Masih di kondisi pandemi saat ini, salah satu sektor yang juga terdampak adalah Event Business. Supaya bisnis event tetap bisa berjalan, maka salah satunya dengan mengadakan acara yang sifatnya hybrid, artinya bisa dilakukan secara offline namun disiarkan online.

Tim dari mahasiswa jurusan Hotel and Tourism Business, Universitas Ciputra berhasil menjadi juara 2(dua) Kompetisi Pariwisata Indonesia dalam kategori Business Event Proposal dalam kompetisi yang diadakan oleh Politeknik Negeri Bandung pada 28-29 Juni 2021.

Tim yang beranggotakan mahasiswa angkatan 2020 Theresia Rianatika Tulimau, Ruud Van Nistelrooy Tanuwijaya dan Stefanie Angelia Suhartono menceritakan pengalaman mereka dalam wawancara berikut:

Apakah Tema Kompetisi yang kemarin diikuti? 

Kompetisi ini adalah tentang pembuatan proposal business event dan tahun ke-11 ini bertemakan pertunjukan/konser musik yang sifatnya hybrid (dilakukan offline dan disiarkan online).

Bisakah diceritakan proposal bisnis yang Anda ajukan dan mengapa Anda memilih tema tersebut? 

Kami mengusung tema Festival Gema Virus 6 Nusantara. Proposal ini merupakan sebuah festival dengan kolaborasi musisi muda yang sudah diseleksi dari 34 provinsi dan juga musisi papan atas Indonesia. Mereka akan berada di panggung yang sama dan menampilkan keindahan Indonesia. 

Kami memilih tema ini karena musik dan pariwisata merupakan bagian dari dunia hiburan dan semua orang pasti sedikitnya memiliki minat pada musik dan keindahan. Selain itu, masyarakat juga cenderung memiliki pengeluaran yang cukup tinggi pada bagian leisure dan tourism. Perpaduan ini dapat menghibur dan memiliki peluang untung yang besar karena akan terus meningkat. 

Hal apa saja yang Anda persiapkan dalam proses pembuatan proposal bisnis tersebut?

Tentunya kami mencari informasi tentang musik, konser dan ahlinya sambil juga mengumpulkan hal-hal yang menunjang kegiatan konser tersebut. Kemudian kami merancang kegiatan dan menentukan budget. Selain itu, kami juga berkonsultasi pada dosen pembimbing dan kaka tingkat yang pernah mengikuti lomba Business Event Proposal sebelumnya. 

Harapan Anda terhadap dunia event untuk kedepannya?

Harapan kami agar event di era pandemi ini bisa dikemas lebih seru dan menarik minat anak muda untuk mengikuti acara tersebut. Tentunya, apabila bisa dilakukan secara offline, maka event yang diadakan pasti lebih menyenangkan, karena pengalaman dan atmosfer yang didapatkan secara langsung. Kami juga berharap semoga kondisi bumi menjadi lebih baik, dan dalam era new normal semoga dunia event terus berkembang, menjadi wadah yang baik dalam meningkatkan perekonomian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu