Wisata Kota Tua Surabaya

Foto by : tripzilla.id

Bagi wisatawan penggemar wisata kota tua, pasti  selalu  haus untuk menikmati beragam keindahan dan kemegahan bangunan-bangunan tua dari masa lampau. Indonesia sebagai negara yang kaya akan sejarah tentu memiliki banyak peninggalan-peninggalan sejarah yang sudah seharusnya dilestarikan.

Salah satunya adalah kota Surabaya. Kota yang memiliki sebutan sebagai kota Pahlawan ini, memiliki bangunan warisan sejarah yang menarik. Adanya bangunan bergaya arsitektur Eropa maupun Tionghoa, dengan nilai sejarah yang tinggi menjadi bukti bahwa Surabaya memiliki warisan kota tua yang menarik.

Melihat semua itu, tentu sangat disayangkan untuk dilewatkan bagi para pecinta spot foto yang instagramable dan  juga pasti tertarik untuk berkunjung atau bahkan sangat hafal dengan lokasi-lokasi bangunan-bangunan tua di Surabaya.

Penasaran bukan, untuk kalian yang belum tau, yuk kita intip 5 bangunan sejarah yang ada di kota Surabaya.

  1. Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria

 

Foto by : aryhermawan.weebly.com

Salah satu Gereja tertua di Surabaya yang berada di Jl. Kepanjen No.4-6, Krembangan Sel., Krembangan. Gereja ini mulai dibangun pada tahun 1899 dengan bantuan arsitek W. Westmaas dari Semarang, dan diresmikan pada 5 Agustus 1900. Mempunyai arsitektur bergaya Eropa membuat Gereja ini wajib dikunjungi untuk belajar sejarah dari bangunan Gereja maupun hanya sekedar berfoto.

  1. Rumah Abu The

Foto by : instagram @haritagetrack

Sesuai dengan papan nama yang terpasang di atas pintu utama rumah ini tertulis Rumah Sembahyang Keluarga The Goan Tjing, dikenal juga dengan nama The Sie Siauw Yang Tjo Biauw. Namun, rumah yang berada di Jalan Karet, Surabaya ini ada juga sebagian masyarakat yang menyebutnya dengan Rumah Abu The.

  1. Hotel Majapahit

 

Foto by : Cagarbudaya.kemendikbud.go.id

Bangunan yang menjadi saksi peristiwa dirobeknya bendera Belanda menjadi babak baru perjuangan masyarakat Surabaya pada saat melawan penjajah. Tertarik untuk menginap dan merasakan pengalaman tidur di hotel yang kaya akan sejarah Surabaya ini? Datang langsung saja di Jalan Tunjungan Surabaya.

  1. Kantor Gubernur

Foto by : radevitiq.blogspot.com

Kantor Gubernur Jawa Timur di Surabaya merupakan salah satu cagar budaya yang dibangun sejak tahun 1929. Berada di Jalan Pahlawan No.110 tepat sebelah timur Tugu Pahlawan ini, gedung ini merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda. Bahkan banyak yang mengatakan ini merupakan bangunan peninggalan  belanda terbesar di Surabaya, memiliki jam raksasa di bagian menara gedung membuat bangunan ini semakin terlihat megah.

  1. Jembatan Merah

 

Foto by : ksmtour.com

Jembatan Merah yang berada di Jalan Kembang Jepun ini, pernah menjadi saksi hidup dari tentara Indonesia, khususnya pahlawan-pahlawan Surabaya yang berjuang melawan kolonialisme Belanda, memiliki sejarah yang cukup panjang tentang sejarah Kota Surabaya dan sampai sekarang menjadi salah satu ikon pariwisata kota Surabaya.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Surabaya ? Masih banyak lagi sudut kota tua yang ditawarkan, selain lokasi yang istagramable , wisata kota tua memiliki catatan sejarah yang luar biasa bukan.

Penulis : Bagus Septyan Tri Pamungkas

Mahasiswa Hotel & Tourism Business, Fakultas Pariwisata, Universitas Ciputra Surabaya