Patophisiology of Cytokine Storm

Patophisiology of Cytokine Storm

Materi terakhir dari tema “Using Basic Science for Disease Prevention” dalam  Webinar Series: 5 Levels of Prevention in COVID-19 dibawa oleh presentasi dosen Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra William Sayogo, dr., M.Imun dengan judul “Pathophysiology of Cytokine Storms” yang menjelaskan tentang sistem imun dan mekanisme virus COVID-19 sehingga dapat menyebabkan badai sitokin.

dr. William mengawali materi dengan mengulas kembali sistem imun bahwa sistem imun terdiri dari dua jenis yakni innate sebagai respon awal terhadap molekul dari mikroba atau sel inang rusak dan adaptive sebagai respon terhadap antigen. Berhubungan dengan COVID-19, setelah membahas sistem imun secara keseluruhan, dr. William menjelaskan imunitas pada sistem respirasi, membaginya menjadi innate immunity dan adaptive immunity.

Selanjutnya dr. William membahas tentang Major Histocompatibility Complex (MHC) dalam aktivasi sistem kekebalan adaptif dan jalur presentasi antigen hingga mekanisme eradikasi virus, dan kesalahan pada MHC dapat menyebabkan ketidakseimbangan efektor imun dan peningkatan sitokin.

Untuk memasuki pembahasan badai sitokin (cytokine storm) dr. William menjelaskan peran sitokin sebagai mediator inflamasi dan reaksi imunitas, Cytokine Release Syndrome (CSR) dan komplikasinya, faktor yang mempengaruhi badai sitokin, serta mekanisme virus SARS-CoV-2 sehingga terjadi  sekresi sitokin pro-inflamasi yang berterusan yang menimbulkan badai sitokin.

 

Penulis : Reynaldi Hardianto Saputra
(0606011810005)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *