Blitar Pesona Keindahan Kota Patria

Blitar Pesona Keindahan Kota Patria

sumber gambar: http://wisatablitar21.blogspot.com

Terletak di Selatan Jawa Timur, Kota Blitar dikenal sebagai kota Proklamator dan Kota Patria dimana presiden pertama Republi Indonesia, Soekarno, dimakamkan di kota ini. Di kota ini pula, terjadi peristiwa bersejarah yaitu pemberontakan PETA (Pembela Tanah Air) yang dipimpin oleh Supriyadi. Pemberontakan melawan pasukan Jepang ini dapat mengobarkan semangat pemberontakan di daerah lain untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

sumber gambar: http://media.rooang.com

Menurut sejarahnya, daerah Blitar ini pernah dikuasai oleh bangsa Tartar dari Asia Timur. Melihat serangan ini, Majapahit yang juga ingin memperebutkan daerah ini mengutus Nilasurwana untuk memukul mundur bangsa Tartar. Usaha tersebut berhasil, sehingga pasukan Tartar kembali ke daerah asalnya. Atas jasanya tersebut, Nilasuwarna diberi gelar Adipati Aryo Blitar I. Tanah yang berhasil dibebaskan ia namakan “Balitar” yang berarti kembali pulangnya bangsa Tar-tar. Lama kelamaan, nama tersebut disebut sebagai Blitar dan sejarah tersebut menjadi cikal bakal Kota Blitar saat ini.

Destinasi Wisata di Blitar

Makam Bung Karno

sumber gambar: http://galerywisataasyik.blogspot.com

Lokasi di Jalan Ir. Soekarno, Desa Bendogerit, Sananwetan, Blitar. Kompleks makam Bung Karno ini menempati areal yang cukup luas di dekat alun-alin kota Blitar. Disanalah terdapat tempat persemayaman dari Bung Karno dan juga kedua Orang tuanya Ida Ayu Nyoman Rai dan Raden Soekemi Sosrodiharjo. Banyak peziarah yang berdatangan ke kompleks makam ini untuk mendoakan sosok Proklamator Indonesia ini. Saat mengunjungi makam Bung Karno, kita juga dapat berkunjung ke area perpustakaan yang menyimpan banyak buku dan tulisan dari Bung Karno.

Selain perpustakaan, juga terdapat Museum Bung Karno yang menyimpan benda-benda milik Bung Karno yang menyimpan benda-benda milik Bung Karno. Di bagian lain dari kompleks pemakaman ini juga terdapat ruangan yang memamerkan foto-foto dokumentasi Bung Karno. Pada bulan Juni, makan Bung Karno sangat ramai dikunjungi oleh orang-orang, terutama saat hari kelahiran Bung Karno.

Istana Gebang

sumber gambar: caknia.com

Lokasi yang berada di jalan Sultan Agung no.69, Blitar. Istana Gebang, atau yang lebih dikenal dengan Ndalem Gebang, merupakan rumah yang pernah ditempati oleh Bung Karno saat masih kecil. Lokasinya tidak begitu jauh dari makam Bung Karno. Di depan rumah terdapat patung onumental Bung Karno berwarna putih yang menjadi identitas dari tempat ini.

sumber gambar: festivaljalanjalan.com

Di dalamnya kita bisa melihat benda-benda peninggalan keluarga Bung Karno, Mulai dari perabotan rumah tangga, tempat tidur, kursi, dan benda-benda kuno lain seperti mesin tik, radio, dan telepon. Selain itu, juga terdapat sumur tua yang airnya diyakini mempunyai khasiat penting untuk rezeki dan kemakmuran. Sehingga, banyak pengunjung yang mengunjungi tempat ini meminta air sumur ini untuk dibawa pulang ke rumah. Unik, bukan?.

Reference : 
Seri Travel Writing-Wow East Java

Disusun Oleh :
Mahasiswa Travel Writing- Kelas A Hospitality & Tourism Business, Universitas Ciputra