Labuan Bajo di Pulau Flores

sumber gambar : youtube.com/the jakarta post

Labuan Bajo, adalah kota kecil yang kurang dikenal. Namun, saat ini kota kecil yang tenang, cantik dan terletak di ujung barat Pulau Flores itu semakin dikenal dunia pariwisata sebagai andalan Nusa Tenggara Timur. Kota Labuan Bajo adalah salah satu pintu gerbang bagi wisatawan untuk memasuki kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) dengan atraksi utama Komodo (Varanus Komodoensis) atau dalam bahasa lokal orang  Manggarai menyebutnya Ora. Taman Nasional Komodo (TNK) terletak di Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat  sebuah kabupaten yang terletak di bagian barat Pulau Flores, dengan ibukota Kabupaten Labuan Bajo.

sumber gambar : ibenimages.com

 

Secara umum objek wisata di Kabupaten Manggarai Barat dikelompokan menjadi tiga bagian yaitu Wisata Taman Nasional Komodo, Wisata Bahari dan Wisata Alam Nudaya. Namun andalan atraksi wisata Manggarai Barat adalah satwa Komododo kawasan  Taman Nasional Komodo. Komodo merupakan habitat satwa reptilia purba yang tersisa di bumi ini. Kondisi 2 alamnya demikian unik. Padang savana  luas yang ditumbuhi pohon lontar (Borassus flabellifer), sumber air yang terbatas dan suhu yang cukup panas menjadikan kawasan ini unik, sunyi, keras, dan eksotis.

sumber gambar : backpackerjakarta.com

Taman Nasional Komodo telah menarik perhatian dunia, tidak hanya kerena sebagian tempat tinggal bagi kadal terbesar didunia, Komodo, tetapi juga karena keanekaragaman lautnya yang luar biasa kaya denganterumbu karang, dan perairan terbuka yang mengelilinginys. Pulau Komodo adalah salah satu pulau di dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) yang menjadi daerah tujuan wisata yang diminati oleh wisatawan.

Sumber gambar : http://maxlifeindonesia.over-blog.com

Di Labuan Bajo wisatawan juga bisa mengunjungi Pantai Pink( hamparan pasir pantai berwarna Pink ), Pantai pede, Gua Batu Cermin, Air Terjun Cunca Rami, Danau Sano Nggoang, Pulau Rinca, Palau Kanawa dan Pulau Bidadari. Objek-objek tersebut menawarkan keindahan alam yang sangat menawan, tidak kalah dengan Pulau Komodo. Pantai-pantai tersebut memang belum sepopuler seperti Pulau Komodo namun dijamin wisatawan akan puas bila mengunjungi objek-objek tersebut.