Hai hai UC People! Ada berita yang menyenangkan dari Food Technology Program Universitas Ciputra Surabaya! Coba tebak berita apa! Yes, betul sekali! Food Technology Program Universitas Ciputra Surabaya berhasil memborong Juara 1 dan Best Presenter dalam lomba Food Science Student Conference atau disebut FOSTER 2022 dalam kategori paper competition yang diadakan oleh Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, loh! Lomba ini bertemakan Functional Food: An Innovative Approach Towards Beauty and Wellness. Perwakilan FTP UC dalam lomba ini adalah Atha Khesya Boediamiseno (Khesya), Moonly Koespianto (Moonly), dan Michelle Marcella Sutantio (Michelle).

Perlu diakui, untuk meraih prestasi tersebut sangat sulit diraih. Namun, dengan dedikasi tinggi dari tiga mahasiswi dalam pembuatan paper ini, mereka dapat membanggakan FTP UC dikancah nasional.

Yuk, sekarang kita wawancara Khesya dan Moonly mengenai paper competition ini!

P: Hai hai guys! Apa kabar kalian?

Khesya: Hello! Baik-baik nih kabarnya!

Moonly: Hai, baik banget nih kabarku!

 

P: Oh iya, kayaknya kita kekurangan satu orang lagi nih di tim kalian. Ke mana kah Michelle?

Khesya: Si Michelle sekarang lagi nggak bisa hadir, karena dia sekarang lagi di Korea Selatan untuk pertukaran pelajar

 

P: Wah, seru sekali si Michelle. Oke deh, kalau begitu. Aku mau tanya-tanya ya. Kalian ikutan lomba apa nih?

Moonly: Kita ikut lomba Food Science Student Conference atau FOSTER yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Soegijapranata Semarang dalam kategori international paper competition.

 

P: Oh begitu! Keren sekali kalian ya! Kalau boleh tau apa motivasi kalian dalam mengikuti lomba ini?

Khesya: Awalnya kita dapat info dari dosen kalau ada lomba ini dan temanya ini terlihat menarik begitu. Temanya ini adalah Functional Food: An Innovative Approach Towards Beauty and Wellness

Moonly: Betul sekali, temanya menarik dan pastinya menantang untuk berinovasi dalam industri pangan juga. Jadi, kita termotivasi begitu untuk ikutan lomba ini. Apalagi ini lombanya internasional juga, jadi semakin tertantang untuk join.

 

P: Wah, memang sangat menantang sih dari tema yang diberikan. Judul paper kalian apa nih?

Khesya: Judul paper kami adalah Addition of Modified Low Sodium Salt as An Alternative to Table Salt in The Manufacturing Of Crackers as Functional Food

 

P: Wih, terlihat menarik sekali ya! Memangnya permasalahannya mengenai apa?

Moonly: Jadi, permasalahannya adalah cracker yang diproduksi di Indonesia memiliki kandungan garam yang tinggi. Kandungan garam yang tinggi ini sudah melebihi batas kandungan natrium yang telah dibatasi oleh SNI. Jadinya untuk mencari alternatif selain garam untuk cracker ini susah. 

Khesya: Betul yang dikatakan Moonly. Nah, kita nemuin cara nih yaitu kita memodifikasi garam dengan teknik nano-spray drying untuk memperkecil ukuran garam, sehingga mempercepat kelarutan garam di lidah kita. Intinya adalah kita akan menggunakan garam yang telah dimodifikasi ini dengan jumlah yang lebih sedikit dibandingkan biasanya dengan rasa yang dihasilkan sama.

 

P: Wow, keren banget deh inovasi kalian! Nggak heran kalau jadi juara 1 di FOSTER 2022. Tahapan lombanya ini bagaimana? Ceritain dong!

Moonly: Awalnya ini kita ada preliminary draft yang disubmit terlebih dulu. Terus, setelah itu akan ada submit proposal. Kalau lolos, kita ada pembuatan laporan dan lanjut ke presentasi offline.

 

P: Wah, kalian presentasi offline? Keren banget! Bagaimana kesan kalian pada saat presentasi offline?

Khesya: Hmmm, yang pasti sih deg-degan banget dan kita senang banget sih! Karena, ini kita baru pertama kalinya untuk ikut international conference dan menang

Moonly: Iya betul! Apa lagi kita sempat nervous karena orang-orang lain presentasinya bagus-bagus dan lancar banget! 

 

P: Amazing! Tapi, hasilnya kalian best presenter dan ini menunjukkan kalau kalian keren banget pasti pada saat presentasi!

Khesya & Moonly: Hahaha! Terima kasih.

 

P: Oke deh, segitu dulu wawancaranya! Terima kasih ya sudah mau diwawancara! Sukses untuk kalian, salam buat Michelle juga ya!

Khesya: Wah, terima kasih juga ya!

Moonly: Thank you thank you!

 

Wow, keren banget nggak sih teman-teman? Kalian terinspirasi juga nggak buat ikutan paper competition? Seru banget pasti ikutan lomba kayak tiga mahasiswi yang keren ini! Daripada gabut sambil scrolling media sosial, yuk ikutan lomba dan mengharumkan nama Universitas Ciputra Surabaya!

 

Stay cool and inspired! Salam Entrepreneur!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu