Felicia Andri Hosea: Best Trainee at Renaissance Hotel Bali

Mencari dan mempelajari segala hal tentang hotel tempat magang yang kita inginkan, serta mempersiapkan segala hal yang diperlukan di departemen yang akan di apply, menjadi salah satu kesempatan yang membawa Hose Felicia Andria menjadi Best Trainee di Renaissance Hotel Bali Uluwatu Resort and Spa. Mahasiswi Hotel and Tourism Business  angkatan 2017 ini menuturkan kisahnya dalam wawancara berikut:

1. Bagaimana kabarnya? Sedang sibuk apa sekarang?
Baik, sekarang sibuk di Makassar untuk membantu usaha orang tua.

2. Boleh info kemarin magang di mana dan periodenya?
Saya magang di Renaissance Bali Uluwatu Resorts & Spa dari Januari hingga Juli 2021.

3. Apa yang mendorong Anda memilih magang di hotel tersebut?
Karena saya menyukai hotel bintang 5 dengan brand lifestyle seperti Renaissance. Selain itu saya mendengar pengalaman teman saya pribadi yang sudah pernah magang di sana,  katanya asyik dan juga dapat banyak pembelajaran baru. Sehingga saya memilih di sana.

4. Persiapan apa yang Anda lakukan sebelum terjun ke dunia magang?
Saya mencari tahu terlebih dahulu bagian departemen apa yang saya inginkan dan juga mencari di internet tentang detail pekerjaannya. Bukan hanya itu, tapi saya juga mencari tahu secara detail informasi mengenai hotel Renaissance Uluwatu, terutama kelebihannya dibandingkan dengan hotel lain.

5. Pengalaman paling berkesan pada saat magang?
Pengalaman paling berkesan selama magang adalah ketika tiba-tiba hotel full-occupied karena adanya acara besar, namun dari pihak agent terlambat mengirimkan rooming list dan saat itu hanya ada 1(satu) orang yang masuk untuk incharge reservasi. Sehingga saya ikut lembur dalam membantu pekerjaan hari itu sampai malam. Saya yang ditempatkan di back office harus ikut membantu mengantarkan para tamu ke kamar, karena staff departemen front office juga sibuk semua. Saya yang awalnya belum begitu menguasai peta hotel akhirnya dapat melakukan semuanya dengan baik, sehingga ketika ada inspection saya bisa membantu para tamu untuk berkeliling dengan baik.

6. Menurut Anda apa yang paling dibutuhkan supaya trainee bisa beradaptasi dengan baik di tempat magang?
Menurut saya sih attitude merupakan hal yang paling penting. Yang perlu kita ketahui adalah tentu saja di dunia kerja dan kuliah berbeda. Di dunia kerja kita harus tau cara menghormati, menghargai serta bekerja sama dengan para senior. Karena mereka merupakan rekan kerja kita yang  harus saling membantu. Karena jika kita memiliki niat belajar yang tinggi tetapi attitude kita tidak baik, tidak akan ada gunanya. Karena para senior bisa agak keberatan untuk mengajari kita terkait attitude yang kurang baik. Adalah lebih baik untuk less drama and try to do the best.

7. Pesan untuk adik kelas yang hendak masuk dunia magang.
Pelajari dulu latar belakang hotel dengan baik dan percaya diri saat interview. Mengenai skill kita nanti dalam melaksanakan tugas saat magang, kita lakukan dengan learning by doing, karena kuncinya adalah pengalaman. Saat awal memulai magang pasti sulit, namun lama kelamaan pekerjaan itu sudah menjadi tugas sehari-hari dan kita menjadi lancar dengan sendirinya. Tidak apa-apa apabila kita membuat kesalahan, asalkan kita perbaiki di masa depan. Selalu jaga attitude dan tidak merasa lebih pintar dari senior. Anggap mereka sebagai keluarga kita sendiri tapi ada batasan agar kita tetap bersikap profesional. 

8. Quotes dari Felicia Andri Hosea
Smart without good attitude means nothing so never think you know better than others, keep on learning and do your best. also don’t forget to be humble and less drama

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *