Penginapan Gratis di Seluruh Dunia

Seiring dengan perkembangan teknologi, dunia hospitality juga ikut mengalami perkembangan, Couchsurfing contohnya. Sebuah situs yang memberikan anggotanya kesempatan untuk menginap gratis (free of charge). Situs tersebut bernama Couchsurfing yang dapat diakses lewat website atau mobile appsCouchsurfing sendiri adalah sebuah hospitality situs dan layanan jejaring sosial, untuk para anggotanya bisa mendapatkan pengaturan tempat menginap.

Dalam Couchsurfing tersebut ada yang berperan sebagai Host/penjamu yaitu penyedia tempat untuk siapa saja yang ingin travelling di kota atau negara tersebut. Dan para Host/penjamu tersebut tidak menarik biaya sama sekali kepada member Couchsurfing untuk biaya penginapannya.

Sumber Gambar
https://www.couchsurfing.com/

Karena hal tersebut, pengguna jasa Couchsurfing ini bersifat sukarela tergantung dari kesepakatan member dan juga penjamu/host. Akomodasi yang ditawarkan biasanya adalah rumah milik pribadi yang memang disediakan untuk member yang ingin bermalam.

Semua bersifat seadanya dan tak sedikit pula penyedia tempat hanya menyediakan sofa (couch) untuk para member yang ingin bermalam, ada juga yang menyediakan kamar beserta perlengkapan tidurnya bahkan ada yang hanya menyediakan semacam ruang yang tidak ada isinya apa-apa melainkan hanya kamar kosong atau lantai, dan ada yang menyediakan hanya kasur lipat.

Sumber Ganbar
https://www.tripsavvy.com/what-is-couchsurfing-1458737

Masalah durasi atau jangka waktu menginap tamu, dapat dibicarakan sebelumnya. Dalam aplikasi Couchsurfing tersebut ada penjelasan mengenai host/penjamu mulai dari lokasi terdekat serta penjelasan apakah orang tersebut menerima tamu atau tidak.

Bahkan lebih menariknya dari aplikasi ini adalah kita dapat bertemu dan bercakap-cakap dengan para member lainnya. Bahkan ada acara untuk kumpul bersama-sama para member lainnya yang di announce di situs tersebut. CouchSurfing juga membantu para traveler untuk dapat membuat itinerary (jadwal perjalanan) dalam situs tersebut.

Saat ini, jumlah anggota CouchSurfing sudah mencapai angka 14 Juta pengguna, dan sudah ada 200 ribu kota dan negara dari para host dan member yang sudah mendaftar dalam situs ini. Couchsurfing memiliki 400 Ribu host/penjamu yang aktif. Berminat mencoba?

 

Penulis : Misycella Moelyono

Student of Hotel and Tourism Business, Universitas Ciputra Surabaya