjadi asisten pengurus kebun dari pedagang lokal, kemudian dia juga menjadi pembuat mebel membantu pamannya, dia juga menjadi seorang pastor yang juga mengedarkan pamflet ke desa-desa untuk menyebarkan baptis ke desa-desa. Thomas Cook juga sangat aktif dalam Temperance Movement. Temperance Movement adalah sekelompok orang yang menentang penggunaan alkohol. Thomas Cook menganggap bahwa alkohol adalah salah satu penyebab dari berbagai permasalahan sosial yang sering terjadi.

Thomas Cook memulai karirnya sebagai Tour Leader pada tahun 1841. Karir ini dimulai pada saat dia menyewa kereta khusus yang dapat menampung kurang lebih 500 orang untuk menghadiri pertemuan Temperance Movement di Loughborough untuk 1 shilling/pax. Bisnis ini mendapat banyak respon yang positif, serta dukungan dari masyarakat sehingga Ia memutuskan untuk membuat penawaran yang lebih pada berbagai orang untuk ikut dalam group tour yang dibuat olehnya. Awalnya tur yang dibuat oleh Thomas Cook hanya untuk kelas bawah, tetapi dengan seiring waktu maka Thomas akhirnya dapat membawa banyak orang dari kelas menengah dan keatas, bahkan dia membawa keluarga kerajaan didalam tour yang direncanakan olehnya. Bisnis tour and travel yang dikerjakannya berkembang terus pesat, bahkan membawa tour keliling dunia. Pada saat tur tersebut Thomas Cook akhirnya untuk pertama kali datang ke Yerusalem, Thomas sangat berbahagia karena pada akhirnya dia berhasil datang ke kota yang sangat ingin dikunjungi olehnya. Thomas Cook juga membuat partnership dengan anaknya, setelah melakukan partnership maka Thomas Cook mengubah nama usahanya menjadi Thomas Cook&Son. Beberapa saat kemudian, ketika Thomas Cook sudah tua, Thomas terserang oleh penyakit yang membuatnya lemah dan kehilangan pengelihatannya sehingga hampir buta. Thomas juga berdebat dengan anaknya John Mason Cook karena Thomas merasa bahwa dia dipojokkan, dan pekerjaannya diambil alih oleh anaknya. Tetapi perdebatan ini berakhir setelah John Mason Cook menjelaskan bahwa ayahnya perlu pensiun dan sudah tidak dalam kondisi yang cocok untuk bekerja.

Seperti apakah tur yang dilakukan pada zaman Thomas Cook? Pada zaman Thomas Cook, tur yang ditawarkan oleh Thomas diminati oleh wanita yang tidak memiliki pasangan. Di era tersebut, hal ini terjadi karena pada zaman tersebut banyak wanita yang tidak dapat untuk bepergian sendiri saja. Pada zaman Thomas kereta api, kanal dan mesin uap sudah mulai populer, sehingga kegiatan tur semakin mudah, cepat dan efisien sehingga banyak peminatnya dan bisnis tur nya berkembang sangat pesat. Thomas Cook juga banyak dikritik oleh orang-orang dari status tinggi yang merasa bahwa orang-orang kelas bawah tidak boleh untuk melakukan tur karena mengganggu mereka yang memiliki status high class. Tetapi Thomas miliki pendapat berbeda. Thomas berpendapat bahwa semua orang memiliki hak untuk melakukan travel walaupun bukan kelas atas. Banyak kritik yang dilontarkan oleh orang-orang di masa lalu hanya memperkuat bisnis tur Thomas yang sekarang sudah menjadi salah satu travel agent yang paling tua berdiri.

Dari sejarah Thomas Cook, Kita diajarkan bahwa usaha yang keras akan menghasilkan buah yang indah pada waktunya. Thomas Cook lahir dan memulai karirnya dari pekerjaan yang biasa-biasa saja, tetapi dengan seiring berjalannya waktu, maka kerja keras dan inovasi yang dilontarkan oleh Thomas Cook membuahkan hasil yang sangat indah hingga saat ini. Terbukti dengan Travel Agent Thomas Cook yang menjadi travel agent paling tua, sekarang pun masih beroperasi dan terkenal di Eropa.