Ekonomi Pulih, Indonesia Bangkit by Aurelia Angelica Santoso

Perekonomian di Indonesia sempat mengalami keterpurukan di masa pandemi tahun 2020. Tak sedikit usaha yang mengalami kebangkrutan dan menutup usahanya. PHK besar- besaran terjadi dimana-mana, banyak orang bersusah payah mencari rejeki demi sesuap nasi. Kini, perekonomian sudah mulai bangkit kembali. Bahkan banyak usaha-usaha baru bermunculan, mulai dari UMKM hingga usaha berskala besar.

Perekonomian yang sudah mulai bangkit ini, harus didukung dengan persaingan yang sehat. Jika tidak perekonomian tidak dapat berkembang dengan baik. Dalam persaingan yang sehat tidak terdapat monopoli perdagangan di dalamnya (Bentangku, 2021). Dimana hanya ada beberapa pemain besar yang menguasai pasar dan menginjak usaha kecil di bawahnya. Maka dari itu diperlukan pula peran pemerintah di dalamnya. Pemerintah bertugas untuk membuat peraturan dan mengawasi jalannya perekonomian agar tidak ada badan usaha yang bersikap semena-mena.

Selain itu para pelaku usaha sendiri harus peka dan memiliki inisiatif dalam menjalankan usahanya. Di masa yang semakin berkembang ini, bermunculan banyak usaha baru. Persaingan menjadi sangat ketat. Persaingan ini jangan dijadikan sebagai ancaman, melainkan sebagai pendorong untuk bersikap lebih kritis dalam menjalankan usaha. Pelaku usaha harus tahu hal-hal apa saja yang menjadi keunikan dari usahanya. Suatu usaha harus memiliki identitas diri yang membuatnya unggul dari usaha lain. Pelaku usaha juga harus pintar dalam melihat kesempatan yang ada di lingkungannya. Apa yang menjadi minat target usahanya, apa yang belum pernah ada sebelumnya, kemudian merealisasikannya dengan persiapan yang matang. Setelah usaha dapat berjalan pun, tetap dilakukan inovasi dan perbaikan untuk meningkatkan mutu produk dan layanan. Dengan meningkatnya kualitas sebuah usaha, konsumen akan terus bertambah dan semakin luas.

Perekonomian yang bertumbuh menimbulkan sebuah daya tarik tersendiri. Daya tarik ini lah yang dilihat oleh para investor, baik dari dalam maupun luar negeri. Ekonomi yang bertumbuh terkesan menjanjikan dan akan bertumbuh lebih lagi di masa mendatang. Hal ini lah yang membuat para investor mau menanamkan modalnya ke dalam sebuah usaha. Penanaman modal dari investor juga dapat menyebabkan produksi meningkat. Produksi yang meningkat juga berimbas pada penjualan yang semakin meningkat pula. Ketika sebuah usaha memiliki keunikannya tersendiri dan menarik perhatian para investor asing, nama Indonesia pun semakin dikenal oleh dunia. Tidak ada lagi yang berani untuk menginjak-injak Indonesia. Hal ini merupakan sebuah pembuktian bahwa Indonesia mampu mengembangkan perekonomiannya dan layak bersanding dengan negara-negara lainnya. Peningkatan investasi pada usaha ini juga menimbulkan peningkatan pada pendapatan nasional (Kementerian Investasi/BKPM, n.d.). Dengan demikian dapat dilihat bahwa kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat pun ikut meningkat.

Pandemi COVID-19 sempat membuat perekonomian Indonesia terpuruk. Namun pandemi tersebut bukan lah menjadi penghalang bagi Indonesia untuk bangkit kembali. Bahkan Indonesia termasuk dalam negara yang cepat menangani keterpurukan ini dan kembali menjadi lebih kuat. Pertumbuhan ekonomi ini harus didorong dengan persaingan yang sehat di dalamnya. Mulai dari pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat saling membantu untuk tumbuhnya perekonomian Indonesia. Pemerintah membuat peraturan dan mengawasi jalannya perekonomian, pelaku usaha dengan kritis mengeksekusi peluang yang ada di lingkungannya, sedangkan masyarakat membantu menggunakan produk lokal yang tidak kalah bagusnya dengan produk impor. Ekonomi menjadi pulih kembali, Indonesia pun bangkit dengan lebih kuat.

Referensi

Bentangku. (2021, Juli 26). Cara Menyikapi Persaingan Usaha dengan Sehat. Retrieved from https://blog.qasir.id/inspirasi/cara-menyikapi-persaingan-usaha-dengan-sehat

Kementerian Investasi/BKPM. (n.d.). Pentingnya Peran Investasi dalam Pertumbuhan Ekonomi  Indonesia               di                        Kala                  Pandemi.               Retrieved                        from https://www.investindonesia.go.id/id/artikel-investasi/detail/pentingnya-peran- investasi-dalam-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-di-kala-pand

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu