What is
HTB UC

Hotel & Tourism Business merupakan program studi yang mencetak Entrepreneur dan Profesional di bidang Pariwisata dan Perhotelan berkelas dunia yang memiliki Integritas – Profesionalisme – Entrepreneurship (IPE) dan kebangsaan serta memberikan kontribusi positif bagi Bangsa Indonesia.

Mahasiswa akan mempelajari pengetahuan dasar mengenai bisnis pariwisata, bisnis hospitaliti, manajemen resiko dan inovasi di bidang pariwisata dan hospitaliti.

Tidak hanya itu, mahasiswa akan dibekali dengan bentuk perkuliahan seperti student centered learning, problem-based learning¸ project-based learning, competence-based serta experiential-based learning.

KEUNGGULAN

HOTEL & TOURISM BUSINESS
CREATIVE & DIGITAL TOURISM

Standar Perkuliahan

Total SKS 144 SKS
Jenjang Pendidikan Sarjana (S1)
Lama Kuliah 4 Tahun
Bahasa Bahasa Indonesia
Gelar S.Par (Sarjana Pariwisata)

Mengembangkan kegiatan tridarma di bidang pariwisata khususnya bidang/aspek ekowisata dan pariwisata digital, kulinari dan enterpreneurship, yang adaptif terhadap perkembangan IPTEK untuk menghasilkan entrepreneur yang mendunia, berkarakter Integritas-Profesionalisme-Entrepreneurship (IPE) dan mampu menghasilkan karya inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat pengguna, bangsa dan kemanusiaan.

Tourism Entrepreneur

  • Hotel & Restaurant Owner
  • Tour & Travel Owner
  • Expert Event Planner / Organizer

Tourism Intrapreneur

  • Hotel General Manager
  • Hotel Sales Director
  • Hotel Front Office Manager
  • Hotel HR, Financial Manager
  • Purchasing Manager

Kurikulum disusun berdasarkan visi misi Universitas Ciputra Surabaya dan visi keilmuan/keahlian program studi serta kebutuhan dunia kerja yg memerlukan kecakapan: karakter, kewarganegaraan (citizenship), berpikir kritis (critical thinking), kreatif (creativity), kolaborasi (collaboration), komunikasi (communication), pemecahan masalah (problem solving). Oleh sebab itu, lulusan dibekali kemampuan yang memungkinkan dapat memenuhi perkembangan kebutuhan abad 21.

1. Profil Lulusan (Graduate Profiles)

  1. Entrepreneur yang profesional dalam bidang pariwisata, hotel dan kuliner
  2. Profesional dengan pola pikir entrepreneur dalam bidang pariwisata, hotel dan kuliner

2. Capaian Pembelajaran Lulusan (Graduate Learning Outcomes)

  Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi 
1 Warga Negara
Sebagai warga negara yang berke Tuhan an, yang menjunjung tinggi nilai Pancasila. dan kemanusiaan, cinta tanah air dan menghargai keragaman budaya.
2 Pembelajar Sepanjang Hayat (Long-life Learner)
Sebagai pembelajar sepanjang hayat yang mandiri, bertanggung jawab, toleran, taat hukum, dan memiliki kepekaan sosial dan berwawasan lingkungan.
3 Nilai-nilai universitas
Mengaktualisasi nilai-nilai universitas (University value’s) dalam perilaku sesuai kode etik UC. (humanity, Eqality, Dignity, Nourishing, Trust, Organizational norm, IPE, University freedom, Civilization, Sensitivity)
4 Berpikir kritis (critical thinking)

Mampu menciptakan konsep produk/jasa yang berdasarkan pemikiran logis dan analitis berdasarkan prinsip pariwisata dan ekonomi kreatif untuk pembangunan yang berkelanjutan di industri pariwisata (Hotel & Tourism, Culinary, Eco and Digital Tourism)

5 Kreativitas-Inovasi (creativity-innovation)

Mampu menciptakan karya kreatif – inovatif berdasarkan keilmuan pariwisata dengan metode competence-based learning dan experiential-based learning, melalui penerapan pengetahuan fundamental serta konsentrasi, baik secara mandiri maupun kolaboratif, dengan memanfaatkan “Teknologi Informasi dan Komunikasi” terkini.

6 Penyelesaian Masalah (problem solving)

Mampu menyusun alternatif solusi yang memiliki value proposition dan market acceptance dalam bidang pariwisata, berbasis market research, yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

7 Pengambilan Keputusan (decision making)

Mampu mengambil keputusan secara efektif dan efisien dalam bidang pariwisata, sesuai etika dan pengalaman belajarnya.

8 Komunikasi – penghargaan (Communication-recognition)

Mampu menyajikan hasil karyanya secara visual dan verbal dengan konsep Smart Tourism dalam bentuk visual/digital yang dihargai masyarakat akademik dan/atau umum.

9 Multidisciplinary
Mampu menyusun strategi belajar yang spesifik dan komprehensif,  untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi, berdasarkan pola pikir yang terbangun dan berkembang selama belajar secara mandiri di bidang keilmuan/ keahlian kepariwisataan dan entrepreneurship 
10 Teori
Menguasai konsep teoritis Kepariwisataan, Manajerial, Manajemen Keberlanjutan, Manajemen Global, Manajemen Pengelolaan
11 Metode
Menguasai metode di bidang Kepariwisataan, Manajemen Layanan, Manajemen Personalia, Manajemen Pemasaran, Bisnis, Bisnis Lintas Budaya, Operasional
12 Konsep, Prinsip & Teknik
Mampu menguasai konsep, prinsip,  dan teknik di bidang Kepariwisataan, Manajemen Layanan, Manajemen Personalia, Manajemen Pemasaran, Bisnis, Bisnis Lintas Budaya, Operasional yang digunakan dalam pemikiran dan penyelesaian kasus di bidang keilmuan/keahlian pariwisata.
13 Pendekatan
Menguasai pendekatan ekonomi dan sosial budaya  yang dapat menghubungkan pengetahuan bidang  keilmuan/keahlian pariwisata  dengan bidang pengetahuan /keilmuan entrepreneurship

Semester 1

  • Entrepreneurship Essential-3 SKS
  • Agama-2 SKS
  • Business Communication-3 SKS
  • Tourism Project (MICE)-4 SKS
  • Principles of Tourism Business-3 SKS
  • Service Business Principles-3 SKS

Semester 2

  • Pancasila-2 SKS
  • Menjadi Indonesia-3 SKS
  • Cross Culture Management-3 SKS
  • Food Service Management (Project)-4 SKS
  • Human Resource Management-3 SKS
  • Marketing Management-3 SKS

Semester 3

  • Civics-2 SKS
  • Etika-3 SKS
  • National Tourism Geography-3 SKS
  • Bisnis Hospitaliti (National Field Trip Project)-6 SKS
  • Sustainable Tourism Management (Hotel & Tourism Business, Eco & Digital Tourism)-3 SKS
  • Financial Management (Business Process & Project Management)-3 SKS

Semester 4

  • Bahasa Indonesia-2 SKS
  • Mata Kuliah Interdisiplin (Lintas Prodi)-3 SKS
  • Global Hospitality Experience (International Field Trip Project)-6 SKS
  • Risk Management-3 SKS
  • Leadership-3 SKS
  • International Tourism Geography-3 SKS

Semester 5

  • Mata Kuliah Interdisiplin (Lintas Prodi)-3 SKS
  • Research Methodology-3 SKS
  • Hotel Operation 1 (Front Office) / Technology for Tourism-4 SKS
  • Hotel Food Product & Service Development / Panji-6 SKS
  • Virtual Hotel Operator / Virtual Tour Management-4 SKS

Semester 6

  • Mata Kuliah Interdisiplin (Lintas Prodi)-3 SKS
  • Research Proposal-3 SKS
  • Hotel Operation 2 (Housekeeping) / Glamping & Caravan-4 SKS
  • Hotel Food Product & Service Innovation / Wildlife & natural Conservation-6 SKS
  • Advance Hotel Management / Travel Writing-4 SKS

Semester 7

  • Magang-18 SKS

Semester 8

  • Tugas Akhir-8 SKS
  • Program Kredensial (Sertifikasi)-2 SKS

Program Studi Pariwisata-Hotel & Tourism Business (HTB) bekerjasama dengan IMI Switzerland. untuk program double degree selama 1 tahun:

  • Kuliah dan bimbingan Tugas Akhir selama 1 semester
  • Magang atau kerja praktik selama 1 semester

Seragam hari Senin

Seragam hari Selasa

Tujuan dari peraturan seragam HTB hari Senin dan Selasa adalah:
Melatih mahasiswa HTB terbiasa tampil rapi dengan sesuai standar yang berlaku, karena kita selalu dituntut untuk tampil rapi bila berkarir atau memiliki bisnis di bidang hotel dan pariwisata.  Membangun dan meningkatkan rasa kebersamaan diantara mahasiswa HTB.

Fasilitas HTB

Untuk menunjang proses belajar-mengajar, Program Studi Hotel & Tourism Business Creative & Digital Tourism (HTB) menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang sesuai dengan kebutuhan industri pariwisata dan perhotelan yang ada.

  • Hotel Lab
  • IT Software for Tourism & Hospitality: Opera & Galileo
  • Laboratory of Tourism
  • Restaurant Lab

Fasilitas HTB

Untuk menunjang proses belajar-mengajar, Program Studi Hotel & Tourism Business Creative & Digital Tourism (HTB) menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang sesuai dengan kebutuhan industri pariwisata dan perhotelan yang ada.

  • Hotel Lab
  • IT Software for Tourism & Hospitality: Opera & Galileo
  • Laboratory of Tourism
  • Restaurant Lab

TESTIMONI MAHASISWA / ALUMNI HTB UC

Seputar HTB

YUK JOIN BERSAMA

HOTEL & TOURISM BUSINESS Creative & Digital Tourism UC

Program studi yang memberikan pengetahuan dalam berbagai sektor perhotelan dan pariwisata ditambah dengan pendidikan entrepreneur profesional.

YUK JOIN BERSAMA

HOTEL & TOURISM BUSINESS Creative & Digital Tourism UC

Program studi yang memberikan pengetahuan dalam berbagai sektor perhotelan dan pariwisata ditambah dengan pendidikan entrepreneur profesional.