Danau Toba, Samudra Indah yang Terpenjara

sumber gambar : thejakartapost.com

Terletak di area kota Parapat Simalangun, sekitar enam jam dari kota Medan, danau yang sangat indah terlihat seperti lautan di atas area pegunungan setinggi 900 meter di atas permukaan laut ini banyak menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Dengan panjang 100 kilometer dan kedalaman mencapai 505 meter, danau ini merupakan danau tekto-vulkanik terbesar yang ada di Indonesia, Asia Tenggara, dan bahkan di seluruh dunia.

Danau Toba menjadi salah satu objek wisata yang terpopuler tidak hanya di Sumatera Utara, namun juga diminati oleh para penjelajah alam dan turis dari seluruh dunia.

Danau Toba juga terkenal karena keunikannya. Disebut unik karena ditengah luasnya danau yang berada diarea pegunungan, terdapat pulau yang bernama Pulau Samosir, yang memiliki luas hampir sama dengan negara tetangga, yaitu negara Singapura.

Dengan kearifan lokal, keramahan masyarakat, kentalnya budaya dan banyak keindahan alamnya yang sudah tidak mungkin diragukan lagi, banyak sekali wisatawan yang penasaran dan ingin mengunjungi Danau Toba, banyak penduduk yang menyediakan jasa penginapan yang tentunya menjanjikan keindahan alam Danau Toba sebagai nilai utamanya.

Lalu, bagaimana cara para wisatawan dapat menuju ke salah satu surga terpendam di Indonesia ini? Ada beberapa cara mudah yang dapat ditempuh untuk menuju ke Danau Toba.

  1. Menggunakan Pesawat

Bandara utama Medan adalah Bandara International Kuala Namu. Banyak maskapai Indonesia yang menyediakan penerbangan dari kota-kota besar menuju Medan, seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, Sriwijaya dan Airasia.

Penerbangan dari Jakarta misalnya, terdapat rate antara Rp. 600.000 hingga Rp. 1 jutaan. Sedangkan durasi penerbangan antara Jakarta-Medan sekitar 2 jam 20 menit.

  1. Menggunakan Bus

sumber gambar : pariwisatasumut.net

sumber : pariwisatasumut.net

Jika Anda sudah ada di kota Medan (dalam kota) untuk menuju parapat lokasi kota paling dekat dengan Danau Toba, masih berjarak 176 kilometer. Jarak itu jika ditempuh menggunakan angkutan Bus yang memakan waktu sekitar 6 jam perjalanan. Terminal bus antar kota di Medan ada di Pinang Baris. Setiap penduduk Medan akan bisa menunjukkan dimana letak terminal bus ini. Ticket Medan Danau Toba Rp. 50.000,-.

  1. Menggunakan Mobil Travel

Untuk kenyamanan yang lebih dari sekedar angkutan umum, Anda bisa memilih mobil travel dari dalam kota Medan menuju Danau Toba. Harga tiket sekitar Rp. 80.000,- per orang. Sedangkan sewa mobil travel per kendaraan berkisar antara Rp. 300 ribu hingga Rp. 450 ribu.

  1. Menggunakan Kapal Ferry
sumber gambar : goseewriteme.wordpress.com

sumber : goseewriteme.wordpress.com

Masuk ke Pulau samosir yang berada di tengah Danau Toba ternyata dapat di akses melalui darat.  Jika penyebrangan dilakukan dengan Kapal Ferry, ada dua alternatif. Jika Anda menyeberang dari Ajibata maka ferry akan menuju ke pelabuhan Tomok di Pulau Samosir. Sedangkan jika Anda memilih dari pelabuhan Tiga Raja maka Anda akan diantar ke pelabuhan Tuk Tuk di pulau Samosir.

Reference : 
Seri Travel Writing-Menikmati Keindahan 10 Bali Baru

Disusun Oleh :
Mahasiswa Travel Writing- Kelas A Hospitality & Tourism Business, Universitas Ciputra