Fungsi, Jenis dan Model Pada Sistem Informasi Pemasaran

Bagi orang yang sudah sering berkecimpung di dunia bisnis sudah tahu apa itu sistem informasi pemasaran, tapi bagi orang awan masih sangat  asing. Hal-hal seperti pengertian, fungsi, jenis, serta model yang digunakan.

Pengertian Sistem Informasi Pemasaran

Sistem informasi pemasaran adalah sistem yang menganalisis dan juga mengukur informasi pemasaran yang dihimpun terus menerus dari bermacam sumber perusahaan.

Pada sistem informasi pemasaran ini juga tersedia informasi lain seperti penjualan, promosi, aktivitas pemasaran, survei pasar, dan hal lain yang masih berhubungan dengan bidang pemasaran.

Lalu manfaat dari sistem informasi pemasaran adalah agar dapat memecahkan masalah pemasaran yang ada pada suatu perusahaan dan dapat mengambil kebijakan strategis dalam ruang lingkup pemasaran.

Fungsi dari Sistem Informasi Pemasaran

Sistem informasi pemasaran punya beberapa fungsi yang dapat digunakan untuk dijalankan oleh perusahaan. Fungsi sistem ini dapat mengindikasikan manajemen dari sebuah perusahaan akan terbantu dalam kegiatan pemasaran, baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.

  • Memudahkan perusahaan dalam mengontrol perkembangan bisnis
  • Memudahkan setiap sistem informasi yang dimiliki oleh perusahaan
  • Mempercepat masuknya informasi ketika ada kesalahan pada data
  • Mempermudah manajemen waktu dalam hal menjalankan kegiatan perusahaan, terutama dalam hal pemasaran
  • Mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan oleh pegawai perusahaan

Jenis Sistem Informasi Pemasaran

Pada tahun 1966, Pillips Kotler seorang profesor di Northwestern University pertama kali menggunakan istilah pusat saraf pemasaran untuk menggambarkan unit baru yang ada pada pemasaran. Kotler menyebutkan ada tiga jenis dari sistem informasi pemasaran, yaitu:

1.     Marketing Intelligence

Jenis sistem informasi pemasaran yang pertama adalah marketing intelligence, yaitu proses menganalisis informasi berupa kegiatan pada pasar seperti memahami pergerakan pada pasar, sikap dan perilaku pasar, serta mengakses perubahan pada lingkungan bisnis.

2.     Internal Marketing Information

Jenis selanjutnya adalah internal marketing information. Seperti namanya, proses menganalisis informasi ini  diambil pada data internal atau data perusahaan itu sendiri.

3.     Marketing Communication

Jenis yang terakhir adalah marketing communication atau komunikasi pemasaran. Komunikasi pasar ini adalah proses komunikasi perusahaan pada pasar. Contoh sederhananya adalah memberi twahu pasar eksisensi dari produk perusahaan berupa media iklan, pemasaran langsung, branding, kegiatan PR, presentasi sales, sponsor, media sosial, dan lainnya.

Model Sistem Informasi Pemasaran

1.     Subsistem Input Pemasaran

Model pertama yang digunakan pada sistem informasi pemasaran adalah subsistem input pemasaran.

Penelitian ini dilakukan dengan menghimpun data pada aspek operasi pemasaran penjualan, khususnya aspek yang berkaitan erat dengan konsumen dan calon konsumen. Data bisa diambil dengan menggunakan survei.

2.     Subsistem Output Pemasaran

Model sistem informasi pemasaran berikutnya adalah subsistem output pemasaran. Subsistem ini merupakan perangkat lunak yang dapat memberikan informasi pada manajer terkait produk perusahaan.

Produk merupakan unsur utama yang harus ada dalam marketing mix dan perusahaan punya  wewenang penuh dalam menyediakan produk untuk memenuhi keperluan pasar.

3.     Subsistem Tempat

Model selanjutnya adalah subsistem tempat , yaitu perangkat lunak yang menjelaskan terkait cara produk disalurkan pada konsumen.

4.     Subsistem Promosi

Subsistem promosi adalah model berikutnya. Yaitu perangkat lunak yang dapat menjelaskan informasi langsung atau tidak langsung pada pihak manajer perusahaan terkait penjualan produk.

5.     Subsistem Harga

Subsistem harga adalah model sistem informasi pemasaran yang terakhir. Subsistem harga merupakan perangkat lunak yang memberikan informasi mengenai seluruh harga produk pada  manajer perusahaan.

Itulah tadi pengertian, fungsi, jenis dan model dari sistem informasi pemasaran pada sebuah perusahaan. Setelah memahami aspek tersebut, sistem pemasaran ini sangatlah membantu dalam perkembangan sebuah perusahaan di pasar.

Artikel lain