Hari ini, tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Global Handwashing Day atau Hari Cuci Tangan Sedunia. Hari Cuci Tangan Sedunia adalah hari advokasi global tahunan yang didedikasikan untuk mengadvokasi cuci tangan dengan sabun sebagai cara yang mudah, efektif dan terjangkau untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa. (Sumber: globalhandwashing.org)

Hari Cuci Tangan Sedunia pertama kali diadakan pada tahun 2008. Sejak 2008, tokoh masyarakat dan nasional telah menggunakan Hari Cuci Tangan Sedunia untuk mempromosikan mencuci tangan, membangun wastafel dan keran air dan menunjukkan kesederhanaan dan nilai tangan bersih.

Tahun ini, Hari Cuci Tangan Sedunia memiliki tema yaitu Bersatu untuk Kebersihan Tangan Universal. Tema tersebut mengajak pemerintah, institusi hingga masyarakat untuk bersatu dalam tindakan untuk mencapai tujuan kebersihan tangan untuk semua. Mencuci tangan adalah langkah sederhana untuk menjaga kesehatan dari infeksi kuman dan penyakit, langkah tersebut juga menjadi salah satu langkah preventif dan efektif mencegah penularan COVID-19 selain memakai masker dan menjaga jarak.

Selain COVID-19, Diare dan pneumonia adalah penyebab utama kematian anak-anak dibawah usia 5 tahun. Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara yang paling efektif dan murah untuk mencegah penyakit ini. Perilaku sederhana ini dapat menyelamatkan nyawa, mengurangi diare hampir setengahnya dan infeksi saluran pernapasan akut. Cuci tangan dengan sabun tidak hanya berdampak pada kesehatan dan gizi, tetapi juga pendidikan, ekonomi dan pemerataan.

Global Handwashing Day adalah peluang untuk merancang, menguji dan mereplikasi cara kreatif untuk mendorong orang untuk cuci tangan dengan sabun pada waktu kritis. Belajar dari beberapa tahun terakhir, waktu untuk mempercepat kemajuan kebersihan tangan adalah sekarang – dan ini membutuhkan upaya kolektif untuk melakukan perubahan nyata. Saat dunia bergerak melampaui COVID-19 ke new normal kita, kita harus bersatu untuk kebersihan tangan universal.
Selamat Hari Cuci Tangan Sedunia!

Permata Ayu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu