How to Innovate Your Business Model

How to Innovate Your Business Model

Rabu, 7 Maret 2012, Fakultas Entrepreneurship dan Humaniora (FEH), Universitas Ciputra (UC), mengadakan workshopHow to Innovate Your Business Model” kepada para mahasiswa Universitas Ciputra, yang dibawakan langsung oleh Bpk. Johan Hasan, selaku  kepala FEH.

Dalam workshop kali ini Bpk. Johan memberikan materi tentang bagaimana cara menginovasi sebuah bisnis. Beliau mengatakan “Lebih baik membunuh produk kita sendiri daripada dibunuh oleh pesaing, seperti perusahaan Apple. Mengapa? Karena jika kita membunuh produk kita sendiri yang diprediksi akan punah, citra merek di mata masyarakat akan tetap baik.”

Pelatihan ini mneggunakan konsep “business canvas”, sehingga dapat dengan lebih kreatif dalam menginovasi model bisnis yang kita miliki. Contohnya, sapi bisa jadi apa saja? Bisa untuk membajak sawah, diperah susunya, dipotong  dan diambil dagingnya,maupun diternak untuk dijual utuh.

Inovasi lain contohnya seperti Sony dan Polaroid, Sony menjual kamera dengan teknologi dan harga tinggi, sedangkan Polaroid lebih fokus megnambangkan inovasi pada filmnya. Seperti yang kita ketahui bersama, kamera dengan teknologi, langsung cetak.

Setelah mengikuti seminar ini para peserta diharapkan dapat semakin kreatif dan semakin berani untuk dapat berinovasi. Selamat mencoba.