House of YoSoma

House of YoSoma

Senin, 7 Mei 2012, jurusan Culinary Business (CB), Universitas Ciputra (UC), mengadakan acara demo masak dengan nama “House of YoSoma”. Acara masak ini mengusung tema masakan “peranakan Tionghoa Indonesia” dimana mengabungkan kuliner dan juga budaya dari dua area tersebut. Nama “House of YoSoma” berasal dari nama Bpk. Yohanes Soemawiharja (Pak YoSoma), selaku Direktur Akademis dari Universitas Ciputra. Tak disangka beliau ternyata merupakan seorang pecinta kuliner dan juga ahli dalam masakan Tionghoa-Indonesia.

“House of YoSoma” merepresentasikan kediaman Pak YoSoma yang kental sekali dengan budaya Tionghoa-Indonesia. Nuansa budaya Tionghoa-Indonesia sangat terlihat dari desain tempat yang menggunakan batik (Indonesia) dan warna merah (Tionghoa). Menurut Pak YoSoma “Ini merupakan konsep bisnis yang unik, karena mereka berusaha menjual saya sebagai Chef”. Acara utama yang paling ditunggu adalah demo masak dari Pak YoSoma, para peserta yang hadir baik dari staf dan mahasiswa Universitas Ciputra sangat terkagum dengan apa yang telah ditampilkan oleh beliau.

Para mahasiswa jurusan Culinary Business mematok harga 50 ribu rupiah per 1 orang untuk dapat menikmati makan siang “All You Can Eat” hasil peranakan Tionghoa-Indonesia hasil kreasi masakan Pak YoSoma. Bersama dengan Pak Freddy dan Pak Andreas Bastedo, beliau menjadi pelopor forum peranakan Indonesia, yang menggali budaya peranakan di Indonesia.