Apa Itu Backpacker ?

Apa itu Backpacker? Pada awalnya arti dari Backpacker adalah “a hiker who wears a backpack” atau dalam terjemahannya seorang pendaki yang menggunakan tas punggung. Seiring dengan berjalannya waktu, istilah backpacker berkembang luas. Di mana saat ini backpacker sendiri dapat diartikan sebagai backpacking atau dengan kata lain seorang yang yang berpergian menggunakan low-cost.

Sumber Gambar
https://www.nomadicmatt.com/travel-blogs/what-type-of-backpacker-are-you/

Backpacker sendiri adalah perjalanan ke suatu tempat tanpa membawa barang-barang yang memberatkan atau membawa koper, sehingga mempermudah perjalanan dari satu destinasi ke destinasi yang lainnya. Adapun barang bawaan hanya berupa tas gendong, pakaian secukupnya, dan perlengkapan lain yang dianggap perlu saja (sumber: Wikipedia).

Perbedaan Backpacker dengan orang yang bepergian biasa adalah tema yang serba minimalis dimulai dari barang bawaan, akomodasi, keperluan dan dana yang minimalis.

Minimalis dalam artian ini selalu diartikan tidak memiliki dana yang cukup tapi melakukan perjalanan panjang, padahal faktanya minimalis ini adalah dana yang sudah diatur sendiri dari saat membuat perencanaan dimana dana itu sesuai dengan keinginan dan rencana yang dibuat saat berpergian. Pada dasarnya sama saja hanya dana yang dibutuhkan lebih ditekan lagi agar bisa rata dengan kemampuan wisatawan dan juga keinginan yang sudah direncanakan semula.

 

Sumber Gambar
https://www.worldnomads.com/explore/worldwide/whats-in-my-pack-travelers-reveal-their-backpacking-essentials

Wisatawan Backpacker meyakini bahwa yang terpenting bukan hotel mewah, servis yang selalu ada, atau hanya liburan semata, tetapi lebih ke edukasi tentang apa yang mereka pelajari dan dapatkan saat mereka berpergian. Para Backpacker beranggapan bahwa hal tersebut dianggap lebih memiliki sensasi tersendiri dibandingkan berpergian hanya dengan tema holiday.

Bahkan saat ini sudah banyak bermunculan travel baru yang menyediakan fasilitas Backpacker, jadi untuk berpergian dengan tema Backpacker tidak hanya dapat dilakukan sendirian saja, tetapi bisa bersama-sama dengan yang lain. Apakah Anda tertarik untuk berlibur ala backpacker ?

 

Penulis : Misycella Moelyono

Student of Hotel and Tourism Business, Universitas Ciputra Surabaya