Gunung Kelimutu atau Gunung Kilimanjaro, Memberikan Tantangan Sekaligus Keindahan

Hai Sobat Traveler! Gimana nih kabar kalian? Semoga kalian semua sehat-sehat terus ya! Sudah 6 bulan lebih nih, kita semua berkegiatan di rumah saja untuk mencegah penyebaran Covid-19. Saya yakin kalian sudah berangan-angan untuk segera liburan. Pada artikel kali ini, saya Julietta Cesilia Wahyudi, mahasiswi Hotel and Tourism Business, Universitas Ciputra akan memberikan rekomendasi untuk destinasi wisata yang wajib kamu datangi setelah pandemi usai. Untuk kamu para pecinta alam, apalagi bagi penggemar kegiatan naik gunung, harus nih datang ke salah satu gunung yang akan kita bahas bersama! Penasaran gunung apa yang akan kita bahas? Yuk sama – sama kita lihat.

Gunung Kelimutu 

Sumber : www.nttonlinenow.com

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda.

Kelimutu sendiri merupakan gabungan dari kata “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih. Gunung Kelimutu sendiri memiliki danau yang sangat indah.

Berikut ini aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat mendaki Gunung Kelimutu :

1.Nikmati sunrise yang indah

Sunrise yang terlihat dari Danau Kelimutu termasuk salah satu pemandangan terbaik dan terindah di Flores. Selain menikmati keunikan dan panorama indah danau, wisatawan yang datang ke sini juga karena ingin menyaksikan sunrise yang indah di area Danau Kelimutu.

2. Tempat terbaik untuk camping

Selain melihat matahari terbit, Danau Kelimutu juga memiliki wilayah yang sangat pas untuk kegiatan camping atau berkemah. Camping sambil disuguhi pemandangan menakjubkan sebuah danau yang cantik.

3. Soft atau Long Trekking? Siapa Takut?!

Pada saat mendaki Gunung Kelimutu, para pendaki tidak akan melewatkan kesempatan untuk menikmati panorama keindahan Danau Kelimutu yang memiliki 3 warna yang cantik.

Kalau Gunung Kelimutu tadi ada di Indonesia, sekarang kita akan beranjak ke Gunung Kilimanjaro yang ada di Tanzania. Gunung ini adalah salah satu gunung tertinggi di dunia yaitu 5.895 meter di atas permukaan laut. Puncak Kilimanjaro sekaligus merupakan puncak tertinggi di Afrika.

Sumber : getlost.id

Pemandangan di Kilimanjaro sangat indah. Gunung ini dapat dibagi menjadi 5 zona iklim  dan masing – masing memiliki ragam fauna dan flora yang khas. Hulu gunung didominasi oleh hutan hijau. Bagian atas Kilimanjaro sebagian tertutup salju dengan gletser besar dan diselingi antara kawah vulkanik.

Beberapa rute pendakian resmi yang bisa dipilih oleh para pendaki diantaranya Machame, Marangu, Rongai, Lemosho, Umbwe dan Shira. Sementara untuk rute Mweka hanya bisa dilalui untuk rute turun pendaki. Rute sebelumnya yaitu Western Breach sudah ditutup oleh Pemerintah Tanzania sejak 2006 karena adanya peristiwa longsor.

Mendaki Gunung Kilimanjaro menjadi impian bagi banyak pendaki di Indonesia. Untuk mendaki Gunung Kilimanjaro kita tidak bisa mendaki sendirian, harus menggunakan operator atau guide lokal supaya tidak tersesat. Baik Gunung Kelimutu maupun Kilimanjaro tentu memiliki tantangannya sendiri. Kamu tertantang untuk mendaki gunung apa?

Penulis : Julietta Cesilia Wahyudi, mahasiswi Hotel and Tourism Business, Universitas Ciputra

Editor : Maria Wanda A.K., Lab of Tourism Staff, Hotel and Tourism Business, Universitas Ciputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *