Perkembangan Persaingan Usaha yang Sehat di Indonesia Membantu Mewujudkan Misi Indonesia di 2045 by Ruud van Nistelrooy 

Pada era sekarang, Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk meningkatkan perekonomiannya. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak sekali jenis usaha yang mampu dikembangkan untuk dapat membantu Indonesia menjadi negara yang Makmur. Sejatinya Indonesia memiliki misi untuk menjadi negara ekonomi terbesar keempat di dunia yang ditargetkan pada tahun 2045. Oleh karena itu, persaingan usaha harus diarahkan menuju kearah yang lebih baik lagi dan dapat bersaing secara sehat. Jika dilihat, ada kurang lebih 12 jenis usaha yang ada di Indonesia yang menjadi poin utama yaitu, pertanian, peternakan, perikanan, perindustrian, perdagangan, pertambangan, transportasi, pariwisata, Teknologi Informasi, & Komunikasi, sektor jasa, usaha formal, dan informal. Tentunya ke-12 jenis usaha ini memiliki persaingannya masing-masing.

Di tahun 2019 kemarin, Indonesia harus dihadapkan dengan keadaan yang cukup buruk yaitu pandemi Covid-19. Hal inilah yang membuat Indonesia menjadi terhambat untuk mencapai misi menjadi negara perekonomian terbesar. Ada banyak usaha yang mengalami kerugian sehingga membuat persaingan usaha menjadi menurun. Tetapi, setelah mampu melewati masa sulit itu, di tahun 2021 Indonesia mulai menemui titik terang dengan adanya usaha-usaha yang sudah mulai berkembang kembali dan bangkit dari masa terpuruknya. Dengan meningkatnya usaha-usaha ini, Indonesia perlu membangun persaingan usaha yang sehat dengan himbauan kepada seluruh sektor usaha. Dengan demikian Indonesia dapat menjadi negara yang dipandang oleh negara lain dan dijadikan sebagai tolak ukur bagi negara lain.

Untuk membantu mencapai misi ini, KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) membuat suatu program yauti Indonesia menuju Industrialisasi 4.0. Program ini membantu mengatur persaingan usaha di Indonesia menuju ke arah yang lebih positif mengingat masi ada banyak usaha yang bersaing secara tidak sehat dengan menjatuhkan satu sama lain. KPPU juga mengawasi kebijakan Pemerintah yang tidak pro dengan persaingan, sehingga keadaan pasar dapat diatur dengan baik dan efisien serta dapat berjalan sesuai dengan prinsip persaingan. Berdasarkan kutipan yang dikeluarkan oleh KPPU, Kodrat Wibowo selaku kutua menginginkan para pelaku usaha untuk

 

bersaing secara sehat dan bukan bersaing secara bebas. Hal ini ditujukan agar KPPU dapat meniliti bentuk-bentuk pasar tentang konsentrasi Industri agar mudah dipantau.

 

Menurut salah satu sumber, persaingan yang sehat didefinisikan sebagai bentuk usaha yang memperhatikan keunggulan dari masing-masing produk yang dijual oleh seseorang maupun badan hukum dalam bidang produksi, perdagangan, dan pertahanan. Maka dari itu, program yang jelas dari KPPU ini mengharapkan agar setiap pelaku usaha mampu untuk bersaing sehat yang tidak menjatuhkan usaha lain sehingga dapat bersama-sama memajukan sektor perekonomian Indonesia. Secara Tidak langsung hal ini turut serta dalam membantu usaha-usaha lain utnuk berani bersaing dan mengembangkan bisnisnya sendiri.

 

Untuk menjadi persaingan usaha yang sehat, suatu perusahaan harus memiliki pondasi yang kuat terutama dari sisi digital yaitu penguasaan data dan keberadaan jaringan. Dengan pondasi yang sudah dibentuk ini tentu memudahkan pengusaha untuk membentuk jaringan informasi dan pengumpulan data dalam jumlah besar. Perusahaan yang sudah mengarah pada system digital akan lebih mudah di arahkan agar tidak terjadi persaingan bebas yang merugikan banyak pihakAdanya ketepatan data dan informasi yang benar menguatkan para pelaku usaha untuk bisa bersaing dengan baik karena dapat menjual produknya dengan keunggulannya sendiri.

 

Untuk menjadi ekonomi yang mampu kompetitif, pelaku usaha perlu menerapkan sitem yang komparatif dan juga kolaboratif. Hal ini bertujuan agar pelaku-pelaku usaha dapat saling mendukung sektor usaha satu sama lain sehingga tercapai persaingan yang sehat, yang saling membangun, dan saling berkembang menjadi usaha yang besar. Persaingan usaha yang sudah kondusif membangun banyak pelaku usaha terus berkembang dalam dunia usaha. Hal ini memicu banyak anak muda untuk mulai mengembangkan bisnisnya. Memandang sesuatu yang positif, menjadi daya tarik yang serius bagi banyak orang untuk negara ini dapat berkembang dalam segala sektor usaha sehingga tidak menutup kemungkinan akan ada banyak usaha yang bersahil dan membantu negara untuk semakin sehat perekonomiannya.

 

Ketika sudah mencapai titik industrialisasi 4.0 dimana para pelaku usaha sudah bersaing secara sehat serta dapat dikendalikan dengan baik, hal ini dapat menjadi menarik perhatian dunia terhadap

 

negara Indonesia karena berhasil membangun perekonomian yang makmur. Indonesia dapat dijadikan sebagai panutan bagi negara lain yang kemudian berpengaruh terhadap nilai investasi Indonesia. Akan ada banyak negara yang bersaing juga untuk melakukan investasi di Indonesia yang semakin meningkatkan kemakmuran negara ini. Secara kesimpulan, persaingan usaha yang sehat meningkatkan Dengan demikian, misi Indonesia di tahun 2045 dapat mudah tercapai dan lebih cepat untuk dicapai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu