Tesalonika Louise

Mahasiswa

FPD 2018

Tesalonika Louise

Pengalaman saya selama mengikuti perkuliahan di FPD UC sangat menarik, karena FPD UC tidak hanya mengajarkan basic design tetapi juga entrepreneurship. Fashion Product Design di UC juga menarik karena dalam beberapa proyeknya dilakukan kolaborasi yang unik sehingga dapat menarik banyak perhatian. Saya sendiri selain tertarik dengan fashion design, juga tertarik dengan fashion styling, dimana pada semester 6 -7 kita diberikan kesempatan untuk mengikuti magang dan saya memilih mengikuti magang bersama seorang fashion stylist. Disana, saya banyak belajar tentang persiapan-persiapan yang dilakukan sebelum melakukan photoshoot maupun videoshoot. Banyak juga belajar tentang set dan sistem kerja pada saat shooting komersial / iklan-iklan besar. Tentunya, karena di FPD UC banyak memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk go out of their comfort zone dan memberikan peluang kolaborasi, mahasiswa dapat lebih mempublikasikan karyanya secara lebih luas.

Elisabet Stefanny

Mahasiswa

FPD 2019

Elisabet Stefanny

Dosen FPD UC mengajarkan kami untuk tidak hanya menjadi seorang fashion designer saja karena masih banyak prospek kerja lainnya seperti fashion merchandising, fashion marketing, public relation dan masih banyak lagi. Jurusan FPD di UC benar-benar mengajarkan saya untuk menggambar dan memahami tentang basic design, menggambar postur tubuh, mempelajari dan menganalisa tentang material-material fashion, membuat pola dan menjahit hingga menciptakan suatu karya fashion yang inovatif. Para dosen juga sering mengikutsertakan mahasiswa untuk mengikuti berbagai macam event fashion seperti saya sendiri yang ikut berpartisipasi dalam program kolaborasi Kedaireka X FPD UC dan ikut dalam event Surabaya Fashion Parade 2021 lalu. Tak hanya itu para dosen juga mendorong mahasiswa untuk ikut aktif dalam kegiatan diluar perkuliahan seperti modelling, lomba fashion design luar prodi dan lainnya. Dengan bantuan para dosen dan tutor, saya merasa berkembang banyak dari awal semester hingga sekarang. Meskipun banyak deadline tugas, namun FPD UC sangatlah seru dan menantang kreativitas.

Audrey Ayu Kirana

Mahasiswa

FPD 2019

Audrey Ayu Kirana

Saya akan berbagi cerita mengenai pengalaman saya selama berkuliah di Universitas Ciputra program studi FPD angkatan 2019. Pada awal perkuliahan kami dibimbing dari permulaan, sehingga teman-teman yang belum ada basic menggambar pun bisa keep up. Selama perkuliahan, saya mendapatkan banyak pengetahuan baru dan juga insight-insight baru. Meskipun dalam perjalanan dalam pembelajaran terdapat banyak kesulitan, akademisi sangat membantu. Selain kegiatan akademik, saya juga mengikuti berbagai kegiatan non-akademik seperti kegiatan organisasi mahasiswa. Dalam kegiatan organisasi saya mendapatkan banyak pelajaran softskill yang baru, seperti bagaimana bekerja dalam team, manajemen  waktu hingga networking. Overall, saya sangat puas dengan memilih FPD di Universitas Ciputra dengan apa yang saya dapat hingga saat ini. Salam Enterpreneur!

Dheva Graciella

Mahasiswa

FPD 2019

Dheva Graciella

Menjadi Fashion Designer telah menjadi cita-cita saya sejak kecil. Dengan menjadi mahasiswa FPD di UC saya sedikit demi sedikit menggapai cita-cita tersebut tentunya dengan bimbingan dari dosen dan mentor. Selama berkuliah di jurusan FPD ini saya mempelajari dunia Fashion dari hal yang paling basic hingga complex, dari mempelajari color theory, design, menjahit, hingga bisnis. Hal yang paling berkesan selama belajar di FPD yaitu ketika pada matakuliah yang diambil terdapat pembelajaran yang berhubungan langsung dengan real client. Disini saya belajar banyak tentang bagaimana etika bekerja sama dan memenuhi kebutuhan client melalui wawancara dan research mendalam yang kemudian dituangkan dalam konsep dan koleksi baru untuk diajukan pada client melalui presentasi. Selain itu, pengalaman lain yang tak kalah berkesan adalah ketika mengikuti projek tim yang berkolaborasi dengan PT.Gistex, PT.Satria Bandung Jaya, UC Tikk dan Kedaireka. Pada projek ini saya belajar banyak tentang detail bisnis fashion mulai dari research trend, design, produksi, hingga penjualan. Saya dan Tim juga berkesempatan untuk mengikuti Surabaya Fashion Parade 2021 dan mendapatkan banyak pengalaman di lapangan melalui fashion show dan marketing di booth di sana.

Justin Russel Yip

Mahasiswa

FPD 2020

Justin Russel Yip

Selama berkuliah di FPD UC ini saya banyak merasakan perkembangan dalam diri saya, terutama ketika memasuki semester 4 ini saya sudah bisa melihat improvement yang signifikan dari segi skill dan kreativitas saya jika dibandingkan saat masih berada di semester 1. Dosen-dosen dan mentor yang membimbing juga sangat membantu saya dalam proses menemukan ciri khas saya sebagai seorang desainer. Yang paling saya syukuri selama berkuliah di FPD UC adalah kesempatan untuk mempelajari banyak aspek dari bidang fashion secara all-in-one. Mulai dari desain, tekstil, jahit, bisnis, dan lain-lain semuanya menjadi satu paket di FPD UC. Overall saya sangat menikmati proses saya berkembang di FPD UC.

Maria Jocelyn Poillot

Mahasiswa

FPD 2020

Maria Jocelyn Poillot

Awalnya, saya sedikit pesimis masuk di Jurusan Fashion Product Design and Business UC. Semua ini dikarenakan banyak sekali sekolah yang khusus design di Indonesia, sedangkan UC unggul pada dunia bisnisnya. Akan tetapi, setelah masuk ke UC saya merasa inilah pilihan yang paling tepat. Semenjak semester 1 sudah diajarkan mengenai real client, seperti pada pelajaran menjahit menggunakan ukuran orang lain dan mengukur secara langsung. Saya juga merasa beruntung karena mendapat banyak sekali insight diluar dunia fashion tanpa mengurangi pengetahuan fashion yang harus saya dapatkan. Selain itu, banyak sekali link partnership bersama Universitas Ciputra yang dapat saya gunakan untuk memperluas pengalaman di lapangan secara langsung seperti Surabaya Fashion Wave pada bulan Januari 2022. Terima kasih Universitas Ciputra.

Patrick Samallo

FPD 2013

Former Department Visual Manager of H&M, Creative Director of SML Studio

Patrick Samallo

Pengalaman adalah guru terbaik”. Begitulah tepatnya saya menggambarkan pembelajaran yang saya dapatkan selama kuliah. Pengalaman dan dosen-dosen hebat telah mengajari saya banyak hal tentang segala yang berkaitan dengan industri fashion dan menjadikan siapa saya sekarang ini. Mata kuliah favorit saya adalah desain, yang mendorong imajinasi saya dalam mengeksplorasi ide-ide yang belum terbentuk. Sangat excited dengan proses kreatif seperti brainstorming, pengumpulan data, informasi dan hal lain yang berkaitan dengan pengembangan koleksi fashion. Mata kuliah bisnis dan branding juga berdampak besar bagi saya saat ini, karena UC memiliki dasar entrepreneurship yang kuat. Hal itu benar-benar membantu mahasiswa dalam menangani industry dan real clients project saat mereka masih belajar di universitas.

Cindy Aprilliana

FPD 2017

Former stylist at Trans TV

Cindy Aprilliana

Sangat bangga bisa menjadi alumni FPD Universitas Ciputra. Dari dulu selalu diberikan wadah dan memfasilitasi kami para mahasiswa yang ingin berkembang sampai ke jenjang International. Saya merasakan sendiri bagaimana di FPD benar-benar mendukung saat mengikuti lomba mulai dari di Surabaya sampai di Jakarta. Tetap bisa mentoring ke para dosen dan diberikan tips & trick, bahkan sampai dewan juri memuji cara presentasi saya yang paling baik karena semua dijelaskan dengan detail seperti sudah siap untuk dipresentasikan ke real client. Selain itu FPD UC juga memberikan kesempatan pada kami para mahasiswa untuk memperkenalkan & menampilkan karya-karya kami lewat Fashion Show bergengsi seperti Bali Fashion Trend dan juga Paris Fashion Show. Benar-benar pengalaman yang sangat berharga dan banyak sekali bekal yang saya bawa untuk menghadapi real work. Thankyou FPD UC!

Ortu Tesalonika Louise

FPD 2018

Ortu Tesalonika Louise (FPD 2018)

Saya berharap cita-cita Tesa bisa terwujud sebagai apapun itu, baik sebagai desainer maupun seorang stylist, semuanya ini berkat bimbingan dari para dosen UC. Terima kasih selama ini atas bimbingannya kepada anak saya.

Ortu Dheva Graciella

FPD 2019

Ortu Dheva Graciella (FPD 2019)

Cita-cita Dheva menjadi fashion designer akan dapat terwujud melalui bimbingan bapak ibu dosen semuanya, FPD UC adalah tempat yang cocok untuk memenuhinya. Terima kasih FPD UC, terima kasih ibu bapak dosen, tetaplah semangat membimbing putri kami dalam meraih cita-citanya.

Anto Adi Guna

Gistex Group

Anto Adi Guna, Gistex Group

Kami selaku partner merasa sangat luar biasa, bangga, dan juga sangat berterima kasih karena FPD Universitas Ciputra Surabaya sudah sangat banyak membantu kami dalam mewujudkan rencana kami dan menghasilkan karya mahasiswa sebagai referensi buyer kami dalam menentukan kain dan warna yang akan menjadi tren berikutnya. Semoga hubungan yang sudah terjalin ini dapat membawa kebaikan bersama baik bagi Universitas dan juga perusahaan.

Fransiska Yeni Purnamasari

PT. Salju Putih (Singer)

Fransiska Yeni Purnamasari, PT. Salju Putih (Singer)

Pengalaman kerjasama dengan FPD Universitas Ciputra Surabaya sangat spesial dan menyenangkan. Overall kami sangat senang dan puas dengan kerjasama yang selama ini telah berlangsung, dan tidak sabar untuk program dan project selanjutnya bersama dengan FPD Universitas Ciputra Surabaya.

Menu