Medulloblastoma

Medulloblastoma

Saya Muhammad Fadhil Ihsan Pratama, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra Surabaya angkatan 2018, dalam menjalani proses pembelajaran untuk menjadi seorang dokter di tengah pandemi tentu tidaklah mudah. Namun berkat ide cemerlang dari dosen patologi anatomi saya (dr. Cempaka Harsa Sekarputri, Sp.PA) yang telah menyelenggarakan lomba poster alih-alih untuk mengisi nilai ujian praktikum di tengah pandemi saat ini, tentu sangatlah berguna dalam mengajarkan kami untuk menjadi lebih aktif dalam menggali materi kuliah sekaligus melatih skill kreativitas saya, walaupun dalam situasi serba terbatas.
Poin penting dalam penyajian poster ini memuat hal dasar untuk menguasai topik materi dari mata kuliah patologi anatomi, yaitu seperti latar belakang penyakit, histopatologi yang berisi makros beserta mikrosnya, dan baku emas dalam menentukan diagnosis penyakit tersebut. Contohnya penyakit pada anak yang seringkali menjadi “momok” bagi para orangtua, dan seringkali tidak terdeteksi. Salah satunya topik poster saya ini, Medulloblastoma yang merupakan tumor otak pada anak dan memiliki angka kematian yang cukup besar.
Dengan poster ini saya berharap, semoga bisa menjadi manfaat bagi para calon dokter untuk mendiagnosis kasus penyakit pada anak, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan dalam negeri. Akhir kata saya berterimakasih kepada dr. Mellyanawati, Sp.DV yang telah memberikan saya kesempatan untuk sharing pengalaman disini.

Penulis : Muhammad Fadhil Ihsan Pratama

(0606011810044)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *