Sharing Pengalaman

Sharing Pengalaman

Pada April 2020, tepatnya saat awal terjadinya pandemic covid-19, kami mahasiswa FKUC Angkatan 2017 pada blok pediatri diberikan tugas oleh dosen Patologi Anatomi (Cempaka Harsa Sekarputri, dr., Sp.PA.) membuat poster edukasi bertemakan penyakit tumor/kanker yang dapat terjadi pada anak-anak. Tugas poster ini sebagai pengganti ujian praktikum PA dikarenakan pandemic membuat kami para mahasiswa belajar di rumah.

Hal pertama yang saya lakukan sebelum membuat poster tersebut adalah menentukan terlebih dahulu penyakit apa yang ingin saya bahas dan edukasikan pada poster tersebut. Yang saya lakukan adalah membaca buku (Robbins Basics Pathology) terlebih dahulu untuk mencaripenyakit tumor/kanker apakah yang bisa menyerang anak-anak. Setelah membaca, saya memutuskan untuk membahas wilms tumor (nephroblastoma)pada poster tersebut. Karena ini poster, maka saya harus mengambilinti dari penyakit wilmstumor ini seringkas mungkin agar pembaca mudah memahami dengan apa yang saya tulis di poster ini. Dalam poster yang telah saya buat, saya mengutip lebih dari satusumber informasi berupa buku dan jurnal lainnya. Hal ini bertujuan untuk saling melengkapi informasi-informasi yang ada dari berbagai penelitian yang telah dilakukan. Tahun pembuatan sumber/informasi yang ada pada poster tidak lebih dari 10 tahunyangbertujuan agar informasi yang disampaikan merupakan informasi terkinidari berbagai penelitian yang ada dari tahun ke tahun.

Pada poster tersebut, saya sampaikan informasi-informasi berupa definisi, epidemiologi, gejala yang muncul, bentuk makroskopis dan mikroskopis tumor, pemeriksaan gold standard, dan gambar-gambar pendukung lainnya. Definisi, epidemiologi, serta gejala saya cantumkan disini bertujuan agar pembaca dapat mengenal lebih dalampenyakit wilms tumor itu seperti apa,yang dapat menyerang anak-anak.Bentuk makroskopis danmikroskopis dari tumor juga saya cantumkan pada poster,baik gambar pendukung maupun tulisan, karena ini berhubungan dengan Patologi Anatomi yang dimana sebagai dokter saya harus tahu bagaimana bentuk wilms tumor secara kasat mata tanpa mikroskop maupun dengan mikroskop. Gold standardjuga penting bagi para dokter sebagai informasi untuk mengetahui pemeriksaan-pemeriksaan apa yang harus dilakukan terhadap pasien dalam membantu menegakkan diagnosis.

Bagi saya, tugas ini penting sebagai mahasiswa kedokteran untuk lebih mengasah informasi medis dan kreativitas dalam bidang seni dan berkarya. Selain dituntut untuk membaca informasi medis secara lebih mendalam, kami juga dituntut untuk dapat membuat desain posteryang menarik, mudah dipahami, dan mengandung informasi yang terkini. Saya senang bisa berkreasi melalui poster yang telah saya buat yang sesuai dengan bidang saya yaitu kedokteran. Poster tersebut menuntut saya agar dapat berkreasi semenarik mungkin, karena kebanyakan orang di Indonesia malas untuk membaca terutama dalam hal edukasi-edukasi seperti ini.

Dengan adanya tugas ini, saya ingin berterima kasih kepada dr. Cempaka karena telah memberikan kesempatan bagi saya untuk mengasah kreativitas dan keilmuan saya. Saya juga berterima kasih kepada dr. Melly atas kesempatan untuk menceritakan pengalaman saya selama proses pembuatan poster ini. Semoga poster ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca. Selain itu, poster ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para mahasiswa di bidang kedokteran untuk lebih banyak lagi memberikan karya-karya edukasi bagi masyarakat tentang penyakit-penyakit yang masih belum banyak diketahui.

Penulis : Patrick Ferdinand

60117005

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *