Hari Kesehatan Mental Sedunia atau World Mental Health Day diperingati setiap tahunnya pada tanggal 10 Oktober. Hari Kesehatan Mental Sedunia pertama kali diperingati pada tanggal 10 Oktober 1992. Tidak ada tema khusus dalam peringatan pertama Hari Kesehatan Mental Sedunia, secara umum tujuan dari peringatan tersebut adalah untuk mengampanyekan advokasi kesehatan mental dan mendidik masyarakat tentang isu-isu yang relevan terkait kesehatan mental atau kesehatan jiwa.

Hari Kesehatan Mental Sedunia tahun 2022 ini merupakan peringatan yang ke-30 dengan tema Make Mental Health & Well-Being for All a Global Priority. Tema ini dipilih untuk memberi kita kesempatan menghidupkan kembali upaya kita untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Dunia kita terguncang akibat dampak pandemi, perang, pengungsian dan darurat iklim yang semuanya memiliki konsekuensi bagi kesejahteraan warga dunia. Tingkat orang yang mengalami ide bunuh diri meningkat secara global. COVID-19 telah menunjukkan bahwa tidak ada negara yang siap menghadapi krisis kesehatan mental terkait efek dari Long Covid. Stigma dan diskriminasi terus menjadi penghalang sosial dan akses ke perawatan yang tepat.

Namun, dibalik itu semua pada akhirnya kita dapat memainkan peran kita dalam meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental ini. Peran masyarakat perlu ditingkatkan dan diaktifkan agar masyarakat dapat berkontribusi terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan di komunitas maupun di tempat kerja. Kolaborasi antara pemerintah dan warga perlu diperkuat, kita perlu bekerja sama dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk menerapkan langkah-langkah pencegahan universal yang mengurangi risiko kesehatan mental.

Peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia merupakan salah satu momen untuk mengkampanyekan bahwa semua orang berhak mendapatkan layanan kesehatan jiwa yang berkualitas dan upaya bersama dari berbagai pihak sangat diperlukan untuk mencegah dan mengendalikan masalah kesehatan jiwa. Tidak ada komunitas dan individu yang harus ditinggalkan. Kita perlu meningkatkan determinan sosial kesehatan dan mengatasi stigma dan diskriminasi kesehatan mental.

– Permata Ayu –

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu