Intensive Care Unit Alertness in Covid Era

Intensive Care Unit Alertness in Covid Era

Di awal materi, dr. Ariyanto Setyoaji, Sp.An., M.MB menyampaikan mengenai virus corona secara spesifik, awal mula penularannya dan bagaimana dampaknya di tubuh manusia. Selain itu, beliau juga menjelaskan gejala klinis serta kurva penyebaran COVID-19 di indonesia.

Selanjutnya, dr. Ariyanto menjelaskan indikasi masuk icu yang dibagi menjadi 3 prioritas, pasien prioritas 1 yaitu kelompok pasien sakit kritis dan tidak stabil yang memerlukan terapi intensif dan tertitrasi. Kemudian, pasien prioritas ke 2 yaitu kelompok pasien yang memerlukan pelayanan alat yang canggih di ICU dengan penyakit dasar jantung paru, gagal ginjal akut, dsb. Lalu, pada pasien prioritas 3 ini merupakan pasien yang tidak stabil status kesehatan sebelumnya. Selain 3 prioritas diatas, ada juga pasien yang bisa masuk di ICU ketika ICU nya benar-benar kosong, seperti pasien DNR, pasien dalam keadaan vegetatif permanen dan pasien mati batang otak.

dr. Ariyanto juga menjelaskan bagaimana keadaan ICU ketika pandemi ini berlangsung, dimana ICU harus siap siaga menghadapi tantangan yang terkait dengan pandemi ini. selain itu, disaat pandemi ini perbandingan antara pasien dan daya tampung ICU yang tidak memadai. ICU terkait dengan 4S yaitu Stuff (peralatan), Staff (pegawai), Space (ruangan) and System (sistem). Rumah sakit juga harus memperhatikan kesehatan dan nutrisi pasien serta tenaga kesehatan.

Problem yang sering terjadi ketika awal-awal pandemi adalah pasien setelah melakukan testing mereka bebas pergi kemana saja selama menunggu hasil keluar dan ketika hasil sudah keluar mereka positif, dengan begitu akan lebih rumit atau lebih susah dalam melacak kembali riwayat kontak pasien dengan orang lain.

Di akhir materi, dr. Ariyanto menyampaikan take home message yaitu “keberhasilan perawatan pasien di ICU tidak hanya ditentukan oleh terapi obat dan penggunaan alat canggih tetapi ditentukan oleh tim yang bekerja sama dalam ICU”

 

Penulis : Permata Ayu Sofyan
(0606011910033)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *