Hello UC People! Masih ingat tentang acara CAMP 2022 yang diadakan oleh Student Union Food Technology Program periode 2022/2023? Acara super seru yang diisi oleh kunjungan ke empat UMKM yang berbeda dari Desa Galengdowo dan selanjutnya ada outbound itu loh! Yap, pasti kalian sudah ingat. Nah, kali ini kita akan bahas soal proyek yang diadakan oleh CAMP 2022.

Kalian pasti bertanya-tanya, proyeknya apaan sih? Proyeknya ngapain aja? Dan masih banyak lagi. Nah, proyek ini bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu pangan yang telah dipelajari oleh mahasiswa ke dalam permasalahan nyata yang terdapat di lapangan. Pengaplikasian ini dalam bentuk solusi yang ditawarkan untuk UMKM yang dikunjungi oleh para mahasiswa, sehingga permasalahan tersebut dapat terselesaikan.

Detail proyeknya adalah mahasiswa angkatan 2022 yang dibagi menjadi empat kelompok dan masing-masing kelompok difokuskan ke empat UMKM yang berbeda, yaitu UMKM Opak Katsuba, Keripik Pelangi, Susu KWT Pengajaran, dan Jamu Alenk Jaya. Permasalahan yang dimiliki oleh ke empat UMKM beragam, dari segi permasalahan kemasan yang mudah rusak, produk yang masa simpannya tidak tahan lama, desain kemasan, dan kemasan yang tidak cocok untuk pengiriman.

Dari permasalahan-permasalahan tersebut, mahasiswa perlu mengasah kreativitas dan mulai menerapkan ilmu teknologi pangan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi UMKM. Selain memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi UMKM tersebut, proyek ini juga membantu UMKM dalam pemberian alat-alat yang menunjang dalam meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan oleh UMKM.

Menginspirasi sekali, nggak sih? Selain acara CAMP 2022 seru dan mengasyikkan, tetapi juga berdampak bagi masyarakat sekitar juga, loh! Bisa nih acara ini jadi inspirasi dalam membuat pengabdian masyarakat. Kalau kalian gimana nih guys? Ada pengalaman pengabdian masyarakat yang seru? Kalau ada, tulis komentar di bawah ini ya!

Stay cool and inspired! Salam Entrepreneur!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu