Jelajahi Air Terjun di Indonesia

Hai teman-teman! Selamat Hari Raya Kemerdekaan Indonesia untuk kita semua! Walau sudah lewat nih tanggal 17 Agustus, tapi suasananya tetap suasana kemerdekaan ya!

Teman-teman sudah kangen liburan ya? Eits.. tunggu dulu, kita masih ada di tahap New Normal bukan? Yap! Bukan berarti kita sudah bebas untuk bepergian ya! Kalian bisa lho mulai dari sekarang merencanakan liburan setelah pandemi ini. Dan siapa tahu pembahasan tentang beberapa air terjun ini bisa menjadi referensi kalian untuk berlibur nantinya!

Pada pembahasan kali ini, yuk kita berwisata alam ke air terjun yang ada di Indonesia. Cocok nih buat kamu yang suka dengan pemandangan alam yang masih alami, menjadi salah satu pilihan wisata alam yang mungkin akan kalian kunjungi setelah pandemi dan tentunya instagrameble pastinya! Mau tahu ada apa aja? Yuk kita simak bersama!

1. Sipiso-piso

Air terjun Sipiso-piso adalah salah satu keindahan alam yang terdapat di Pulau Sumatera, tepatnya di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara. Air terjun dengan ketinggian air yang mencapai 120 meter ini termasuk salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Nama Sipiso-piso disebut oleh masyarakat setempat karena air yang mengalir deras dari atas jurang yang curam tersebut dari kejauhan tampak seperti pisau. Dan dalam bahasa batak pisau disebut piso oleh air terjun ini dinamakan air terjun Sipiso-piso. Air terjun ini berada pada ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan air laut. Untuk menikmati objek wisata ini dari dekat, wisatawan harus menuruni 500 anak tangga, namun jika tidak kuat wisatawan dapat menikmati pemandangan melalui pos pengamatan.

Akses untuk mencapai air terjun tersebut dapat ditempuh menggunakan jalur darat. Ada transportasi umum yang dapat mengantar pengunjung sampai air terjun yaitu Bis Sinabung Jaya dengan tarif Rp.25.000 menuju Kota Kabanjahe, setelah sampai perjalanan akan dilanjutkan dengan bus lain dengan tujuan Danau Toba. Total perjalanan memakan waktu hingga 2.5 jam. Tiket untuk memasuki area air terjun untuk kendaraan motor dikenakan seharga Rp5.000 dan untuk mobil Rp.10.000 serta perorang dikenakan Rp.2.300. Fasilitas di sekitar air terjun termasuk sudah memadai, Adanya lahan parkir yang luas serta tempat makan dan penginapan di Desa Tongging dan Desa Kabanjahe dan terdapat toko souvenir juga di sekitar Desa.

2. Dua Warna Sibolangit

Air terjun yang satu ini terletak didaerah yang sama dengan Sipiso-piso yakni Sumatera Utara tepatnya di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Seperti tempat wisata alam lainnya, air terjun ini memiliki cerita atau legenda di dalamnya. Bermula dari letusan Gunung Sibayak yang terjadi ratusan tahun lalu, dan sumber mata air yang mengalir ke lokasi Dua Warna Sibolangit ini juga berasal dari Gunung tersebut sehingga mendatangkan warna air yang indah yakni warna biru muda dengan air dingin menyegarkan berada di atas, sedangkan dibagian bawahnya berwarna putih keabuan dengan air hangat.

Untuk mencapai area air terjun ini wisatawan harus menempuh jarak sekitar 75 kilometer dari kota Medan, dan setelah sampai di pintu masuk utama bumi perkemahan Sibolangit, wisatawan dapat menyewa jasa pemandu lokal atau tour guide yang dikenakan tarif sebesar Rp.100.000 – Rp.300.000 tergantung pada penawaran harga. Waktu yang akan ditempuh untuk mencapai air terjun sekitar 2-3 jam. Untuk memasuki kawasan dikenakan tiket sebesar Rp.25.000. Fasilitas di sekitar kawasan tidak ada karena masih alami dan disekitarnya hanya terdapat hutan. Namun, wisatawan dapat berkemah di sekitar area untuk menikmati waktu dan suasana alam disana.

3. Penimbungan

Berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, tepatnya di kaki Gunung Rinjani. Bagi teman-teman yang mau berkunjung ke Air Terjun Penimbungan bisa melewati jalur pendakian Torean yang mengarah ke Gunung Rinjani. Sumber air yang dihasilkan oleh air terjun ini berasal dari Segara Anak yang merupakan sebuah danau bekas letusan Gunung Rinjani. Air Terjun Penimbungan ini memiliki ketinggian 100 meter.

4. Sekumpul

Buat teman-teman di sini ada yang berasal dari Bali? Nama Air Terjun Sekumpul tidak asing bukan untuk kalian? Yap! Tempat wisata populer ini berada di Kabupaten Buleleng, Pulau Dewata Bali. Ini bisa menjadi salah satu alternatif destinasi wisata kalau kamu berkunjung ke Bali lho! Tidak hanya terkenal dengan pantainya saja, ternyata Bali juga punya tempat wisata yang tidak kalah indah salah satunya Air Terjun Sekumpul ini. Air Terjun Sekumpul memiliki ketinggian 40 meter. Dari kejauhan sebelum sampai di air terjun ini, kita bisa melihat sekumpulan air terjun yang ada di sana, diantaranya 2 air terjun sekumpul, 3 air terjun fiji, dan 2 lainnya belum diberi nama. Warga di sana menyebutnya ​Seven Point Waterfall, yang cocok sekali dengan namanya yaitu Air Terjun Sekumpul.

5. Bissappu

Beralih ke Pulau Sulawesi, di sini ada destinasi yang terkenal dan tidak kalah indah pemandangannya yaitu Air Terjun Bissappu. Terletak di Kabupaten Bantaeng, Dusun Bissappu, Desa Bonto Salluana, Kecamatan Bissappu, Sulawesi Selatan, dengan ketinggian kurang lebih 50 meter. Ada cerita unik nih dibalik keindahan Air Terjun Bissappu ini. Menurut cerita dari masyarakat, pada zaman Kerajaan Sawerigading, ada seorang putri yang hamil diluar ikatan pernikahan dan harus ditenggelamkan ke laut atau air, jika tidak maka akan ada dosa dan bencana. Ketika badan sang putri sudah berada di dasar air, air tersebut kemudian tersumbur ke atas atau dalam bahasa Makassar ​Konjo > ​Jenne Tassappu yang memiliki arti jatuh dari ketinggian.

6. Coban Tumpak Sewu

Air terjun Tumpak Sewu di Jawa Timur disebut-sebut mirip dengan air terjun Niagara di Amerika Utara. Air terjun ini memiliki pemandangan sangat indah dengan latar belakang Gunung Bromo dan Semeru.

Tak heran jika air terjun ini disebut sebagai yang paling indah di Indonesia. Perpaduan air terjun dengan pemandangan gunung menciptakan daya tarik yang sangat memikat. Oleh karena itu, jika berkunjung ke Jawa Timur, air terjun Tumpak Sewu atau yang dikenal dengan Coban Tumpak Sewu ini pantang teman – teman lewatkan.

Air terjun dengan ketinggian ± 120 meter ini berada di lembah curam memanjang pada elevasi 500 meter di atas permukaan laut. Coban Sewu berhulu di Gunung Semeru dan membentuk aliran sungai Glidih Lumajang.

 

7. Sri Gethuk

Beralih ke Jawa Tengah yuk! Selain terkenal dengan makanan khasnya yaitu Gudeg dan Keraton, Yogyakarta memiliki wisata alam yang tidak kalah seru, indah, dan menarik, tepatnya di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, yaitu Air Terjun Sri Gethuk. Teman-teman disini ada yang berasal dari Jogja? Sudah pernah mengunjungi? Atau teman-teman dari luar Jogja ada yang sudah tahu dan pernah mengunjungi air terjun ini? Atau belum tahu tentang air terjun ini? Nah.. supaya kita sama-sama tahu, yuk simak!

Air Terjun Sri Gethuk ini menjadi objek wisata Gunung Kidul. Memiliki 3 sumber mata air, yaitu mata air ngandong, mata air dohpoh, dan mata air ngumbul. Air Terjun Sri Gethuk ini juga memiliki mitos yang masih dipercaya yang memiliki kaitan dengan “penunggu” sekitar objek wisata. Konon katanya, Sri Gethuk merupakan kerajaan yang dipimpin oleh Raja Anggo Menduro yang menyukai musik tradisional Jawa. Nah, menurut pengakuan pengunjung yang pernah datang ke air terjun ini, mereka samar-samar mendengar musik gamelan tersebut. Warga sekitar menyebutnya Sri Kethuk yang diubah menjadi Sri Gethuk.

Biaya masuk ke air terjun ini sebesar Rp.10.000, untuk menyewa pelampung sebesar Rp.5.000, dan untuk menyewa perahu sebesar Rp.30.000. Ada 2 cara untuk sampai ke air terjun ini, pertama menggunakan perahu selama 15 menit dan kedua bisa juga dengan ​trekking.

Daftar Pustaka

https://www.nativeindonesia.com/air-terjun-sipiso-piso/

https://www.wego.co.id/berita/sipiso-piso/

https://jejakpiknik.com/air-terjun-dua-warna/

https://nativeindonesia.com

https://pedomanwisata/wisata-alam/air-terjun/air-terjun-penimbungan-tempat-favorit-para-penda

ki-gunung-rinjani-di-lombok

https://.balitoursclub/air-terjun-sekumpul/

https://makassar.terkini.id/gemuruh-air-terjun-bissapu-pemecah-keheningan-butta-toa/

https://indonesiakaya/jelajah-indonesia/detail/menikmati-kesegaran-gemercik-air-terjun-bissapu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *