5 rekomendasi market yang wajib dikunjungi ketika berada di Korea Selatan

Korea Selatan identik dengan berbagai hal yang lucu dan menggemaskan. Hal lain yang identik dengan Korea Selatan yaitu drama. Dimana virus drama korea mulai memasuki negara Indonesia. Tak hanya itu, Korea Selatan juga memiliki berbagai macam kuliner khas yang dapat memanjakan lidah wisatawan. Tempat kuliner di Korea Selatan juga dikenal dengan istilah market. Lantas, market apa saja yang memiliki berbagai ciri khas nya sendiri?

  1. Dongmun Market

Dongmun Market terletak di Pulau Jeju. Yang menarik dari setiap market yang ada di Korea Selatan yaitu setiap market memiliki banyak pintu masuk sehingga memiliki akses yang mudah. Dongmun Market terkenal memiliki berbagai kuliner khas Korea Selatan dengan harga yang terjangkau. Salah satunya yaitu Hotteok. Hotteok merupakan snack semacam panekuk berisi pasta kacang yang cocok dinikmati ketika dalam keadaan hangat sehingga bisa merasakan kelezatan lumer pasta kacang.

 

  1. Dongdaemun Market

Dongdaemun Market terletak di distrik Dongdaemun, Seoul. Di market ini kalian bisa menemukan berbagai kuliner khas Korea Selatan dengan harga yang sangat terjangkau. Beberapa rekomendasinya yaitu gimari semacam rumput laut gulung berisi bihun dan dibalur dengan telur lalu digoreng. Kemudian ada topokki yang merupakan kue beras dengan kuah khas yang berasal dari rebusan kaldu.

 

  1. Gwangjang Market

Gwangjang Market merupakan market tertua yang terletak di Jongno-gu, Seoul. Ketika berada di Gwangjang Market kalian bisa menemui berbagai kuliner khas Korea Selatan yang terkenal di berbagai stasiun televisi. Contohnya saja gurita hidup yang bisa kalian coba di market ini.

 

  1. Tongin Market

Tongin Market berlokasi di distrik Tongin-dong, Jongno-gu, Seoul. Keunikan dari market ini yaitu kalian menggunakan uang koin tradisional untuk bertransaksi disini. Setelah wisatawan menukarkan uang mereka dengan uang koin tradisional Korea, maka mereka akan diberikan lunchbox dan bebas memilih menu makanan khas yang diinginkan.

 

  1. Itaewon Market

Itaewon Market merupakan daerah khusus bagi kalian yang muslim namun ingin mencoba berbagai kuliner khas Korea namun masih khawatir akan halal atau tidaknya. Maka Itaewon Market merupakan pilihan yang tepat. Disini kalian bisa menikmati kuliner khas Korea tanpa khawatir. Salah satu kuliner khas Korea yang wajib kalian coba yaitu Jjangmyeon yang merupakan mie dengan saus pasta kacang hitam.

 

 

 

 

Sumber :

 

Dikutip 28 November 2019 dari : https://www.theseoulguide.com/sights/neighborhoods-and-districts/itaewon/

 

Admin (2016, 20 Februari). Dikutip 28 November 2019 dari : https://danielfooddiary.com/2016/02/20/gwangjangmarket/

 

Dikutip 28 November 2019 dari : https://www.theseoulguide.com/sights/markets-and-shopping/tongin-market/

 

Dikutip 28 November 2019 dari : https://www.tripadvisor.co.id/Attraction_Review-g294197-d1537022-Reviews-Dongdaemun_Market-Seoul.html

 

Penulis:  Fira Choirunnisa Pramanda

Student of Hotel and Tourism Business Universities Ciputra