Candi Ijo dan Citylight Yogyakarta

Yogjakarta sangat kaya dengan peninggalan purbakala, hanya saja kurang promosi sehingga sangat sedikit peminatnya. Candi peninggalan kerajaan Hindu-Budha bertebaran di Kota ini (terutama di wilayah Jogja bagian timur). Karena kurangnya promosi kebanyakan orang tahu bahwa di Jogja hanya ada Candi Prambanan. Sebagian juga ada yang berpikiran selain Candi Prambanan di Jogja ada Candi Borobudur. Padahal sebetulnya karena candi Borobudur berada di Kabupaten Magelang provinsi Jawa Tengah. Candi Borobudur lebih dekat ke Jogja daripada Semarang (ibukota Provinsi Jawa tengah), Wisatawan ke Yogjakarta dulu baru ke Borobudur, makanya ada yang menganggap Borobudur objek wisata di Jogjakarta.

Ada banyak obyek sejarah yang bisa dikunjungi selain Prambanan. Candi Ijo merupakan candi yang berada di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Berdekatan dengan lokasi situs Candi Ratu Boko yang jaraknya kurang lebih 4 Km.

Pemandangan sunset dari lokasi Candi Ijo,  foto by : https://www.elfjogja.net

Candi Ijo memiliki daya tarik tersendiri yaitu posisinya yang  berada di puncak sebuah bukit yang tinggi. Hal ini membuat Candi Ijo semakin mempesona dengan  pemandangan  yang disuguhkan. Karena pada saat kita mengunjungi Candi ijo , kita akan disuguhi pemandangan kota Jogja dari atas ketinggian. Apabila sore hari kita akan melihat runaway pesawat di Bandara Adi Sutjipto Jogja yang menyala indah serta city light yang cukup menawan.

terlihat para wisatawan menikmati Sunset di Candi Ijo, foto by :https://travelingyuk.com/candi-ijo/122698/

Candi Ijo merupakan situs peninggalan kerajaan Mataram kuno dengan arsitektur Hindu yang indah. Ukiran disetiap sudut Candi Ijo ini menambah keindahan arsitektur bangunan candi ini. Di dalam bangunan candi utama terdapat sebuah Arca Lingga Yoni. Bagi yang belum tahu apa itu Lingga Yoni,  arca ini merupakan sebuah simbol laki-laki dan perempuan yang menjadi lambang kesuburan dalam ajaran Hindu.

Apakah kamu penasaran untuk mengunjungi Candi Ijo ? Langsung saja masukan agenda liburanmu saat berkunjung ke Yogjakarta.

sampul foto by : https://www.wikipedia.org/

                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *