Desain Produk dan Bisnis Fesyen
Tentang Program
Alur studi Fashion Product Design & Business Universitas Ciputra mengajarkan pengetahuan tentang dunia fashion tidak hanya dari teori dan praktek saja namun juga dari penciptaan entitas bisnis fashion mahasiswa ke jenjang lebih tinggi pada level internasional teruma untuk fashion ready to wear, untuk memajukan dunia mode sekaligus mengangkat nama dan budaya Indonesia di ajang global.
Keunggulan Program
- Real Client, Real Experience
Memberikan mahasiswa untuk mendapatkan kesempatan mendapatkan real client, real experience, training, mentorship dan serta internship yang di perlukan untuk membaca tren mode terkini di industry dan mengasah kemampuan praktek mahasiswa.
- Integrated Studio dan Laboratory
Fasilitas studio yang lengkap dengan perlengkapan yang terintegrasi, didukung pula oleh fasilitas dari Ciputra Group sebagai living laboratory serta industry-industri fashion lainnya.
- Entrepreneurial Global Networking
Memiliki kerjasama dan alur jaringan dengan berbagai perusahaan, media, dan asosiasi di industry fashion nasional maupun internasional
- Entrepreneurship Based Education
Menghasilkan lulusan berpola piker entrepreneur maupun intrapreneur. Mampu menciptakan dan mengelola bisnis brand atau label di industry fashion Indonesia yang dapat dikenal secara nasional maupun Internasional.
- Creative & Innovative
Mengasah kreatifitas yang berbasis riset fashion untuk inovasi produk dan layanan yang bernilai jual tinggi sesuai target pasar masa kini.
- Fashion Academicians and Fashion Industry Professionals Lecturers Tim Pengajar yang unggul di bidang akademik dan Industri Fashion
- Local and Global Experience and Exposure
Kesempatan untuk studi ekskursi, pameran dan fashion show di dalam dan luar negeri.
- CAD (Computer Aided Design).
Sofware Khusus yang memungkinkan Mahasiswa untuk membuat pola secara non fisik dan dapat meminimalisir kesalahan dalam pembuatan pola dengan pengecekan menggunakan avatar 3D
Struktur Kurikulum
Semester 1
Fashion Textile and Material 1 • Basic Fashion Design 1 • Fashion Production 1
Semester 2
Art and Culture • Fashion Textile and Material II • Basic Fashion Design II • Fashion and Society
Semester 3
Fashion Industry Practices • Fashion Textile and Material III • Fashion Product Design 1 • Fashion Production III
Semester 4
Fashion Trend Analysis • Fashion Product Design II • Fashion Production IV: CAD • Fashion Communication
Semester 5
Fashion Product Design III • Fashion Production V • Design Appreciation
Semester 6
Fashion Industry Practices 2 • Fashion Product Design IV • Fashion Production VI
Semester 7
Research Methodology • Fashion Industry Placement • Fashion Textile & Material IV • Fashion Product Design V
Semester 8
Portfolio • Final Project
General Education
Entrepreneurship Essentials Bahasa • Indonesia • Civic • Pancasila • Agama • Ethic
Electives
Fashion Accessories • Decorative Techniques for Garment • Eco Printing & Natural Dyeing • Budaya dan Sastra Nusantara • Fashion & Sustainability • Digital Fashion Illustration
Kerjasama & Magang
- Ciputra Group
- Fashion Industry & Media
- IFC (Indonesia Fashion Chamber)
- ADPII (Aliansi Desainger Produk Industri Indonesia)
- PT Gistex
- Pukka Indonusa (Optitex)
- Femina Group
- She Radio
- MAP (Mitra Adiperkasa)
- Rangsit University
- Dongseo University
- Conventry University UK
- Da Yeh University Taiwan
- Bina Nusantara University
- Maranatha Universitasity
- Trisakti University
- ISI Denpasar