Pentingnya sebuah informasi marketing dan kejujuran influencer terhadap pertumbungan ekonomi by Esther Caroline Yosua

Dalam dunia bisnis, setiap pengusaha memiliki aturan yang mengatur agar bisnis berjalan dengan baik dan memiliki persaingan usaha yang sehat. Hal ini juga diterapkan dalam dunia marketing sebuah perusahaan sangat perlu untuk bertindak dengan baik, sehat dan tepat. Cara kerja marketing yaitu antara lain dengan memberikan informasi jujur dan tidak berlebihan terkait brand. selain itu dari pihak marketing perusahaan dalam hal memberikan informasi ke influencer sebaiknya dengan tepat dan jujur

Semua perusahaan memiliki harapan untuk dapat dikenali dan diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu bantuan dari marketing sangatlah penting dalam perjalanan bisnis sebuah perusahaan. Untuk dapat dikenali dan diminati masyarakat perusahan perlu mengeluarkan sejumlah dana yang cukup besar untuk sebuah promosi iklan. Seperti membayar seorang artis papan atas sebagai wajah iklan dari brand perusahaan tersebut,

Melaui kasus iklan susu kental manis dalam jurnaljihan.com, dapat di lihat bahwa iklan yang tidak jujur dan kurang benar adanya terkait bahan utama yaitu susu sehingga adanya perubahan nama menjadi kental manis saja. Melalui kasus iklan tersebut yang tidak jujur tentu dapat merugikan konsumen. Selain itu juga terkait iklan pemutih kulit dalam beberapa hari dan tanpa efek samping (Syahfauziah, 2022).

Hal ini sangat penting untuk perusahaan bisa mengatur marketing iklan dengan baik.

Selain itu kedua belah pihak antara tim marketing dan influencer dapat mendiskusikan dengan baik dan bekerja dalam hal yang benar. Dimana tim marketing dan influencer mengetahui batasan informasi yang akan dibagikan apakah benar apa adanya dan tidak ada paksaan. Dikarenakan informasi influencer dan artis sangat memiliki pengaruh yang penting terhadap masyarakat atau penggemarnya dalam pengambilan keputusan dalam membeli suatu brand yang di inginkan

Pemberian informasi yang tidak benar melalui publikasi influencer yang terkenal akan membuat persaingan bisnis perusahaan yang tidak sehat, yaitu sebuah pembohongan publik yang ditutupi oleh kemanisan dari influencer. Hal ini akan merugikan pihak konsumen yang memakai brand tersebut selain itu kerugian terhadap pihak perusahaan yang sehat dan jujur. Hal tersebut diatur dalam undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Dalam undang-undang perlindungan konsumen tertulis pemberian informasi yang tidak tepat dan jujur dapat dikenakan sanksi.

Mengapa terkait pemberian informasi dari tim marketing perusahaan ataupun influencer adalah hal penting?

Karena perusahaan bertanggung jawab dengan informasi yang disampaikan ke publik harus jujur dan tepat. Hal ini juga perlu pihak penanggung jawab untuk menyeleksi informasi iklan yang akan disampaikan ke publik agar tidak membuat konsumen dirugikan. Selain itu, hal ini merupakan persaingan yang tidak sehat atau adil bagi perusahaan yang melakukan dengan jujur

 

References

Syahfauziah, J. (2022, January 13). iklan tidak jujur dan dilebih-lebihkan bagaimana hukumnya ? pp. https://jurnaljihan.com/2022/01/13/iklan-tidak

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu