Fitur Penting dalam Software Akuntansi serta Keunggulan Menggunakannya

Dari dulu hingga sekarang, kemudahan dalam menjalankan kegiatan bisnis selalu dicari, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan perangkat lunak. Bahkan banyak perusahaan besar yang juga turut memanfaatkan berbagai perangkat lunak atau software yang bisa membantu supaya hal tertentu bisa berjalan dengan lebih optimal.

Misalnya dalam hal akuntansi, ada sebutan yang dinamakan software akuntansi. Ini dapat mempermudah berbagai proses hitung menghitung hingga pembukuan perusahaan secara akurat, cepat dan tentunya lebih tepat. Software ini dapat bekerja real time dari beragam divisi yang terkait satu sama lain.

Software akuntansi adalah sebuah sistem perangkat pendukung kegiatan akuntansi yang berbasis modularitas dan itu saling terhubung dengan mencakup modul pembelian, penjualan, buku besar sampai dengan penggajian. Apa saja fitur penting dan keunggulan menggunakan software ini? Mari simak.

Fitur Software Akuntansi

Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah fitur yang utama dalam hal ini. Penting sekali untuk selalu memperhatikan software melakukan proses dalam akuntansi berupa accrual dan double entry. Adapun laporan neraca yang juga menjadi fitur penting untuk menganalisis laba rugi, jurnal, perubahan modal, arus kas sampai buku besar.

Pengelolaan Utang Piutang

Fitur ini penting dalam mendukung bisnis dan mempermudah mengontrol serta menyusun laporan berupa utang piutang. Bisa dari pelanggan ataupun dari supplier mengenai waktu jatuh tempo yang wajib dibayar.

Pembelian

Pembelian atau purchasing pastinya ada di berbagai jenis usaha. Dengan adanya fitur ini, anda akan terbantu dan bisa mengetahui apa status dan laporan transaksi, misalnya mengenai pembelian jatuh tempo, status pelunasan, dan lain-lain. Selain itu biasanya ada fitur berupa pembuatan faktur dan retur transaksi hingga pengiriman kepada supplier.

Financial Forecasting

Dalam software pada akuntansi juga harus terdapat financial forecasting yang merupakan fitur untuk mengontrol keuangan lebih baik. Dikarenakan bisa menghilangkan apa saja biaya yang tak diperlukan serta keuntungannya jadi lebih optimal.

Budgeting

Tepat sekali untuk anda yang ingin melakukan pencatatan semua laporan yang berhubungan dengan budgeting, entah itu anggaran bersisa maupun yang tak bersisa. Tentu saja penggunaanya bisa memberi anda banyak sekali kemudahan.

Keunggulan Menggunakan Software dalam Akuntansi

Setelah mengetahui berbagai fitur penting dan yang harus dimiliki dalam software di akuntansi, anda sebaiknya juga memahami keunggulan penggunaan software akuntansi apa saja di bawah ini.

Keunggulan yang pertama yaitu jelas bahwa dengan menggunakan software yang lebih canggih pada laporan keuangan akuntansi pengerjaannya akan lebih cepat dan praktis. Kedua, bisa lebih meminimalisir adanya kesalahan dalam hal melakukan perhitungan.

Keunggulan ketiga, anda juga bisa memperbaiki kesalahan pada input hanya di modul yang telah anda temukan saja, jadi anda tak harus mengulang segala perhitungan tersebut dari awal dan tak susah payah ketika memperbaikinya.

Keempat, dapat meningkatkan nilai efisiensi dan juga tingkat produktivitas pada perusahaan dikarenakan proses akuntansi berjalan otomatis. Kelima, penggunaan software pada akuntansi memberi data lebih akurat, sehingga bisa menentukan langkah lebih baik dan maksimal kedepannya nanti.

Itu dia berbagai fitur penting yang harus dimiliki dalam penggunaan software akuntansi serta keunggulan menggunakannya, yang tentunya akan sangat berguna. Pastikan anda menyesuaikannya dengan tujuan atau visi misi dari tempat perusahaan anda. Apabila anda memiliki minat dalam hal penggunaan software untuk mempermudah kegiatan akuntansi, semoga anda bisa terbantu dan mempertimbangkan berbagai fitur software di atas.

Artikel lain