Relevansi Digitalisasi dalam Dunia Usaha by Anastasia Clara Vicky Nugraha

Indonesia saat ini sedang berada di masa revolusi industri 4.0 yang mana menuntun masyarakatnya untuk hidup berdampingan dengan teknologi digital yang semakin berkembang. Dengan adanya teknologi digital ini mampu membawa banyak perubahan di berbagai sektor, salah satunya adalah sektor usaha dan perekonomian. Dalam perekonomian Indonesia yang terus berkembang, teknologi digital bermain dengan handal sehingga menciptakan ekonomi digital yang terus meningkat dan menunjukkan arah positif1.

Lalu, apa sebenarnya makna dari ekonomi digital? 2Ekonomi digital merupakan fenomena yang terjadi karena munculnya teknologi digital. Hal ini menjadi sebuah pencerahan bagi bangsa Indonesia untuk menjadikan segala kegiatan ekonomi menjadi lebih praktis, efisien, dan mudah dari yang sebelumnya. Contoh dari ekonomi digital adalah kemunculan berbagai marketplace dan online shop seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan lain sebagainya; kehadiran Go-jek, Maxim, Grab; maraknya sistem pembayaran digital (dompet digital) seperti OVO, LinkAja, DANA, dan lain sebagainya3. Dengan adanya ekonomi digital, mampu membawa pengaruh positif yang sudah jelas tampak dari banyaknya penggunaan oleh masyarakat Indonesia.

Disamping itu, teknologi digital juga berpengaruh bagi sektor usaha di Indonesia yang mulai merintis kembali setelah pandemi Covid-19 melanda. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa pandemi selama kurang lebih dua tahun sudah membawa dampak buruk yang sangat besar khususnya bagi Indonesia, yakni banyak pekerja yang kehilangan pekerjaan, bisnis mulai tutup (bangkrut), dan lain sebagainya. Oleh karena pada masa sekarang yang mana pandemi sudah mulai mereda, banyak usaha-usaha yang mulai dirintis kembali bersamaan dengan adanya ekonomi digital yang kian marak. Dengan banyaknya usaha yang muncul, mulai dari usaha kuliner, fashion, jasa, pariwisata, dan lainnya, mampu menghasilkan persaingan usaha yang ketat.

Persaingan usaha dapat terjadi karena bertemunya banyak penjual dalam bidang yang sama dengan banyak pembeli yang memiliki kesukaan yang sama. Persaingan tersebut kemudian dipicu dengan adanya kemudahan digital yang diberikan oleh penjual. Kemudahan tersebut relevan dengan contoh ekonomi digital yang tadi sudah dibahas di atas. Di zaman yang serba digital, banyak pemilik usaha yang sudah sadar bahwa teknologi digital menjadi senjata utama bagi perkembangan bisnis mereka. Dengan kesadaran tersebut, muncul fenomena persaingan usaha dalam dunia digital seperti, setiap usaha berlomba untuk menjadi top seller di bidangnya dengan berbagai cara yakni menawarkan berbagai promo di segala marketplace serta pemilik usaha mulai memasarkan produknya melalui segala digital market yang ada. Dengan demikian, persaingan usaha yang terjadi akan semakin ketat. Keuntungan ingin dihasilkan sebesar-besarnya dengan memanfaatkan digitalisasi yang ada dan semakin canggih.

Dari segala penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa persaingan usaha dan ekonomi digital menjadi dua hal yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Melalui perkembangan ekonomi digital maka akan menimbulkan persaingan usaha yang ketat. Hal ini dikarenakan setiap orang dapat mengakses metode digitalisasi yang serupa sehingga penerapan digitalisasi yang dilakukan oleh satu usaha dengan lainnya akan serupa. Oleh karena itu, dalam persaingan usaha yang ada perlu dilakukan secara sehat agar sisi positif dari digitalisasi dapat dirasakan oleh semua orang baik dari sisi pelaku usaha maupun konsumen.

 

Reference :

1 KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN REPUBLIK INDONESIA. 2022.

“Tingkatkan Ekonomi Digital, Simak Potensi Dan Bahasan Menko Airlangga Dengan IBM”. Www.ekon.go.id. June 21, 2022. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4263/tingkatkan-ekonomi-digital-simak- potensi-dan-bahasan-menko-airlangga-dengan-ibm. Accessed 3 Nov, 2022.

2 Permana, Girindra. “Ekonomi Digital: Apa Itu, Pentingnya, Dan 8 Skill Untuk Dipelajari.” Glints Blog. June 17, 2022. https://glints.com/id/lowongan/ekonomi-digital/#.Y2UeaS8RppR.

Accessed 4 Nov, 2022.

 

3 Niken, Gisela. “Ekonomi Digital : Pengertian Dan Contoh-Contohnya”. Ajaib. Nov 18, 2020. https://ajaib.co.id/ekonomi-digital-pengertian-dan-contoh-contohnya/. Accessed 4 Nov, 2022.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu