desain produk dan fesyen desain produk universitas ciputra desain produk dan fesyen UC Fakultas Industri Kreatif UC Univesitas Ciputra Desain & Feyen

Desain Produk dan Bisnis Fesyen

Tentang Program Studi

Strata 1 – Desain Produk dan Bisnis Fesyen ~ (Bachelor – Fashion Product Design and Business (FPD)) Alur studi Fashion Product Design & Business Universitas Ciputra tidak hanya mengajarkan pengetahuan tentang dunia fashion hanya dari sisi praktek dan teori namun juga membawa bisnis fashion ke jenjang fashion yang ready to wear dan entrepreneurship yang akan menghasilkan produk maupun bisnis yang berkelas internasional, untuk memajukan dunia mode dan mengangkat budaya Indonesia di ajang global.

Keunggulan Program Studi

  • Real Client, Real Experience
    Memberikan mahasiswa untuk mendapatkan kesempatan mendapatkan real client, real experience, training, mentorship dan serta internship yang di perlukan untuk membaca tren mode terkini di industry dan mengasah kemampuan praktek mahasiswa.
  • Integrated Studio dan Laboratory
    Fasilitas studio yang lengkap dengan perlengkapan yang terintegrasi, didukung pula oleh fasilitas dari Ciputra Group sebagai living laboratory serta industry-industri fashion lainnya.
  • Entrepreneurial Global Networking
    Memiliki kerjasama dan alur jaringan dengan berbagai perusahaan, media, dan asosiasi di industry fashion nasional maupun internasional
  • Entrepreneurship Based Education
    Menghasilkan lulusan berpola piker entrepreneur maupun intrapreneur. Mampu menciptakan dan mengelola bisnis brand atau label di industry fashion Indonesia yang dapat dikenal secara nasional maupun Internasional.
  • Creative & Innovative
    Mengasah kreatifitas yang berbasis riset fashion untuk inovasi produk dan layanan yang bernilai jual tinggi sesuai target pasar masa kini.
  • Fashion Academicians and Fashion Industry Professionals Lecturers  Tim Pengajar yang unggul di bidang akademik dan Industri Fashion
  • Local and Global Experience and Exposure
    Kesempatan untuk studi ekskursi, pameran dan fashion show di dalam dan luar negeri.
  • CAD (Computer Aided Design).
    Sofware Khusus yang memungkinkan Mahasiswa untuk membuat pola secara non fisik dan dapat meminimalisir kesalahan dalam pembuatan pola dengan pengecekan menggunakan avatar 3D

Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi

Visi:
Menjadi Program Studi yang mendukung terciptanya Entrepreneur kelas dunia di bidang Desain Produk, yang berkarakter Integritas-Profesionalisme-Entrepreneurship (IPE) dan kebangsaan serta memberikan kontribusi positif bagi bangsa.

Misi:
1. Menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi di bidang desain produk dan entrepreneurship dengan standar kualitas internasional.
2. Mengelola program studi secara entrepreneurial dengan memegang prinsip tata pamong yang baik.

Tujuan:
Menjadi Program Studi yang berfokus pada:
1. Peningkatan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, di bidang keilmuan yang terkait desain produk dan entrepreneurship
2. Peningkatan kualitas pengelolaan Program Studi Desain Produk secara entrepreneurial.
3. Upaya pencapaian kualitas sesuai dengan standar nasional dan internasional.

Sasaran:
1. Tercapainya kualitas pendidikan yang unggul dalam keilmuan & entrepreneurship.
2. Tercapainya kualitas penelitian dan publikasi yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan, institusi dan masyarakat.
3. Tercapainya kualitas pengabdian masyarakat yang berdampak positif.
4. Terselenggaranya tata pamong Program Studi yang baik.
5. Terbentuknya budaya IPE yang dinamis dan terus berkembang.
6. Terbentuknya sivitas akademika dan tenaga kependidikan yang mempunyai kompetensi entrepreneurial.
7. Tercapainya pertumbuhan keuangan yang selalu dapat dipertahankan.
8. Tercapainya kesadaran akan pentingnya layanan konsumen di seluruh organisasi.
9. Terjalinnya hubungan yang baik dengan Ciputra Group.
10. Tercapainya kerjasama dengan pihak eksternal.
11. Tercapainya kualitas akademik berkelas dunia.
12. Tercapainya kualitas operasional berkelas dunia.
13. Tercapainya kualitas infrastruktur berkelas dunia.
14. Tercapainya organisasi yang mengembangkan pengetahuan entrepreneurship secara terus- menerus.
15. Tercapainya reputasi Program Studi berkelas dunia.

Struktur Kurikulum

Semester 1

Fashion Textile and Material 1 • Basic Fashion Design 1 • Fashion Production 1

 

Semester 2

Art and Culture • Fashion Textile and Material II • Basic Fashion Design II • Fashion and Society

 

Semester 3

Fashion Industry Practices • Fashion Textile and Material III • Fashion Product Design 1 • Fashion Production III

 

Semester 4

Fashion Trend Analysis • Fashion Product Design II • Fashion Production IV: CAD • Fashion Communication

 

Semester 5

Fashion Product Design III • Fashion Production V • Design Appreciation

 

Semester 6

Fashion Industry Practices 2 • Fashion Product Design IV • Fashion Production VI

 

Semester 7

Research Methodology • Fashion Industry Placement • Fashion Textile & Material IV • Fashion Product Design V

 

Semester 8

Portfolio • Final Project

 

General Education

Entrepreneurship Essentials Bahasa • Indonesia • Civic • Pancasila • Agama • Ethic

 

Electives

Fashion Accessories • Decorative Techniques for Garment • Eco Printing & Natural Dyeing • Budaya dan Sastra Nusantara • Fashion & Sustainability • Digital Fashion Illustration

Kerjasama & Magang

  • Ciputra Group
  • Fashion Industry & Media
  • IFC (Indonesia Fashion Chamber)
  • ADPII (Aliansi Desainger Produk Industri Indonesia)
  • PT Gistex
  • Pukka Indonusa (Optitex)
  • Femina Group
  • She Radio
  • MAP (Mitra Adiperkasa)
  • Rangsit University
  • Dongseo University
  • Conventry University UK
  • Da Yeh University Taiwan
  • Bina Nusantara University
  • Maranatha Universitasity
  • Trisakti University
  • ISI Denpasar

Instagram