Seperti kita ketahui bahwa di Indonesia memiliki banyak universitas pilihan baik negeri maupun swasta dengan fakultas dan jurusan kedokteran. Fakultas kedokteran terbaik di Indonesia ini menjadi incaran bagi para calon mahasiswa baru.

Namun, untuk masuk ke jurusan ini tidaklah mudah dan cukup sulit karena banyaknya pesaingan antara calon mahasiswa baru yang berbondong-bondong ingin mendapatkan tiket untuk berada di jurusan ini.

Setiap tahunnya pasti banyak calon mahasiswa/i ingin mencobanya. Selain persaingan yang cukup ketat, untuk menjadi seorang dokter profesional juga bukan perkara mudah karena harus melalui pendidikan yang tidak sebentar dan membutuhkan biaya yang besar.

Dengan adanya peringkat fakultas kedokteran terbaik di Indonesia membuat calon mahasiswa semakin bersemangat untuk bisa berkuliah pada fakultas tersebut. Lalu, dimana sajakah universitas dengan fakultas kedokteran terbaik Indonesia? Mari, kita lihat ulasan ini.

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) merupakan kampus tertua di Indonesia dan terletak di Jakarta. Namun menjadi universitas yang diminati banyak calon mahasiswa. Universitas negeri ini memiliki jurusan kedokteran tentu dengan akreditasi A oleh BAN-PT.

Jurusan kedokteran Universitas Indonesia memang terkenal sulit. Namun jangan takut, banyak waktu bisa digunakan untuk belajar sebelum melakukan pendaftaran. Ada banyak jalur yang ditawarkan agar bisa diterima sebagai mahasiswa jurusan UI ini.

Mata kuliah yang dipelajari pada program studi ini diantaranya empati bio etik profesionalisme dan human, tumbuh kembang, kulit, dan jaringan penunjang, dan reproduksi.

Univ ini menempati universitas terbaik dunia dengan rangking ke 801-1000 versi The Times Higher Education.

2. Universitas Terkenal Yogyakarta UGM

Kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini merupakan satu dari tiga kampus terbaik Indonesia. Tidak heran jika jurusan kedokterannya menjadi incaran. Prodi kedokteran di UGM menjadi salah satu prodi terpopuler berada dalam rumpun ilmu saintek.

Sejak 2014, bidang ilmu ini UGM sudah memiliki akreditas A. Keuntungannya berkuliah di UGM jurusannya sangat beragam, salah satunya mendapat biaya hidup murah serta biaya kuliah dapat di siasati dengan mendapatkan beasiswa.

Beberapa mata kuliahnya yaitu, prinsip biomedik, sistem pernafasan, sistem saluran kemih, dan kedokteran komunitas. Univ ini menempati posisi ke 1.201 dunia versi The Times Higher Education.

3. UNAIR (Universitas Airlangga)

Jika kamu ingin berkuliah jurusan kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya. Salah satu ujian masuk UNAIR ini dikenal cuku ketat karena peminatnya banyak.

Kampus ini sudah mendapat akreditas A tahun 2018, menyediakan kapasitas 100 kursi pada seleksi SBMPTN jurusan kedokteran. Kualitas lulusan universitas ini tidak usah diragukan lagi akan semakin memperketat persaingan.

Agar dapat diterima, kamu bisa mencari tahu jalur ujian masuk UNAIR dan menyesuaikan dengan kapasitas serta kemampuan kamu, agar dapat diterima.

4. UNPAD (Universitas Padjajaran)

Kampus-kampus kota Bandung memang cukup banyak peminatnya tidak terkecuali yaitu Universitas padjajaran dimana memang sejak dulu sudah populer dengan segala prodi dimilikinya.

Salah satunya jurusan kedokteran sudah terakredasi A serta banyak peminatnya pun terbilang ketat. Jurusan ini mirip seperti jurusan manajemen dengan jumlah pendaftarannya mencapai ribuan orang setiap tahun.

5. Universitas Ciputra (UC)

Terakhir fakultas kedokteran Universitas Ciputra atau dikenal dengan FK UC ini adalah salah satu fakultas kedokteran swasta terbaik Indonesia. Berlokasi kota Surabaya membuat banyak peminat karena lokasi strategis wilayah Jawa Timur.

Masuk univ ini tidaklah mudah, dibutuhkan persiapan sedini mungkin agar hasil yang didapatkan maksimal. Kalian bisa berlatih soal-soal SBMPTN atau ikut bimbingan belajar khusus kedokteran sehingga tes masuk dimulai kalian sudah siap.

Menjadi seorang dokter adalah cita-cita bagi semua orang. Oleh karena itu, pilihlah fakultas kedokteran yang cocok dengan kalian beserta sesuaikan minat bakat kalian dimana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed