Hongkong – Asia’s World City

“Hongkong has created one of the most successful socialites on earth” by Prince Charles

Hongkong terletak pada bagian Tenggara Tiongkok merupakan salah satu negara yang terkenal akan pariwisata nya. Fakta menarik dari Hongkong yang masih belum banyak diketahui orang adalah arti nama dari Hongkong itu sendiri, Hongkong memiliki arti pelabuhan yang wangi, dalam bahasa Cina biasa disebut dengan Heung dan Gong. Fakta Menarik lainnya adalah kita bisa berbicara Hongkong tanpa perlu menggerakkan lidah dan bibir.

Hongkong memiliki tujuan wisata terkenal mulai dari pemandangan kota yang indah terletak dibagian atas dari Victoria Peak atau biasa dikenal dengan nama The Peak yang memiliki ketinggian 552 Meter, yang menjadikan Victoria Peak menjadi tempat tertinggi di Pulau Hong Kong. Faktor tersebut menjadikan Victoria Peak sebagai tempat yang memiliki pemandangan terbaik di Hongkong.

Sebelum menuju The Peak pengunjung bisa menggunakan The Peak Tram yang terkenal dengan trem kabel pertama di Asia pada tahun 1888 dan tetap menjadi salah satu rel kabel tertua dan rel kabel paling curam di dunia. Tram ini dapat berfungsi dua arah yang dimana bisa mengangkut pengunjung untuk naik ke Peak Tower dan bisa membawa pengunjung turun dari Peak Tower menuju tempat semula. Saat perjalanan menggunakan Tram ini pengunjung dapat menikmati pemandangan indah kota Hongkong.

Sumber Foto: https://www.thepeak.com.hk

 

Sumber Foto: http://en.traxmag.com

Kemudian ada Symphony of Lights yang terletak di deretan Victoria Harbour atau Ave of Starts yang berada di kawasan Tsim Sha Sui. Symphony of Lights adalah sebuah pertunjukan cahaya dan suara. Dimana Symphony Of Lights juga masuk dalam Guiness World Records sebagai pertunjukan sinar cahaya permanen dan pertunjukan suara terbesar di dunia. Pertunjukan cahaya yang berpadu dengan musik menjadikan pertunjukan ini sebagai ikon Hongkong yang membawa kesan elit dan glamor.

Sumber Foto: https://www.discoverhongkong.com 

Hong Kong Disneyland juga menjadi salah satu destinasi favorit yang merupakan sebuah taman hiburan buatan Walt Disney Company dengan bantuan dari pemerintahan Hongkong, Disneyland ini sudah dibuka pada tanggal 12 September 2005 yang merupakan Disneyland terbesar ketiga diluar Amerika. Hong Kong Disneyland ini terletak di sebelah Teluk Penny, Pulau Lantau, Hong Kong.  Disneyland ini termasuk dalam taman hiburan yang terbesar di Hongkong. Tak hanya atraksi permainan saja yang ada didalam Disneyland Hong Kong ini, tetapi ada juga ada parade yang ada didalam ruangan maupun diluar ruangan juga tersedia, selain itu ada souvenir shop, kantin untuk makan berat, food stall kecil-kecil seperti popcorn, ice cream, dan lainnya.

Sumber Foto: https://lajollamom.com

Lalu ada Cable Car The Ngong Ping yang terletak di Pulau Lantau, Cable Car ini terhubung antara Ngong Ping dan Tung Chung. The Ngong Ping Cable Car ini dulunya dikenal sebagai Tung Chung Cable Car Project. Dimana cable car ini menjadi Cable Car paling panjang di Asia, Cable Car tersebut akan membawa penumpang untuk mengunjungi Big Buddha yang dikenal sebagai Tian Tan Buddha, dan Po Lin Monastery, tak hanya itu saja tetapi juga ada souvenir shop, tea shop, tempat makan, dan lainnya.

Destinasi wisata lain yang dapat dikunjungi saat ke Hongkong adalah Madame Tussauds yaitu sebuah Museum Lilin yang terletak di Peak Tower, Pulau Hong Kong. Museum ini adalah Museum Lilin dari Madame Taussauds yang pertama ada di Asia. Museum ini menyimpan kurang lebih 100 patung lilin yang terdiri dari tokoh-tokoh yang berasak dari Asia, dan kurang lebih ada 16 patung lilin yang diantaranya adalah tokoh yang berasal dari Hongkong sendiri.

 

Sehingga pada tahun 2012 Hongkong sempat masuk dalam destinasi wisata favorit oleh China Travel & Meeting Industry Awards 2012 yang disorganisasi oleh majalah travel weekly sebagai “Best FIT Destination of the Year”. Hongkong juga meraih “Best City for MICE Events” dalam Industry Awards tahun 2012 yang disorganisasi oleh majalah Asia Pasifik, CEI.

Penulis : Misycella Moelyono

Student of Hotel and Tourism Business, Universitas Ciputra Surabaya