Menyelami Surga Laskar Pelangi, Di Tanjung Kelayang

Pulau Belitung sebagai tujuan wisata menjadi semakin mencuat sejak dijadikan lokasi pembuatan film “Laskar Pelangi” yang telah disaksikan jutaan penonton serta pembaca novelnya. Jaraknya yang tidak begitu jauh dari Jakarta, hanya sekitar satu jam perjalanan udara, menjadikan Belitung secara akses mudah dikunjungi. Beberapa spot yang sering disebut-sebut melalui berbagai media berhasil mengundang decak kagum para turis yang berkunjung ke Belitung.

Wisata Belitung hampir selalu diidentikan dengan Pulau Lengkuas, Tanjung Kelayag atau replika sekolah dasar Muhammadiyah Laskar Pelangi. Padahal, pulau di tepi Selat Karimata tersebut masih punya pilihan lokasi wisata lain yang cocok untuk semua jenis pelancong, yakni di pesisir barat Pulau Belitung.

Para pebisnis pariwisata Belitung terus mencari lokasi wisata baru untuk memuaskan keinginan pelancong. Kini, pandangan pelancong kerap tertuju pada Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi dan Pulau Lengkuas.

Lokasi – lokasi wisata di sebagaian pesisir utara Belitung kebetulan mendapat banyak promosi melalui aneka film maupun kegiatan. Jika suka memancing atau menyelam, pesisir barat Belitung layak dilirik/ Bagian Belitung di sisi Selat Gaspar kaya dengan koleksi terumbu karang. Perairan itu juga pernah menjadi rute pelayaran internasional masa lalu, di mana ada sejumlah kapal niaga yang karam di sana. Kini, lokasi karamnya kapal-kapal itu menjadi lokasi penyelaman yang menantang.

Para pelancong juga bisa memilih Pulau Memdanau atau Pulau Seliu di Belitung. Sementara di Belitung Timur bisa melancong ke Pulau Selandu.

Berkunjung ke pulau-pulau ini disarankan bagi mereka yang benar-benar menyukai petualangan ke daerah terpencil. Jangankan sinyal telepon seluler, gelombang radio dan televise saja hampir tidak tertangkap di pulau-pulau itu. Apakah Anda tertarik untuk mencoba?

Reference:

Seri Travel Writing, Menikmati Keindahan 10 Bali Baru

 

Penulis :

Tim Penulis Travel Writer Hotel & Tourism Business – Universitas Ciputra