Kalangan masyarakat tentu memandang profesi dokter sebagai seorang pahlawan yang membantu penyembuhan orang sakit. Tak heran jika jenis profesi tersebut banyak menjadi cita-cita anak pada umumnya.

Pekerjaan tersebut memiliki tugas dan fungsi yang berhubungan langsung dengan berbagai keluhan penyakit masyarakat. Tidak hanya itu, seorang dokter membantu masyarakat untuk meningkatkat derajat kesehatan.

Tidak banyak yang tahu untuk mendapat pekerjaan tersebut banyak langkah pendidikan harus ditempuh. Mulai dari sarjana kedokteran, melakukan praktik  klinis, serta banyak pengabdian dan ujian harus dilakukan untuk mendapatkan surat izin membuka layanan kesehatan.

Waktu tempuh pendidikan mencapai 6-7 tahun lamanya untuk seorang profesi dokter. Sehingga gaji yang didapat tentu sesuai dengan pengorbanan serta kinerja tersebut. Namun lahan pekerjaan terbuka serta selalu menjadi profesi yang dibutuhkan sepanjang masa.

Kemampuan Yang Mumpuni Menjadi Seorang Dokter

Kemampuan mumpuni tentu menjadi modal dasar bagi setiap pekerjaan. Selama masa pendidikan banyak sekali ilmu yang harus terus diasah. Apalagi bagi seorang dokter yang langsung berhubungan dengan nyawa manusia. Dasar kemampuan tersebut seperti dibawah ini.

  1. Berkomunikasi secara efektif menjadi kunci pemberi pelayanan. Tidak hanya mendengarkan secara seksama, kemampuan tersebut juga agar informasi yang diberikan dapat tersampaikan dengan baik
  2. Pengalaman praktik klinik mempengaruhi berbagai kasus temuan serta penatalaksanaan terbaik bagi penyakit tertentu
  3. Kemampuan dalam keahlian klinik dasar untuk membantu penyembuhan
  4. Mampu berfikir kritis untuk setiap masalah yang dihadapi karena profesi ini menyangkut keselamatan dan nyawa pasien
  5. Terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara menyeluruh seiring berjalannya zaman
  6. Menjunjung keselamatan serta etika profesi
  7. Kemampuan dalam melakukan analisis sesuai hasil observasi untuk menentukan jenis pengobatan terbaik
  8. Tertanam sifat disiplin, ulet serta pernuh tanggung jawab

Selain kemampuan dasar di atas, pengembangan profesi tersebut mempunyai banyak cabang ilmu spesialis. Tentu hal itu menjadikan kompetensi kemampuan yang dimiliki lebih dalam serta detail sesuai cabang ilmu.

Sampai saat ini terdapai 30 jenis dokter spesialis yang diakui di Indonesia. Sehingga lapangan pekerjaan terbuka lebar untuk para calon dokter.

Peran dan Tugas Utama Profesi Dokter

Setelah mengembang jenjang pendidikan begitu panjang, seorang dokter sah dilantik serta disumpah ketika memiliki surat izin melakukan pelayananan. Jenis pekerjaan ini mencakup seluruh aspek dari masyarakat sakit maupun sehat untuk meningkatkan kesehatan.

Peran dan tugas menjadi seorang dokter telah diatur serta dilindungi oleh perundang-undangan negara. Pelayanan jasa mampu melakukan peran, tugas serta tanggung jawab dokter dibawah ini.

  • Melakukan analisis secara obervasi langsung untuk menentukan sebuah penyakit dari berbagai gejala ditimbulkan secara cepat dan tepat
  • Berpikir kritis menentukan jenis terapi pengobatan sebagai jalan penyembuhan
  • Bertindak sebagai konsultan bagi perawatan pasien
  • Melakukan koordinasi dengan berbagai tenaga kesehatan lain saat memberi pelayanan terbaik
  • Melakukan tiga pilar utama kesehatan komprehensif meliputi pencegahan, pengobatan, perawatan hingga rehabilitas penyakit
  • Melakukan upaya pencegahan penyakit dengan melakukan beberapa seminar kesehatan
  • Menjaga mutu pelayanan sesuai dengan prosedur kerja terstandar

Segala tindakan yang dilakukan profesi dokter tentu diatur serta dilindungi oleh kebijakan pemerintah. Kompetensi tersebut berguna bagi kesehatan masyarakat sehingga perlu menempuh jenjang pendidikan untuk menjadi dokter profesioanal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed