5 Tips Liburan Hemat Ala Mahasiswa dengan Budget Minimal

Liburan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi mahasiswa. Apalagi setelah menjalani hari – hari penuh oleh tugas yang tentu saja membuat jenuh. Namun dengan status mahasiswa, tentu dana yang dimiliki masih sangat terbatas dan hal itu merupakan salah satu penghambat terlaksananya liburan tersebut.

Nah, untuk itu mahasiswa diwajibkan untuk pandai mencari cara agar bisa tetap liburan. Kamu bisa mengikuti 5 tips di bawah ini untuk mewujudkan keinginanmu itu.

  1. Pilih destinasi liburan yang murah_

Satu prinsip yang harus dipahami oleh mahasiswa yaitu liburan tidak harus mahal. Sangat penting untuk menentukan tempat tujuan yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Bagi kamu mahasiswa, carilah destinasi wisata yang murah.

Cari tahu informasi mengenai objek wisata yang baru dibuka misalnya. Mengunjungi tempat ini tentu akan menghemat biaya karena biasanya destinasi yang baru dibuka belum dikenakan biaya masuk atau walaupun sudah dikenakan biaya, tarifnya masih murah. Mencari destinasi wisata di sekitar trempat tinggal juga bisa menjadi alternatif untuk liburan hemat.

  1. Harus selalu update tentang berbagai promo

50% DISCOUNT red Rubber Stamp over a white background.

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, sangat mudah untuk mendapatkan berbagai informasi. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari tahu tentang berbagai promo. Promo penginapan dan transportasi salah satunya.

Jika kamu bisa mendapatkan promo tentang kedua hal ini, tentu akan mengurangi biaya liburan kamu bukan?

  1. Liburan bersama teman atau ramai-ramai

Liburan ramai-ramai akan sangat membantu untuk menekan budget liburanmu. Untuk pembayaran penginapan misalnya. Mencari penginapan dengan kapasitas banyak orang tentu akan lebih murah dan biayanya pasti akan dibagi rata jadi akan sangat menguntungkan.

Begitupun dengan transportasi, tentu akan sangat menguntungkan ketika menggunakan mobil rental dengan beberapa teman bukan.

  1. Memanfaatkan status mahasiswamu

Berstatus mahasiswa, tentu akan menambah keuntunganmu dalam berwisata. Contohnya masuk ke suatu objek wisata dengan tarif yaang lebih murah. Beberapa destinasi memiliki harga khusus bagi pelajar dan mahasiswa. Maka dari itu, bawalah selalu kartu mahasiswa kemanapun kamu pergi.

  1. Memilih waktu liburan yang tepat

Nah ini merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan jika berencana untuk liburan. Carilah waktu liburan yang tepat disini berarti tidak memilih waktu liburan umum seperti hari libur nasional ataupun weekend.

Di saat-saat seperti itu, tentu tarif wisata melonjak naik, dan itu akan sangat menguras isi dompetmu. Maka itu pilihlah waktu dimana orang-orang pada umumnya bekerja atau hari yang bukan hari libur.

Siapa bilang mahasiswa sulit untuk liburan? Bisa kok, yang penting tahu tips-tips liburan yang bikin isi kantong aman.

 

 

 

 

Penulis: Gabriella Andrista Wattimena

Student of International Hospitality and Tourism Busniness

 

 

 

 

 

Sumber:

Kadarma,Ayu(2018, 16 September). 5 Tips Liburan Hemat Ala Mahasiswa dengan Budget Minimal. https://www.idntimes.com/travel/tips/adeka/5-tips-liburan-hemat-ala-mahasiswa-dengan-budget-minimal-c1c2/full