Bagaimana Sih Caranya Membuat Liburan Kalian Lebih Produktif?

Berikut adalah beberapa contoh kegiatan-kegiatan yang bisa Kita lakukan untuk membuat hari libur Kita lebih berarti. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini…
1. Membuat to-do-list

Kegiatan ini akan membantu Kita menyusun jadwal selama satu minggu kedepan agar menjadi lebih teratur dan tertata untuk mencapai tujuan kita. Tidak hanya jadwal kegiatan, Kita juga bisa membuat daftar menu yang akan dikonsumsi selama seminggu kedepan untuk menyeimbangkan diet, dan menentukan daftar belanja mingguan

2. Membersihkan tempat tinggal

Setelah sibuk bekerja atau kuliah, manfaatkanlah waktu libur untuk ‘bersih-bersih’ lingkungan sekitar Kita terutama tempat tinggal. Atau, minimal bereskan kamar dan rapihkan meja kerja karena lingkungan yang nyaman dan bersih juga akan menenangkan pikiran.

3. Belanja Keperluan Mingguan

Setelah menyusun daftar belanja, pergilah berbelanja untuk keperluan selama seminggu
kedepan. Selain dapat mengisi waktu luang, berbelanja di hari libur juga akan menghemat
tenaga Kita dibandingkan harus belanja kebutuhan harian yang justru akan
menyebabkan Kita mengeluarkan uang lebih banyak.

4. Mengurangi Penggunaan Gadget dan Media Sosial

Generasi millennial pasti pernah mendengar istilah “budak smartphone”, kan? Atau
jangan-jangan beberapa dari Kita secara tidak sadar sudah menjadi ‘budak’ yang
kecanduan smartphone dan gadget itu? Wah jangan sampai deh ya! Coba deh,
kurangi penggunaannya di hari libur dan lakukan kegiatan yang lebih bermanfaat.

5. Mengembangkan Hobi

Punya hobi foto-foto? Pergi hunting aja bersama teman-teman komunitas fotografer.
Hobi nyanyi atau main musik? Manfaatkanlah hari libur untuk melatih skill-mu. Atau
hobi olahraga? Ikut kelas yoga, main futsal, main skateboard, atau lakukan apa saja
sesuai dengan hobimu. Pokoknya, gak ‘nganggur’ deh di hari libur.

6. Mengikuti Kursus atau Les

Eits…walaupun udah kerja atau kuliah, gak ada salahnya lho Kita masih ikut 2 atau
les untuk mengembangkan skill dan minat yang dimilikipunya. Baik itu kursus bahasa, les
musik, atau sekedar mengikuti workshop pengembangan karakter, semua itu sangat
direkomendasikan untuk mengisi waktu libur dengan kegiatan yang produktif!

7. Berkumpul dan Bersosialisasi dengan Teman

Kebayang kan gimana serunya kegiatan yang satu ini? Kita semua pasti suka banget sama yang namanya ‘kumpul keluarga’ atau hangout bareng teman-teman. Ada berbagai kegiatan yang bisa Kita lakukan seperti main game outdoor, masak bareng, belanja bareng, dan masih banyak lagi.