Using Basic Science for Disease Prevention

Using Basic Science for Disease Prevention

Webinar series yang pertama dengan tema “Using Basic Science for Disease Prevention” yang dimoderatori oleh Dr. dr. Hudi winarso, M.Kes, Sp.And (K) dan dr. Sherly Intanwati, M.Biomed, Sp. PK diadakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra pada Jumat, 17 Juli 2020. Acara ini di hadiri oleh dr. Achmad Yurianto selaku Juru Bicara Nasional Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, Bapak Ir. Yohannes Somawihardja, M.Si selaku rektor Universitas Ciputra, dekan Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra, dan peserta dari webinar ini.

 

           

Sesi pertama dari webinar dimulai oleh dr. Ahmad Yurianto selaku Juru Bicara Nasional Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 yang membahas materi mengenai “Peran Fakultas Kedokteran dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19” sesi ini menjelaskan mengenai faktor pemicu jumlah terdampak dan apa sajakah peran yang dapat dilakukan oleh Fakultas Kedokteran dalam menghadapi Covid-19.

Di sesi yang selanjutnya, materi mengenai “Herd Immunity dan Covid-19” disampaikan oleh dr. Wira Widjaya Lindarto, M.KedKlin, Sp.MK, di sesi ini dijelaskan mengenai hubungan antara herd immunity dengan covid-19 yang sedang kita hadapi. Setelah itu, sesi dilanjutkan dengan materi tentang “Pulmonary & extrapulmonary pathological Features in patient with covid-19” dari segi Patologi Anatomi. Di sesi ini, dr. Cempaka menjelaskan mengenai perubahan patologis, pathogenesis penyakit, dan penyebab kematian pada kasus Covid-19.

 

Di sesi yang terakhir, materi mengenai “Patophisiology of Cytokine Storm” dibawakan oleh Dr. William Sayogo, M. Imun memberikan informasi mengenai bagaimana terjadinya Cytokine Storm.

Dengan diadakannya webinar yang pertama ini, tim dari Fakultas Kedokteran Ciputra mengharapkan agar peserta dapat memahami bagaimana pencegahan yang dapat dilakukan dalam mengahadapi Covid-19 dan bisa menjadi perwakilan baik dari pemerintah maupun dari bidang kesehatan untuk membantu serta melindungi masyarakat yang sehat untuk tetap sehat.

 

Penulis : Casey Clarissa Gondo

(0606011910012)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *